Cara Mengenali Jenis Kulit Wajah dan Perawatan Yang Tepat

1089

cara-mengenali-jenis-kulit-wajah-dan-perawatan-yang-tepat-6Hariannusantara.comKulit wajah merupakan salah satu permasalahan sensitif bagi semua orang terutama kaum wanita. Jenis kulit yang berbeda tentunya memiliki permasalahan dan solusi yang berbeda pula.

Meski saat ini klinik kecantikan telah bertebaran dimana-mana, tak semua orang bisa pergi untuk memeriksakan kondisi wajahnya kepada dokter. Sehingga banyak ornag yang lebih memilih melakukan perawatan sendiri dnegan bahan- bahan alami. Namun tak jarang orang yang tak tahu jenis kulitnya apa dan pada akhirnya salah melakukan treatmen pada wajahnya.

Salah satu pakar kecantikan bahkan sudah mendeskrisikan waktu yang tepay untuk mengetahui jenis kulit kita adalah saat bangu ntidur di pagi hari dengan catatan kondisi muka harus benar-benar bersih saat menjelang tidur pada malam sebelumnya

cara-mengenali-jenis-kulit-wajah-dan-perawatan-yang-tepatUntuk mengetahui jenis kulit dan treatment yang tepat, berikut ini langkahnya ya gengs

Kulit Normal

cara-mengenali-jenis-kulit-wajah-dan-perawatan-yang-tepat-4Jenis kulit ini memiliki ciri-ciri Kenyal dan elastis, segar dan bersinar namun tidak mengkilap. Untuk pemilik jenis kulit ini, biasanya akan merasa aman karena tak akan ada keluhan dan permasalahan terkait dnegan kulit wajah.

Ciri – ciri lain untuk memastikan jenis kulit yang dimiliki adalah kulit normal, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ketika ditempelkan kertas minyak (khusus wajah), kulit normal hanya akan meninggalkan sedikit minyak atau bahkan nggak sama sekali.
  • Ketika wajah ditempelkan pada cermin, akan ada sedikit minyak yang menempel atau bahkan nggak sama sekali.
  • Tanpa skin care atau make-up, kulit normal nggak akan menampakkan perubahan wajah baik siang maupun pagi hari. Alias tetap kenyal dan nggak mengkilap.
  • Ketika disentuh akan terasa kenyal dan lembab.

Sedangkan untuk perawatan, jenis kulit ini hanya memerlukan perawatan ringan saja tanp aharus menggunakan jeni skrim tertentu.

Kulit berminyak

cara-mengenali-jenis-kulit-wajah-dan-perawatan-yang-tepat-3Jenis kulit ini memiliki ciri-ciri pori-pori besar, terlihat kusam atau mengkilap dan adanya komedo dan jerawat yang sering muncul

Ciri – ciri lain untuk memastikan jenis kulit yang dimiliki adalah kulit bernminyak ikuti langkah-langkah berikut

  • Ketika ditempelkan kertas minyak (khusus wajah) akan meninggalkan banyak minyak.
  • Ketika wajah ditempelkan pada cermin, akan banyak minyak yang menempel.
  • Tanpa skin care atau make-up, kulit akan terlihat lebih berminyak daripada pagi hari.
  • Ketika disentuh akan terasa kenyal, lembab, dan berminyak.

Untuk jenis kulit berminyak adapun treatment yang perlu dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan perawatan. Pilihlah bahan yang nggak terlalu ‘creamy’, bersifat oil controlling, non comedogenic dan untuk pembersih muka, gunakan yang mengandung salicylic acid untuk mengurangi kelebihan minyak. Bersihkan dan cuci wajah secara rutin, serta kurangi makanan yang mengandung minyak dan lemak.

Kulit Kering

cara-mengenali-jenis-kulit-wajah-dan-perawatan-yang-tepat-5Jenis kulit ini memiliki ciri-ciri sensitif; kusam dan kasar, terdapat bercak merah, elastisitas kurang, garis halus lebih terlihat. Selain itu biasanya pemilik kulit kering akan merasa kulit wajahnya kaku, pecah-pecah hingga gatal karena iritasi.

Ciri – ciri lain untuk memastikan jenis kulit kering yang dimiliki adalah kulit bernminyak ikuti langkah-langkah beriku

  • Ketika ditempelkan kertas minyak (khusus wajah), nggak akan meninggalkan minyak sama sekali.
  • Ketika wajah ditempelkan pada cermin, nggak akan ada minyak yang menempel.
  • Tanpa skin care atau make-up, kulit akan terlihat kering, bersisik dan kemerahan.
  • Ketika disentuh akan terasa kering dan kasar.

Untuk jenis kulit kering adapun treatment yang perlu dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan perawatan. Selain itu pakailah pakai pelembab secara rutin dan minum banyak air putih. Hindari sabun pembersih wajah yang mengandung banyak deterjen. Pilihlah produk perawatan yang mengandung moisturizer. Jika kulit lebih ke arah sensitif, gunakan produk kecantikan yang berbahan dasar organik atau herbal

Kulit Kombinasi

cara-mengenali-jenis-kulit-wajah-dan-perawatan-yang-tepat-2Jenis kulit ini memiliki ciri-ciri kulit hanya berminyak dibeberapa bagian saja seperti berminyak di sekitar hidung, dahi, dan dagu, atau biasa disebut dengan T-zone.

Jenis kulit kombins ini dapat muncul akibta beberapa hal seperti genetik atau fantor genetik maupun ketidak seimbangan hormoal.

Ciri – ciri lain untuk memastikan jenis kulit kombinsi yang dimiliki adalah kulit berminyak ikuti langkah-langkah berikut

  • Kertas minyak (khusus wajah) menyerap banyak minyak pada bagian T-Zone (dahi, hidung, dan dagu) tapi nggak ada minyak yang diserap pada pipi kanan dan kiri.
  • Banyak minyak yang menempel pada cermin tetapi hanya di bagian T-Zone.
  • Tanpa skin care atau make-up, wajah terlihat lebih berminyak pada daerah T-Zone.
  • Ketika disentuh akan wajah terasa lembab dan kenyal hanya dibagian T-Zone tetapi bagian pipi terasa kering dan kasar.

Adapun treatmen yang cocok untuk jnis kulit ini adalah dengan melakukan perawtan yang berbeda berdasarkan jenis permasalahan pada masing-masing jenis kulit. Seperti Bagian yang kering seperti pipi dan dan sekitar mata mesti dirawat dengan produk yang kaya akan cream dan moizturizer. Sedangkan untuk bagian berminyak seperti kening, hidung dan dahi dapat dirawat dengan sering membersihkannya dengan air bersih.

Baca juga

Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan, Sudah Tahu??

5 Tips Untuk Jomblo Agar Malam Minggumu Tak Membosankan

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan