Buntut Insiden Rossi vs Marquez, FIM dan Dorna Sepakat Akan Ubah MotoGP Musim Depan

447

Buntut-Insiden-Rossi-vs-Marquez-FIM-dan-Dorna-Sepakat-Akan-Ubah-MotoGP-Musim-Depan
Hariannusantara.com – Demi menjaga sportifitas balapan dan integritas para pembalap maka Dorna Sports yang diwakili oleh Carmelo Ezpeleta dan Federasi Balap Sepedamotor Internasional (FIM) yang diwakili oleh Vito Ippolito, sepakat untuk membentuk sebuah badan bernama Biro Permanen.

Badan ini bertugas untuk mengawasi dan mengubah regulasi yang berkaitan dengan balapan MotoGP. Badan ini dibentuk lantaran kejadian – kejadian melewati batas diluar akal sehat yang terjadi pasca insiden di Sepang yang melibatkan Valentino Rossi dan Marc Marquez.

“Kami ingin menekankan bahwa untuk tahun depan, beberapa perubahan akan dilakukan untuk mencegah hal seperti ini terulang,” ujar salah satu perwakilan Biro Permanen saat diwawancarai wartawan.

Baca juga : Peluang The Doctor Menjuarai MotoGP Musim Ini Setelah Ada Putusan dari CAS

FIM dan Dorna juga memutuskan untuk memanggil seluruh rider dan manager, jelang GP Valencia. Pertemuan khusus ini diperlukan agar balapan bisa berlangsung dengan fair. Mengingat saat prescon di Sepang kemarin, tim Yamaha menuduh Dorna dan FIM meremehkan situasi dengan tidak memanggil Vale serta Marc setelah race. Oleh karena itulah kini mereka bergerak.

FIM dan Dorna akan berbicara pada seluruh pembalap untuk mencegah adanya konfrontasi antara dua rider sebelum ataupun sesudah race. Mereka ingin menjembatani agar semua sudi berbicara buka-bukaan tanpa melibatkan pihak ketiga.

Disisi lain semua pihak sepakat untuk menciptakan suasana balapan yang kondusif dan penuh dengan sportifitas. Para pembalap merupakan role model yang harus bisa menjaga sikap baik di dalam maupun di luar balapan. Para penggemar akan melihat dan meniru tingkah idolanya karena kekaguman mereka pada sosok yang mereka cintai.

Baca juga : Valentino Rossi vs Jorge Lorenzo : Rossi Masih Mungkin Juara Jika Ini yang Terjadi