Harian Nusantara

Fungsi Webcam dan Cara Kerjanya

review produk 120 View

FUNGSI WEBCAM DAN CARA KERJANYA

Istilah webcam pasti sering kita dengar. Kamera web atau yang lebih dikenal webcam merupakan kamera real tim (kamera waktu sekarang) yang dapat diakses melalui internet seperti Skype, Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, dan lain sebagainya. Kamera ini merupakan jenis kamera layanan web. Webcam dapat digunakan sebagai media komunikasi jara jauh atau video call. Selain untuk keperluan video call, webcam juga bisa dijadikan kamera pengawas atau kamera pemantau.

Kamera web terdiri dari kamera sebagai penangkap gambar visual dan mikropon (bersifat opsional) sebagai alat pengambil suara atau audio. Webcam dikendalikan menggunakan perangkat computer atau jaringan computer. Layar monitor akan menampilkan audio dan visual yang diambil oleh webcam. Dengan menggunakan webcam untuk mengambil gambar maupun video, bisa langsung di upload jika computer terhubung dengan koneksi internet. Untuk itu, beberapa orang sering menyebut webcam sebagai web pages+camera.

Penggunaan webcam saat ini begitu marak. Hal ini karena kebutuhan akan media komunikasi masyarakat semkin banyak pula. Lantas apa fungsi dan cara kerja webcam? Beikut ini penjelasan mengenai webcam lebih detail lagi untuk kalian ketahui.

Loading...

Apa Itu Webcam atau Kamera Web?

Sekilas tentang webcam telah dijelaskan dipendahuluan. Namun, kamu mungkin belum paham apa sebenarnya webcam itu. Webcam atau kamera web merupakan perangkat kamera digital yang mampu mengambil visual, audio, dan audio visual, yang dihubungkan ke computer menggunakan jaringan internet. Webcame sering digunakan untuk komunikasi jarak jauh seperti Skype, Yahoo messenger, dan komunikasi lainnya. Seperti kegunaan kamera biaasa, webcam berguns mengambil gambar atau video real time yang kemudian dapat diupload ke computer dengan bantuan koneksi internet.

Dalam sejarah, kamera webcam pertama kali diciptakan pada tahun 1991. Penemunya bernama Quentin Stafford F. dan Paul Jardetzky. Pada tahun 1993, melalui bantuan Martin Jhonson dan Daniel Gordon webcam baru bisa dihubungkan dengan internet. Kamera ini dimanfaatkan sebagai kamera pemantau kedai kopi di University of Cambrige pada masa percobaannya.

Fungsi dan Manfaat Kamera Webcam

Pada dasarnya fungsi pokok webcam yaitu untum memudahkan mengolah pesan melalui video call atau bertatap muka secara langsung.  Berikut ini adalah fungsi webcam di kehidupan sehari-hari.

  1. Media Komunikasi

Webcam berguna untuk memudahkan berkomunikasi melalui video secara lnagsung. Kita bisa menatap wajah lawan bicara kta. Sekarang ini banyak sekali fitur-fitur yang memungkinkan untuk melakukan panggilan video call. Contohny ialah Skype, Viber, Google Hangout, dan lain sebagainya. Webcam ini berguna sebagai media komunikai, menghubungkan dua orang atau lebih dalam lokasi berbeda yang jaraknya cukup jauh.

  1. Konferensi Jarak Jauh

Sering dijumpai, ada saatnya dalam perusahaan tidak bisa melakukan pertemuan atau konferensi secara langsung. Dengan bantuan webcam. Perusahaan masih tetap bisa melakukan konferensi jarak jauh melalui internet. Jarak lokasi ini tidak menjadi masalah karena melalui webcam yang terhubung internet, sejauh apapun jarak pasti bisa terjangkau.

  1. Kegiatan Belajar Mengajar Jarak Jauh

Melalui webacam, kamu dapat dengan mudah melakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Dengan kamera ini, para murid dan guru dapat saling bertatap muka dan melakukan pembelajaran secara online. Webcam dapat menjadi pilihan alternative jika sekolah atau universitas terpaksa diliburkan karena suatu hal. Misalnya karena wabah. Kamu tetap bisa belajar dibimbing oleh gurumu dengan menggunakan webcam.

Cara Kerja Kamera Webcam

Webcam terdiri dari beberapa beberapa komponen, yaitu lensa standar  yang dipasang pada papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar, casing (cover) depan samping dan belakang untuk menutupi lensa standar, kabel support dari bahan yang flexible, dan lain-lain. Cara kerja webcam sama seperti kamera digital biasa yang kita gunakan. Melalui lensa standar, cahaya dan gambar ditangkap dengan bantuan detector mikroskopik.kemudian gambar tersebut diolah secara digitan lalu diupload dengan internet.yang menjadi pembeda antar kamera digital biasa dengan webcam yaitu webcam tidak memiliki memory card. Webcam tidak menyimpan gambar, hanya merekam dan mengirim gambar secara live.

Demikian penjelasan tentang pengertian, fungsi, dan cara kerja webcam. Semoga bermanfaat.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019