Harian Nusantara

Fungsi Sasando Alat Musik Tradisional 

review produk 69 View

Fungsi Sasando Alat Musik Tradisional – Sebagai negara dengan suku bangsa yang banyak, Indonesia memiliki banyak warisan budaya yang sangat membanggakan. Warisan budaya tersebut mulai dari tari tradisional, makanan, dan juga alat musik tradisional. Salah satu alat musik tradisional yang cukup terkenal hingga saat ini adalah Sasando.

Berbicara mengenai Sasando, tahukah kamu apa sebenarnya fungsi dari alat musik tersebut? Tentunya kamu sebagai generasi penerus bangsa harus mengerti mengenai fungsi dari Sasando. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai fungsi dari alat musik tradisional yang satu ini.

Apa itu Sasando?

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai fungsi dari Sasando, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa alat musik ini berasal dari Pulau Rote. Alat ini dimainkan dengan cara dipetik dan memiliki suara yang indah. Karena Sasando merupakan alat musik tradisional, tentunya semua bahan yang digunakan untuk membuat Sasando menggunakan bahan-bahan alami.

Loading...

Fungsi Alat Musik Sasando

Sebagai alat musik keseharian

Berbeda dengan alat musik lain yang dimainkan ketika acara sakral saja, Sasando merupakan alat musik tradisional yang bisa dimainkan kapan saja dan di mana saja. Alat musik ini bisa dimainkan untuk hiburan sehar-hari tanpa ada pantangan tersendiri. Meskipun begitu, ketika ada acara sakral, Sasando akan dimainkan juga.

Sebagai pengiring lagu tradisional masyarakat Pulau Rote

Untuk Sasando sendiri memiliki dua macam model. Untuk model yang pertama disebut dengan Sasando gong. Sasando gong ini ini hanya memiliki total 12 dawai saja yang menhasilkan nada-nada pentatotik. Sasando jenis ini sangat cocok untuk memainkan lagu-lagu tradisional khas dari  Pulau Rote.

Untuk model kedua, ada juga Sasando biola. Model yang satu ini memiliki jumlah dawai hingga 48 buah. Sasando biola menjadi salah satu instrumen yang menghasilkan alunan suara merdu. Bahkan saat ini Sasando memiliki satu versi baru yaitu Sasando elektrik.

Menjadi musik pengiring acara penting

Selain dimainkan untuk hiburan seseorang, Sasando akan dimainkan juga ketika acara-acara penting. Hal tersebut karena Sasando memiliki suara yang indah serta memiliki intonasi yang nyaman didengarkan. Sasando kerap dijadikan instrumen pengiring tari. Dengan adanya Sasando, tarian yang dibawakan akan menjadi lebih hidup dan menarik untuk disaksikan. Sasando sangat indah dimainkan ketika ada momen gembira yang akan membuat siapa saja yang mendengarnya ikut bergembira. Selain digunakan pada momen gembira, Sasando bisa juga dimainkan pada saat berduka cita. Hal tersebut karena Sasando merupakan alat musik petik yang bisa menghasilkan banyak variasi nada.

Menjadi hiasan dengan karya seni tinggi

Sasando merupakan salah satu peninggalan dari nenek moyang bangsa Indonesia. Jika dilihat dari bentuknya, Sasando terlihat sebagai warisan sejarah yang menarik untuk dipandang. Hal tersebut karena elemen pembuat Sasando terbuat dari aneka bahan-bahan pilihan yang terbuat dari alam. Untuk bagian yang bukan dari alam hanya pada bagian senarnya karena dibutuhkan bahan senar dari kawat yang halus. Dengan susunan pembuatan tersebut, Sasando berhasil menjadi salah satu alat musik tradisional dengan suara yang indah ketika didengarkan.

Menjadi daya tarik wisata Pulau Rote

Saat ini Sasando hanya bisa ditemui di Pulau Rote dan beberapa sanggat budaya tertentu saja. Hal tersebut tentu membuat Pulau Rote memiliki daya tarik tersendiri. Dengan adanya Sasando, wisatawan akan mendatangi Pulau Rote dan mengenal juga keindahan dari pulau tersebut. Tentunya hal tersebut merupakan kabar baik untuk sektor pariwisata.

Menjadi sumber pendapatan

Saat ini tidak banyak orang yang memainkan Sasando di Indonesia. Hal tersebut menjadikan para pemain Sasando terpilih akan mendapatkan spot light tersendiri. Para pemain Sasando akan mendapatkan rezeki yang berlimpah ketika memainkan Sasando dengan indah.

Harga Alat Musik Sasando

Jika kalian tertarik utnuk membeli Alat Musik Sasando, kalian bisa membelinya secara secara online dengan Harga Alat Musik Sasando 1.8 juta sampai 7 juta tergantung dari bahan dan spesifikasinya.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai fungsi Sasando sebagai alat musik tradisional. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami mengenai fungsi dari Sasando yang merupakan alat musik tradisional khas Pulau Rote. Sudah sewajarnya kita sebagai penerus bangsa untuk melestarikan peninggalan-peninggalan dari nenek moyang kita. Lestarikan terus warisan budaya karena itulah identitas bangsa Indonesia.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019