Harian Nusantara

Fungsi Tifa Totobuang Alat Musik Tradisional Maluku

review produk 171 View

Fungsi Tifa Totobuang Alat Musik Tradisional Maluku – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak seni tradisional. Hal tersebut dapat terjadi karena banyaknya suku dan budaya yang bersatu. Hasil kreasi seni yang ada di Indonesia salah satunya adalah alat musik.

Salah satu alat musik yang cukup terkenal di Indonesia adalah Tifa Totobuang yang berasal dari Maluku. Namun, tahukah kamu apa fungsi dari Tifa Totobuang tersebut? Untuk itu artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai fungsi dari Tifa Totobuang yang merupakan alat musik tradisional dari Maluku.

Apa Itu Tifa Totobuang?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai fungsi dari Tifa Totobuang, kamu harus mengenal terlebih dahulu mengenai alat musik yang satu ini. Tifa Totobuang hadir merupakan alat musik yang asli dari Maluku dan belum terkontaminasi dengan budaya lain. Perlu diketahui juga bahwa Tifa Totobuang tidak terdiri dari satu jenis saja, melainkan terbentuk seperti satu kelompok musik yang menyatu. Alat musik ini sangat erat kaitannya sebagai alat musik ritual. Untuk itu, alat musik ini juga sering dimainkan dalam acara-acara tertentu di Maluku. Selain itu, tidak setiap orang diperkenankan untuk menggunakannya. Tidak setiap waktu juga orang bisa memainkannya. Ada ketentuan tertentu yang sama sekali tidak boleh dilanggar. Ketentuan tersebut sudah diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang hingga saat ini.

Loading...

Fungsi Tifa Totobuang

Menjadi alat musik ritual di Maluku

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, Tifa Totobuang merupakan salah satu alat musik ritual yang ada di Maluku. Karena sakralnya alat musik ini, yang bisa memainkan Tifa Totobuang hanyalah pria yang sudah dewasa. Hal tersebut menjadikan Tifa Totobuang sama sekali tidak boleh dimainkan oleh anak kecil maupun wanita dewasa sekalipun. Hal tersebut tentu terus ditaati dan dilestarikan hingga saat ini.

Alat musik ini akan dimainkan di beberapa acara tertentu, seperti: kehamilan ibu, kelahiran bayi, dan bahkan meninggalnya seseorang. Selain beberapa momen bersejarah di kehidupan manusia tersebut, Tifa Totobuang juga dimainkan ketika ada upacara-upaca adat tertentu. Hal tersebut membuat Tifa Totobuang memiliki nilai karakter yang tinggi ketika di Maluku.

Menjadi alat musik pengusung tarian tradisional

Selain hadir di acara-acara sakral, Tifa Totobuang menjadi instrumen pengusung kesenian tradisional. Kesenian tradisional yang dimaksud tentu adalah merupakan tarian tradisional. Contoh tarian tradisional yang menggunakan alunan musik dari Tifa Totobuang adalah tarian perang yang bernama Tari Cakalele.

Menjadi salah satu indikator kedewasaan pria

Seperti yang telah disinggung dalam poin sebelumnya, Tifa Totobuang hanya boleh dimainkan oleh pria yang sudah dewasa. Terdapat larangan yang tegas mengenai siapa yang diperkenankan memainkan alat musik ini. Alasan yang tegas mengenai mengapa hanya pria dewasa yang diperbolehkan memainkan alat ini karena pria memiliki karisma yang melambangkan sosok pemimpin. Untuk itu, bagi anak kecil maupun wanita, sudah dapat dipastikan tidak boleh memainkan alat musik ini sama sekali. Dalam permainan Tifa Totobuang sama sekali tidak membawa unsur emansipasi bagi wanita. Untuk itulah alat ini membuktikan ketaatan dari pewaris budaya yang terus dijaga selamanya.

Menjadi salah satu alat yang tidak terpengaruh unsur budaya lain

Tifa Totobuang merupakan alat yang tidak bisa dimainkan. Selain eratnya unsur ritual pada alat musik ini, juga terdapat kriteria khusus untuk memainkannya. Untuk itulah Tifa Totobuang masih menjadi salah satu warisan budaya yang tidak terpengaruh oleh unsur budaya asing. Kamu tidak bisa memainkan alat ini secara sembarangan seperti alat musik yang lain. Bahkan, tidak setiap orang diperbolehkan memainkan alat ini seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya.

Harga Tifa Totobuang

Harga Tifa Totobuang jika kalian ingin membelinya secara online, harganya sekitar 200 ribu sampai 1 juta bahkan ada yang 2 jutaan.

Demikianlah artikel singkat mengenai fungsi dari Tifa Totobuang yang merupakan alat musik tradisional dari Maluku. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikanmu wawasan lebih dalam mengenai salah satu warisan budaya yang ada di Indonesia. seperti Tifa Totobuang. Pahami dengan baik salah satu seni tradisional ini, dan sampaikanlah informasi menarik ini kepada masa depan bangsa Indonesia. Lestarikan selalu warisan nenek moyang agar tidak hilang termakan perkembangan zaman. Selamat membaca!

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019