Harian Nusantara

Fungsi Gunting Alat Operasi

review produk 121 View

Ketika dokter bedah akan mengoperasi pasien, tentu dokter tersebut membutuhkan beberapa alat agar proses yang di lakukan bisa selesai dan tidak gagal di tengah jalan. Salah satu alat yang digunakan oleh dokter untuk operasi pasien adalah gunting. Secara umumya memang antara gunting operasi dengan gunting cukur tak jauh beda dari tampilannya. Namun secara fungsi tentu berbeda jauh sekali.

Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan mencoba mengulas secara lengkap semua hal yang berkaitan dengan gunting operasi dokter. Mulai dari pengertian, fungsi dan kegunaan, cara menggunakan dan juga harga dari alat gunting tersebut. Untuk lebih detailnya, simak ulasan dari artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Gunting Alat Operasi

Sebenarnya hampir tak ada beda antara gunting biasa dengan gunting alat operasi jika hanya di lihat dari sekilas pandang. Terlebih ketika kamu menjumpai fakta terdapat gunting dengan bentuk yang sama seperti gunting operasi yang di miliki oleh tukang cukur maupun penjahit.

Loading...

Dan mungkin juga sebenarnya sama, hanya berbeda fungsi saja. Gunting sendiri terdapat dua sistem pemakaian. Ada yang digunakan untuk mencukur dan juga memotong atau membedah. Sebagai contoh untuk gunting dengan fungsi mencukur adalah teknik yang digunakan yaitu dengan menentangkan ibu jari dan jari-jari lain agar menghasilkan tekanan yang lebih halus.

Sedangkan untuk melakukan teknik pemotongan atau irisan atau membedah, antara ibu jari dengan jari-jari yang tersisa menyokong instrumen agar bisa menghasilkan pemotongan yang baik dan tidak salah pemotongan tersebut.

Fungsi Gunting Alat Operasi

Gunting yang digunakan untuk alat operasi memiliki peran dan fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lain dan menyesuaikan dengan keperluan dari operasi tersebut. Jenis gunting alat operasi yang pertama adalah gunting lurus atau gunting bedah.

Gunting bedah atau lurus ini digunakan untuk memotong beberapa bagian-bagian tubuh seperti misalnya usus, jantung, pembuluh darah dan lain sebagainya. Gunting bedah ini umumnya digunakan untuk bukaan pertama ketika tubuh dari seorang pasien hendak di operasi.

Nama lain dari gunting bedah adalah gunting jaringan. Ada dua macam bentuk dari gunting jaringan. Bentuk pertama adalah memiliki ujung yang tumpul dan yang kedua adalah ujungnya berbentuk bengkok. Fungsi dari gunting jaringan dengan ujung yang tumpul adalah untuk membentuk bidang jaringan tubuh dengan tekstur yang lembut dan yang bisa di potong secara tajam.

Kemudian gunting jaringan dengan ujungnya yang bengkok dibuat dengan bahan dasar logam datar dengan kecermatan yang tinggi. Beberapa kasus operasi yang dilakukan dengan menggunakan gunting ini adalah kasus lipoma maupun kista. Pemotongan untuk kasus tersebut biasanya sampai garis batas lesi. Pemotongan yang melebihi garis batas lebih beresiko menyebabkan kerusakan.

Jenis gunting alat operasi selanjutnya adalah gunting benang. Kegunaan atau fungsi utama dari gunting yang satu ini adalah untuk memotong benang. Biasanya gunting benang digunakan oleh dokter untuk mengangkat benang pada bagian luka dengan menggunakan teknik selipan. Cara tersebut dilakukan dengan menggunakan bagian ujung dari gunting tersebut.

Jenis gunting berikutnya adalah gunting perban. Gunting ini memiliki ujung yang tumpul dengan bagian ujung lain memiliki kepala yang kecil sehingga bisa memudahkan dokter ketika memotong perban. Bagian dasar dari gunting di buat dengan lebih panjang agar mudah di gunakan oleh dokter.

Jenis gunting berikutnya adalah gunting iris. Pada bagian ujung dari gunting iris adalah memiliki ujung yang tajam dan memiliki diameter ukuran sekitar 3 inchi sampai dengan 4 inchi. Karena ujung gunting iris sangat kecil, maka biasanya akan digunakan oleh dokter untuk memotong benang diarea yang sulit.

 

Cara Menggunakan Gunting Alat Operasi

Gunting alat operasi bisa digunakan dengan cara menyesuaikan dengan keperluan operasi tersebut. Semisal untuk pemotongan, maka caranya seperti yang di jelaskan diatas yaitu dengan mengkombinasikan ujung ibu jari dan jari telunjuk serta bagian ujung memotong sisi perban atau benang.

Harga Gunting Alat Operasi

Ada banyak jenis gunting operasi. Salah satunya adalag gunting operasi metzenbaum dengan ukuran 28 cm dan di bandrol dengan harga 260 ribu rupiah.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019