Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Rindik

review produk 137 View

Rindik merupakan sebuah alat musik yang berasal dari pulau dewata atau Bali yang terbuat dari bahan dasar bambu dan nada-nada dari alat musik tersebut diambil dari selendro. Alat musik yang satu ini memiliki nada-nada yang bersifat menetramkan dan membuat hati menjadi damai ketika mendengarkannya.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan secara lengkap dan mendalam mengenai semua hal yang berkaitan dengan alat musik tradisional Rindik ini. Seperti pengertian dari Rindik, fungsi dan manfaat dari Rindik, cara memainkan alat musik Rindik dan juga berapa harga dari alat musik Rindik di pasaran. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Rindik

Alat musik rindik merupakan alat musik tradisional yang berasal dari pulau Bali. Pulau yang terkenal dengan daya pikat pesonanya, memiliki alat musik tradisional yang patut untuk di kenalkan oleh masyarakat Indonesia secara luas. Alat musik rindik dibuat dengan menggunakan bahan dasar potongan-potongan bambu yang telah di proses panjang sampai dengan menjadi rindik tersebut.

Loading...

Potongan-potongan bambu tersebut akan di susun dengan jarak yang di sesuaikan agar nada yang di hasilkan bisa tepat. Dari segi bentuknya, alat musik rindik ini hampir seperti gambang yang merupakan salah satu alat musik dari instrumen gamelan. Yang menjadikan antara rindik dengan gambang adalah dari sisi bahan pembuatan. Rindik dibuat dari bambu sedangkan gambang berasal dari logam.

Alat musik rindik memiliki sejarah panjang sampai dengan hari ini. Dahulu kala, orang-orang wangker atau daerah tersebut sekarang di kenal dengan Ponorogo, mereka memberontak dari kerajaan yang menguasi wilayah mereka yaitu majapahit. Orang-orang wangker tersebut memiliki alat musik yang sekaligus dijadikan sebagai senjata yaitu Angklung Reyog.

Suatu ketika, terjadi serangan dari kerajaan demak yang mengakibatkan orang wangker lari tunggang langgang menuju ke arah pulau Bali dengan membawa serta alat musik Angklung Reyog tersebut. Ketika mereka sampai di Bali, alat musik sekaligus senjata Angklung Reyog rusak dan beberapa bagiannya mengalami pergeserak posisi. Mereka merasa kesulitan untuk membenarkan alat musik Angklung Reyog tersebut seperti sediakala.

Hingga pada akhirnya orang-orang wangker tersebut menyusun ulang alat musik Angklung Reyog dengan menambahkan potongan-potongan bambu. Setelah itu ketika di pukul-pukul ternyata suaranya mirip dengan gambang. Jadilah alat musik Angklung Reyog ini berganti nama menjadi rindik. Yang berasal dari bahasa Jawa dengan arti tertata rapi dengan sedikit celah.

Sekarang kita masuk ke bentuk visual dari alat musik rindik. Alat musik tersebut terdiri atas paling minimal 11 sampai dengan 13 potongan bambu yang di susun rapi dengan menyisakan celah atau jarak beberapa inchi.

Ukuran dari setiap potongan bambu tersebut berbeda-beda satu dengan yang lain. Ketika ukurannya besar, maka nada yang di hasilkan rendah. Begitu juga sebaliknya. Adapun cara menyusun potongan bambu tersebut di mulai dari yang paling besar ukurannya pada sisi sebelah kiri dan semakin ke kanan maka semakin kecil ukurannya.

Fungsi Alat Musik Rindik

Beda zaman berbeda pula fungsinya. Di pulau Bali ketika zaman dahulu, alat musik rindik digunakan sebagai permainan musik untuk hiburan rakyat. Terutama untuk para petani ketika melangsungkan acara pertunjukan tari joged bumbung. Dengan alat musik tersebut maka akan memberi kesenangan tersendiri bagi para petani atau masyarakat kecil ketika alat tersebut dimainkan pada acara tari joged bumbung tersebut.

Sekarang fungsi dari alat musik rindik tersebut mengalami pergeseran yang lebih variatif dan bisa di tempatkan pada konteks tertentu. Semisal pada acara pernikahan, bisa dengan memainkan alat musik rindik tersebut untuk merayakan hari bahagia sepasang kekasih yang sah. Terkadang pula alat musik rindik dimainkan pada acara-acara festival budaya yang ada di Pulau Bali.

Cara Memainkan Alat Musik Rindik

Alat musik rindik dimainkan dengan menggunakan kedua tangan. Pada tangan kanan digunakan untuk kotekan dan tangan kiri digunakan untuk memainkan melodi.

Harga Alat Musik Rindik

Alat musik rindik di jual dengan berbagai macam harga. Semisal 100 ribu rupiah sampai dengan 300 ribu rupiah.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019