N 219 Siap Roll Out, Indonesia Segera Miliki Pesawat Nasional

410

N219

Hariannusantara.com – Indonesia akan segera memiliki kembali pesawat Nasional setelah N250 Karya Presiden Habibie. PT. Dirgantara Indonesia Bersama Lembaga Penerbangan Antarikas Nasional.

Pesawat yang sudah memasuki 100 finishing ini segera di tampilkan ke khalayak publik setelah seluruh proses perakitan dan pengecetan selesai. “Integrasi struktur fuselage, wing, tail, dan landing gear sudah selesai. Painting sudah selesai. Panel cockpit sudah menyala. Secara kesiapan roll-out sudah 100%,” kata Kepala Program Pesawat Terbang LAPAN, Agus Aribowo.

Roll-out ini hanya menampilkan fitur eksterior (tampilan desain luar pesawat), sedangkan function-fanction yang terkait uji terbang, masih belum berfungsi. Ada banyak proses yang harus dilalui terkait prosedur izin terbang perdana,” jelasnya. dikutip dari detikfinance.com

Rakyat Indonesia boleh sekali lagi berbangga menggunakan pesawat terbang nasional yang dibuat oleh insinnyur dalam negeri. Namun untuk proses mengudara N 219 masih perlu melakukan serangkaian uji coba kelayakan sebelum pada akhirnya memperoleh ijin terbang dari kementrian perhubungan.

Pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi sangat mendukung Industri transportasi nasional, namun tidak semuanya dapat dipenuhi didalam negeri, beberapa hal lain yang sudah dikerjakan dan beberapa kali diresmikan adalah proyek transportasi berbasis kelautan dimana sektor pengembangan Kapal dan Industri komponennya menjadi kesatuan yang berkesinambungan sehingga diperlukan insentif khusus dari pemerintah untuk pengembangannya.

Pesawat N 219 ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan armada transportasi udara yang menghubungkan antar pulau dengan kepulauan lainnya. Sebelumnya mantan Presiden Indonesia yang juga memiliki hak paten dalam bidang Aerodinamika BJ Habibie, juga sempat menjelaskan keinginannya untuk mengembangkan industri penerbangan nasional pada saat era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, namun dukungan penuh dari pemerintah di perolehnya sekarang.

Beberapa hal terkait persiapan pembangunan kembali Industri penerbangan nasional diserahkan BJ Habibie kepada putranya yaitu Ilham Habibie.

Sementara itu, Proses Roll Out, atau pengenalan pesawat N 219 ke publik tinggal menunggu konfirmasi dan kesediaan waktu luang Presiden Jokowi