Harian Nusantara

Fungsi Alat wheel loader

review produk 202 View

Pengertian dan fungsi wheel loader

Alat berat merupakan alat yang sangat di butuhkan jika dalam pembangunan proyek-proyek besar, karena dengan menggunakan alat berat ini maka akan lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan dengan lebih praktis dan efisien. Tanpa menggunakan alat berat rasanya mustahil dan kalaupun bisa pasti akan membutuhkan waktu pembangunan yang sangat lama. Banyak alat berat yang bisa di gunakan tergantung dari proyek yang sedang di kerjakan, karena alat berat memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing sesuai dengan proyek yang di kerjakan. Salah satu alat berat yang banyak di gunakan ketika sedang dalam pembangunan proyek besar adalah wheel loader.

Apa itu wheel loader?

Mungkin bagi sebagian dari anda masih banyak yang belum memahami tentang berbagai macam jenis alat berat, termasuk wheel loader ini. wheel loader sebenarnya hampir sama dengan bulldozer hanya saja wheel loader memiliki ukuran yang lebih besar serta menggunakan roda yang terbuat dari karet. Sehingga wheel loader ini dapat beroperasi di berbagai medan seperti medan yang kering, rata dan keras. Wheel loader ini juga di gunakan untuk mengangkut material dari satu tempat ke tempat lainnya pada jarak pendek sehingga pekerja akan dengan mudah memindahkan material dalam jumlah banyak hanya dengan satu atau dua kali angkut.

Loading...

Fungsi wheel loader

Adapun fungsi wheel loader ini termasuk salah satu alat berat yang sangat berguna ketika dalam pembangunan suatu proyek. Karena wheel loader ini memiliki fungsi sesuai dengan kegunaanya, untuk itu berikut beberapa fungsi wheel loader yang perlu anda ketahui.

  1. Meratakan gundukan tanah atau timbunan tanah yang berada di lokasi, karena biasanya truk pengangkut tanah hanya meletakan pasir maupun timbunan tanah di satu tempat atau satu titik saja sehingga membutuhkan wheel loader ini untuk mengangkutnya dan membawanya serta meratakannya agar tanah merata.
  2. Mengisi lubang galian tanah, biasanya dalam suatu proyek pasti membutuhkan penggalian tanah entah itu untuk tiang pancang, jembatan dan lainnya. oleh karena itu setelah terpasang ke dalam tanah maka di lubang tersebut harus di timbun kembali sehingga kembali rata dengan tanah dan apa yang di tanam tersebut tertanam dengan kuat dan sempurna.
  3. Menggusur tanah jarak dekat, wheel loader ini juga bisa di gunakan untuk menggusur tanah namun hanya pada jarak dekat saja. Misalnya ada gundukan tanah yang akan di geser maka cukup gunakan wheel loader ini namun tidak bisa di gunakan untuk menggeser jarak jauh.
  4. Mengambil atau mempersiapkan barang-barang material, selanjutnya wheel loader ini juga dapat di gunakan untuk mengambil atau mempersiakan material bahan bangunan yang akan di pindahkan atau akan di gunakan pada pembangunan proyek.
  5. Clearing, yakni pembersihan area pekerjaan. Pembersihan disini yang di maksud adalah pembersihan lahan, misalnya saja jika lahan yang baru akan di buka maka biasanya masih terdapat banyak pohon maupun bekas-bekas pohon. Nah untuk mengatasi hal itu maka anda dapat menggunakan wheel loader untuk membersihkannya sehingga tanah menjadi bersih dan rata dan siap untuk di bangun.
  6. Stripping, pengertian stripping adalah mengelupas namun di sini arti striping sendiri adalah mengelupas tanah yang kurang bagus atau terlihat jelek sehingga tanah tersebut bisa di gantikan dengan tanah yang bagus untuk proses pembangunan.
  7. Finishing, untuk tahap yang satu ini adalah tahap dimana tanah memerlukan sentuhan akhir ketika dalam suatu pengerjaan proyek. Biasanya pada finishing ini dilakukan proses penghalusan atau perataan permukaan tanah yang sudah ready atau sudah siap di bangun dengan catatan tanah tersebut sudah benar-benar kuat dan tidak amblas lagi.

  

Harga Wheel Loader

Untuk Harga Wheel Loader dijual dengan harga Rp 100 juta sampai 1,5 milyar tergantung dari merk, spesifikasi dan tahun pembuatannya.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai wheel loader yang perlu anda ketahui beserta fungsi dan kegunaanya, dengan mengetahui fungsi dan kegunaan dari wheel loader ini maka anda dapat lebih memahami ketika menggunakan wheel loader ini. sehingga wheel loader tetap awet dan tidak cepat rusak karena penggunaan yang benar serta perawatan yang baik dari pengguna.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019