Harian Nusantara

Fungsi Alat CT Scan

review produk 81 View

Fungsi Alat CT Scan

Ilmu kedokteran dan teknologi menghasilkan perpaduan yang sangat optimal. Dengan majunya teknologi di era saat ini membuat ilmu kedokteran berkembang. Salah satunya adalah dengan ditemukannya peralatan peralatan yang canggih. Peralatan canggih mampu memudahkan pekerjaan dokter dalam mendiagnosis penyakit, menjalani perawatan, dan menyembuhkan penyakit. Kecanggihan teknologi ini dituangkan dalam lahirnya alat alat kedokteran, salah satunya adalah alat bernama Ct Scan. Mungkin kita sudah sering mendengar alat yang satu ini. Sebenarnya apa itu CT SCAN?

Apa itu CT SCAN?

Bagi orang berkecimpung di dunia kedokteran khususnya dalam bidang radiografer pasti sudah mengenal peralatan yang satu ini. CT Scan merupakan singkatan dari Computed Temography Scan. Merupakan alat scan yanh menggunakan teknologi Temography. Pada umumnya, CT Scan ini merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk proses pemindaian. Bentuknya yaitu lingkaran dengan ukuran yang sangat besar bahkan bisa dimasuki oleh ukuran tubuh orang dewasa pada posisi tertidur. CT digunakan sebagai alat pemeriksaan medis dengan memanfaatkan bantuan sinar X. Dijalankan oleh seorang operator yang kompeten untuk melakukan pemeriksaan jaringan tubuh yang diinginkan.

Loading...

Tahapan Sebelum Dilakukan CT scan

Dalam melakukan CT scan kita memerlukan tahapan untuk prosesnya, saat anda ingin menjalani proses ini maka anda harus mengganti baju terlebih dahulu dengan pakaian khusus. Pakaian ini sudah disediakan oleh pihak rumah sakit. Sebelum melakukan prosedur ini anda nantinya diminta untuk melepas segala perhiasan terutama yang berbahan logam. Karena bahan logam bisa mengganggu proses scanning nantinya. Untuk anda yang melakukan scanning pada bagian kepala maka anda harus menciptakan bagian gigi palsu terlebih dahulu begitu juga dengan jepit rambut serta alat bantu dengar. Apabila anda memiliki phobia terhadap ruangan terbatas dan merasa tegang anda harus bicarakan dulu kepada radiografer karena hal itu bisa mengganggu proses itu nanti. Apabila anda melakukan CT scan pada bagian perut maka anda akan diberikan cairan kontras. Dimana cairan tersebut isinya adalah pewarna yang digunakan untuk memperjelas gambar yang dihasilkan. Cairan ini di berikan dalam bentuk minuman ataupun suntikan darah nantinya cairan ini akan dikeluarkan lewat urine. Namun perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi cairan tersebut. Karena pada sedikit kasus, cairan tersebut bisa mengakibatkan reaksi alergi. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan konsultasi kepada radiografer apabila anda alergi terhadap iodin.

Fungsi Alat CT-Scan

Secara umum fungsi dari alat CT scan ini adalah untuk memotret foto dari bagian dalam tubuh. Foto yang dihasilkan oleh CT scan cukup lengkap dab akurat. Keakuratan ini karena foto yang dihasilkan dari alat CT scan merupakan foto di bagian tubuh yang berbentuk irisan. Alat ini juga berfungsi untuk mendiagnosis serta memonitori berbagai kondisi kesehatan dari proses scanning. CT Scan bisa digunakan dalam mendiagnosis kelainan pada otot dan juga tulang, misalnya saja tumor ataupun retak tulang. Dengan CT scan kita bisa menentukan lokasi dari tumor, lokasi darah yang membeku serta lokasi infeksi. Dengan CT scan bisa membantu petugas medis dalam memandu jalannya operasi, biopsi ataupun terapi radiasi. Dengan CT scan kita juga bisa memonitorinbeberapa penyakit tertentu misalnya penyakit kanker, jantung, nodul paru-paru dan juga massa hati. Terakhir, dengan alat bantu CT scan kita bisa mencari tahu letak dari cedera serta pendarahan internal.

CT Scan ini sebenarnya hampir mirip dengab rontgen, namun untuk proses pengambilan gambar jauh lebih baik CT scan dibandingkan dengan sinar rontgen. Pada CT scan seorang operator bisa memperjelas gambar dengan menngedinya. Penggunaan CT scan ini merupakan salah satu penerapan teknologi di bidang kesehatan. Dengan adanya alat ini diharapkan ilmu kesehatan menjadi semakin berkembang. Dengan begitu penyakit yang mengganggu kehidupan kita bisa dilenyapkan. Namun untuk menggunakan CT scan biasanya kita membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Hal ini karena prosedur melakukan CT scan cukup sulit dan memerlukan ketelitian serta kecakapan yang baik.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019