Harian Nusantara

Manfaat Tepung Gasol Cara Mengolahnya

kesehatan 152 View

Dari waktu ke waktu, kebutuhan nutrisi bayi akan terus berkembang sehingga orang tua harus kreatif membuat si kecil lahap makan makanan bergizi. Akhir-akhir ini, kalangan ibu-ibu ramai membicarakan bahan makanan yang disebut tepung gasol. Ya, tepung ini menjadi trending sebab bisa menjadi pengganti berbagai macam sumber makanan yang harganya mahal. Lalu, apa saja manfaat tepung gasol?

 

Mengenal Tepung Gasol

Tepung gasol termasuk salah satu tepung organic yang bahan pembuatannya adalah dari bahan alami seperti makanan pokok, tepung kacang-kacangan, dan juga tepung buah-buahan. Bahan pembuatannya tidak dicampur dengan bahan-bahan berbahaya seperti pestisida sehingga tepung ini sangat aman jika dikonsumsi. Jadi, kalian para orang tua tak perlu khawatir akan zat berbahaya yang bisa mengganggu Kesehatan.

Loading...

Manfaat Tepung Gasol

Tak hanya menyehatkan, tepung ini juga punya banyak sekali manfaat lain, khususnya untuk bayi. Diantara manfaat yang ada pada tepung gasol antara lain:

  • Aman dikonsumsi bayi karena diproduksi tanpa adanya campuran yang dapat mengganggu Kesehatan seperti pewarna, pengawet, atau perasa buatan
  • Membantu si kecil mendapatkan asupan nutrisi atau gizi yang cukup sehingga bayi dapat bergerak semakin ceria & aktif
  • Meningkatkan nafsu makan si kecil karena tepung ini hadir dalam beberapa varian rasa yang unik yang tidak akan membuat bayi cepat bosan
  • Melatih sistem pencernaan si kecil sehingga usus bayi akan semakin siap saat harus mengkonsumsi tepung gasol
  • Berperan penting untuk membantu pertumbuhan & perkembangan bayi karena mengandung nutrisi berlimpah seperti mineral, karbohidrat kompleks, lemak, vitamin, dll.
  • Meningkatkan massa otot bayi, karena mengandung karbohidrat & protein yang ada dalam tepung ini bisa membuat massa otot si kecil jadi lebih berkembang dengan baik. Bayi pun akan punya berat badan yang lebih ideal.
  • Bisa mencegah alergi makanan bayi, sehingga tepung gasol akan lebih baik jika disajikan dengan dicampur sayur, lauk, dan buah terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menghaluskan campuran itu hingga teksturnya menjadi semakin lembut.

Varian Tepung Gasol

Ada beberapa varian menarik dari tepung gasol. Rasanya pun berbeda-beda sehingga cocok dijadikan menjadi menu MPASI. Inilah salah satu manfaat tepung gasol. Varian tepung gasol terdiri dari:

  • Tepung Gasol Beras Coklat

Beras coklat adalah varian pertama tepung gasol. Mulanya, tepung ini diproduksi di Cianjur & kerap kali menjadi salah satu sumber karbohidrat kompleks alternatif yang manfaatnya sangat besar. Tepung gasol diproses secara germinated. Itulah kenapa asam amino dapat naik berlipat-lipat.

Tepung gasol juga dapat membantu indera penciuman bayi karena mengandung serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi tepung ini, si kecil akan terbiasa & bisa belajar mencerna makanan lebih cepat dibanding Ketika mereka diberikan sumber makanan yang lain.

  • Tepung Gasol Kacang Merah

Berbahan dasar kacang merah, tepung ini punya banyak manfaat dalam proses perkembangan fungsi otot, otak bayi, dan kekebalan tubuh sebab kacang merah mengandung banyak zat besi, folat, protein, serta berbagai macam mineral yang baik untuk Kesehatan tubuh bayi.

Tak hanya itu saja, kandungan folat yang ada pada tepung gasol kacang merah bermanfaat memperbaiki jaringan sumsum tulang belakang, produksi sel, dan sistem saraf. Jadi, tepung ini cocok diberikan pada bayi yang masih dalam proses tumbuh kembang supaya mereka menjadi anak yang kuat & sehat.

  • Tepung Gasol Kacang Hijau

Manfaat tepung gasol yang satu ini banyak sekali karena mengandung protein dan serat. Bahkan, tepung ini juga menjadi sumber protein yang manfaatnya sangat besar untuk si kecil. Itulah kenapa tepung gasol ini sangat direkomendasikan untuk bayi.

Manfaatnya sangat besar karena tepung gasol punya sifat anti inflamasi yang berguna melawan bakteri & virus. Bukan itu saja, tepung gasol juga mengandung flavonoid yang berperan penting dalam melawan mikroba. Dengan begitu, daya tahan tubuh bayi akan semakin kuat.

  • Tepung Gasol Beras Merah

Tepung ini diproduksi dengan bahan dasar beras merah. Seperti kita semua tahu, beras merah sudah sejak lama dikenal sebagai sumber makanan yang kaya akan nutrisi & gizi dibanding beras putih. Jadi, tepung gasol ini bisa membuat tubuh selalu fit.

Mengandung serta & karbohidrat kompleks yang tinggi, tepung gasol beras merah sangat cocok untuk bayi. Si kecil pun dapat mencerna makanan semakin baik. Tepun gasol ini juga bisa melawan radikal bebas. Jadi, kalian para orang tua tak perlu takut untuk memberi makanan ini sebagai MPASI sang buah hati.

Waktu yang Tepat Memberi Tepung Gasol pada Bayi

Tepung gasol adalah tepung yang manfaatnya sangat besar untuk bayi. Tapi, kalian sebagai orang tua tak boleh tergesa-gesa. Orang tua harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memberi tepung gasol ke si kecil. Tepung ini umumnya untuk bayi yang usianya sudah 6 bulan atau lebih.

Jika ingin mengenalkan tepung gasol ke bayi, kalian para orang tua dapat mencampurnya dengan sayur, susu, atau buah. Pastikan kalian memperhatikan petunjuk yang ada pada kemasan agar tidak salah & dapat memberikannya dalam jumlah wajar. Jadi, bayi tak akan merasa kekenyangan saat memakannya.

Tips Mengolah Tepung Gasol

Kalian para orang tua mungkin masih bingung bagaimana cara mengolah tepung gasol ini untuk dijadikan MPASI yang tepat. Akan tetapi, kalian tak perlu khawatir karena caranya terbilang cukup gampang. Jadi, perhatikan bagaimana cara mengolahnya berikut ini:

  • Pertama, campur tepung gasol dan air sebanyak 200 ml.
  • Setelah itu, masak campuran tersebut menggunakan panic yang telah dipanaskan selama sekitar 10 atau 15 menitan.
  • Jika sudah matang, segeralah campur tepung dan bahan-bahan lainnya.
  • Setelah digunakan, kalian bisa menyimpan sisa tepung gasol di dalam wadah yang kering & tertutup.
  • Terakhir, simpanlah tepung gasol ke dalam freezer atau kulkas jika ingin menggunakannya lagi selama sekitar 2 mingguan.

Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tepung gasol memang punya banyak sekali manfaat yang melimpah. Manfaat-manfaatnya sangat bagus untuk proses tumbuh kembang si kecil. Itulah kenapa kalian para orang tua harus menggunakan tepung gasol ini, lebih-lebih sebab harganya yang dapat dibilang murah & tak akan membuat kalian para orang tua merasa kewalahan harus keluar uang banyak untuk mendapatkannya. Tak hanya sehat, tepung gasol juga terjamin sangat aman. Jadi, resiko si kecil mengalami gangguan Kesehatan & alergi juga sangat minim.

Itulah manfaat tepung gasol yang perlu kita semua ketahui. Manfaatnya yang banyak disebabkan karena kandungan nutrisi & gizinya yang sangat tinggi. Bahkan, varian rasanya yang bermacam-macam membuat si kecil akan selalu suka. Kini, kalian para orang tua tak perlu bingung mencari ide untuk menu MPASI karena tepung gasol bisa menjadi solusi yang tepat.

Similar Posts:

Copyright 2016 - 2019