Harian Nusantara

Fungsi Alat Termometer

review produk 113 View

Termometer berasal dari serapan bahasa latin yaitu thermo yang artinya panas sedangkan kata meter yang artinya mengukur. Alat Termometer biasa digunakan untuk mengukur suhu baik itu suhu tubuh dari seseorang, hewan atau bisa juga digunakan untuk mengukur temperatur dari sebuah ruangan. Alat Termometer biasanya terdapat deteksi yang menjelaskan seberapa tinggi atau rendah dari suhu sebuah ruangan atau badan.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai Termometer mulai dari pengertian Termometer, fungsi dan manfaat dari Termometer, serta cara menggunakan dan juga harga dari Termometer tersebut. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang alat Termometer yang harus kamu ketahui. Simak penjelasan lengkap tentang pengertian, fungsi, manfaat dan harga Termometer pada artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Termometer

Secara mudahnya, Termometer bisa di artikan sebagai sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi dan mengetahui temperatur atau perubahan suhu baik untuk tubuh maupun sebuah ruangan. Termometer memiliki sejarah yang teramat panjang dari awal mula di temukan hingga sampai sekarang digunakan dalam dunia medis.

Loading...

Asal mula Termometer ini adalah dari serapan bahasa latin. Termometer terdiri atas dua suku utama yaitu thermo dan juga meter. Thermo yang artinya adalah panas sedangakan meter memiliki arti mengukur atau ukuran. Jadi, apabila di simpulkan dari arti dua kata dalam bahasa latin tersebut adalah termometer bermakna mengukur panas.

Fungsi Dan Manfaat Termometer

Adapun untuk fungsi dari termometer sendiri berbeda-beda sesuai dengan jenis dari termometer tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis termometer beserta dengan manfaat atau fungsi utamanya. Simak penjelasan secara detail pada artikel di bawah ini.

1. Termometer Zat Cair

Jenis pertama dari termometer adalah Termometer Zat Cair. Termometer Zat Cair merupakan sebuah pipa dengan material kaca yang memiliki ukuran yang kecil dan sempit, dan berisi cairan serta memiliki skala untuk alat ukurnya. Sistem kerja dari Termometer Zat Cair ini adalah terpengaruh pada perubahan suhu dan juga perubahan volume zat cair tersebut.

Sebagai contoh adalah ketika zat cair tersebut di tambah volume dengan air yang panas, maka Termometer Zat Cair tersebut akan meningkat. Begitu juga sebaliknya, ketika Termometer Zat Cair terisi dengan air yang dingin, maka suhu dari Termometer Zat Cair tersebut akan menurun. Selain dengan air, Termometer Zat Cair ini bisa digunakan untuk raksa dan juga alkohol.

2. Termometer Hambatan Listrik

Jenis termometer berikutnya yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini adalah Termometer Hambatan Listrik. Adapun nama lain dari Termometer Hambatan Listrik ini adalah termometer platina. Sistem kerja dari Termometer Hambatan Listrik ini adalah akan menaikan platina listrik ketika suhu mengalami kenaikan.

Material yang digunakan dalam pembuatan Termometer Hambatan Listrik ini adalah dengan bahan platina sehingga bisa tahan terhadap panas. Termometer hambatan listrik memiliki jangkauan suhu yang lebih lebar yaitu mulai dari –250°C sampai dengan 1500°C. Karena itu termometer hambatan listrik atau platina sering digunakan untuk skala industri. Namun termometer ini tetap memiliki kekurangan, yaitu suhu tidak bisa langsung terbaca dan perlu menunggu waktu beberapa saat.

3. Termokopel

Jenis termometer berikutnya adalah Termokopel. Termokopel ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar logam pada bagian kawatnya. Sistem kerja dari Termokopel adalah ketika suhu terdeteksi berbeda, maka akan mengeluarkan arus listrik yang berbeda, sedangkan untuk jangkauan suhu dari termokopel ini adalah mulai dari –100°C sampai dengan 1500°C.

Harga Termometer

Ada berbagai merk termometer yang beredar di pasaran. Kami akan merangkum beberapa merk termometer beserta dengan harganya. Yang pertama adalah merk GALAXY Termometer Karakter Digital dengan harga jual berkisar sekitar 44 ribu rupiah. Kemudian ada merk Infrared Ear Thermometer ThermoOne OneMed dengan di jual seharga 260 ribu rupiah.

Selain kedua merk diatas, masih ada banyak lagi merk termometer lain. Seperti misalnya Infrared Thermometer 4 in 1. Infrared Thermometer 4 in 1 ini di jual dengan harga kurang lebih sekitar 455 ribu rupiah. Dan satu merk lain yaitu OMRON HEM-6200 Digital Tensimeter di bandrol dengan harga jual kurang lebih sekitar 500 ribu rupiah.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019