Harian Nusantara

Fungsi Alat Tongue Spatel

review produk 224 View

Tongue spatel atau tongue depressor adalah sebuah alat yang memiliki kegunaan untuk memeriksa lidah dari seorang pasien. Alat tongue spatel atau tongue depressor ini biasanya digunakan dengan cara menekan pada lidah seseorang dengan tujuan agar seorang dokter bisa melihat kondisi pasien pada area mulut sampai dengan tenggorokan.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan secara lengkap tentang alat tongue spatel atau tongue depressor ini mulai dari pengertian, fungsi atau manfaat, cara menggunakan dan juga harga jual dari tongue spatel atau tongue depressor tersebut. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang tongue spatel atau tongue depressor. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Tongue Spatel

Hal pertama yang akan kita bahas dalam ulasan artikel singkat ini adalah tentang pengertian dari alat Tongue Spatel. Tongue Spatel bisa diartikan secara bahasa yaitu sebagai tongkat lidah. Sedangkan dalam konteksnya, Tongue Spatel memiliki arti sebagai sebuah alat dengan bentuk tongkat kecil yang digunakan untuk menekan lidah dari seorang pasien guna mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Loading...

Tongue Spatel memiliki beberapa nama penyebutan. Sering juga dalam dunia medis Tongue Spatel disebut dengan istilah tongue depressor. Di negara Inggris, Tongue Spatel di sebut dengan istilah Tongue Blade. Sedangkan di negara Jerman, Tongue Spatel di kenal luas dengan namanya yaitu Zungenspatel. Dan mungkin di beberapa belahan dunia lain terdapat nama-nama penyebutan Tongue Spatel yang berbeda.

Secara umum, Tongue Spatel ini memiliki tiga macam atau jenis. Yang pertama adalah Tongue Spatel Kayu, kemudian Tongue Spatel Stainless Lubang dan yang terakhir adalah Tongue Spatel Stainless Polos. Kita akan bahas satu per satu dari ketiga jenis Tongue Spatel tersebut.

Seperti namanya, Tongue Spatel Kayu di buat dari material kayu. Bentuk dari Tongue Spatel ini menyerupai stik es krim dengan kedua ujungnya melengkung tipis. Biasanya, Tongue Spatel Kayu hanya digunakan sekali pakai saja. Hal ini di karenakan Tongue Spatel Kayu sulit di cuci sampai bersih. Itulah mengapa alat Tongue Spatel Kayu hanya bisa digunakan satu kali saja.

Kemudian jenis Tongue Spatel Stainless Lubang. Material yang digunakan dalam pembuatan alat Tongue Spatel Stainless Lubang ini adalah dari alumunium logam yang memiliki sifat elastis atau lentur sehingga bisa di lengkungkan sesuai dengan anatomi rongga mulut.

Alat Tongue Spatel Stainless Lubang memiliki 8 lubang. 4 pada sisi kiri dan 4 lubang lain pada area kanan. Lubang tersebut nantinya akan berperan sebagai pegangan anti slip dan sebagai ruang untuk melihat objek yang di periksa oleh dokter tersebut.

Dan jenis yang terakhir adalah Tongue Spatel Stainless Polos. Terbuat dari material atau bahan dasar berupa logam stainless. Karena alat Tongue Spatel Stainless Polos ini terbuat dari bahan logam, maka alat tersebut memiliki kelenturan sendiri sehingga bisa di bengkokan untuk menyesuaikan anatomi rongga mulut dari pasien. Keunggulan lain dari alat Tongue Spatel Stainless Polos adalah alat yang satu ini bisa digunakan kembali karena muda di cuci.

Fungsi Alat Tongue Spatel

Fungsi utama dari alat Tongue Spatel adalah untuk menekan lidah seorang pasien guna di lihat oleh petugas medis adakah kelainan pada tenggorokan tersebut. Seperti yang sudah di jelaskan diatas, terdapat tiga jenis  Tongue Spatel dan masing-masing jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lain.

Sebut saja Tongue Spatel Kayu. Fungsi penting dari alat Tongue Spatel Kayu adalah untuk menekan lidah pasien. Dengan menggunakan alat Tongue Spatel Kayu, seorang dokter dapat melihat dengan jelas rongga mulut si pasien beserta dengan tenggorokannya. Kemudian Tongue Spatel Stainless Lubang, berfungsi untuk menekan lidah guna memeriksa penyakit semisal amandel. Dan yang terakhir adalah Tongue Spatel Stainless Polos, berfungsi untuk menekan lidah pasien dari sisi atas maupun sisi bawah.

Harga Tongue Spatel

Harga dari Tongue Spatel ini bervariasi tergantung jenis dan kualitasnya. Ada yang seharga 9 ribu, 15 ribu dan sampai dengan 50 ribu rupiah. Kamu bisa membeli alat Tongue Spatel di marketplace semisal Tokopedia, Bukulapak dan lain sebagainya.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019