5 Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

579

radang-tenggorokanHariannusantara.com – Faringitis atau biasa disebut dengan radang tenggorokan merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri.

Radang tenggorokan juga dapat terjadi akibat daya tahan tubuh yang kurang mampu menghadang infeksi bakteri maupun virus. Penyakit ini memang tidak begitu parah, tetapi jika dibiarkan begitu saja penyakit ini dapat membahayakan bagi diri anda sendiri.

Banyak gejala yang ditimbulkan saat akan mengalami radang ternggorokan, diantaranya tonsil membesar, suara menjadi serak, kepala terasa pusing, suhu tubuh naik, sakit saat menelan makanan maupun minuman, demam dan badan terasa lemas. Jika anda merasakan gejala tersebut jangan khawatir, disini akan membahas bagaimana mengobati radang tenggorokan secara alami dan pastinya mudah dan terjangkau.

  1. Berkumur dengan air garam

Garam adalah obat alternatif untuk sakit tenggorokan karena merupakan desinfektan alami. Garam memang dikenal kuat dalam memerangi infeksi, juga membantu menarik infeksi keluar dari jaringan lembap pada tenggorokan. Garam juga membantu untuk menghancurkan kuman yang menyebabkan infeksi.

Air asin yang dikonsumsi juga meningkatkan sirkulasi di tenggorokan. Peningkatan suplai darah menyediakan lebih banyak oksigen dan penyembuhan lebih cepat, serta membawa antibodi ke daerah lebih cepat dan efisien.

Caranya sangat mudah, cukup campurkan setengah sendok makan garam dengan satu gelas air hangat, dan dilakukan cukup 1 hari sekali secara rutin.

  1. Konsumsi air putih

Air putih merupakan salah satu obat mujarab berbagai penyakit dalam. Air putih juga bisa menjadi salah satu obat yang alami untuk meredakan radang tenggorokan. Air putih dapat menghilangkan berbagai racun, tak terkecuali virus maupun bakteri yang menginfeksi tenggorokan anda. Jika anda masih mengkonsumi air es, ganti air anda dengan air putih biasa, karena air es justru akan memperparah radang tenggorokan anda.

 

  1. Makan bawang putih

Kedengarannya memang aneh, apalagi jika dimakan mentah-mentah akan menyebabkan bau mulut. Akan tetapi bawang putih yang merupakan salah satu bumbu masakan ternyata juga bisa mengobati radang tenggorokan anda. Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan melawan kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Caranya sangat mudah, kupas satu siung bawang putih dan potong menjadi 2 atau 4 bagian, lalu gigit dan hisap sari dari bawang putih tersebut. Lakukan secukupnya, satu hari sekali.

  1. Minum jus lemon tanpa gula

Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon dapat meredakan radang tenggorokan. Pengobatan ini cukup mudah, campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

 

  1. Menggunakan permen mint

Mungkin cara ini yang paling banyak diminati oleh banyak orang, apalagi bagi mereka yang suka mengkonsumsi pemen. Kenapa harus perment mint? Dan tidak permen yang lainnya? Karena perment mint juga dapat meredakan radang pada tenggorokan, dengan kandungan daun mint yang ada pada perment mint.