Wisata Alam Anti Mainstream Yogyakarta Yang Tak Melulu Tentang Candi, Mau Coba?

598

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-coba-7Hariannusantara.comYogyakarta merupakan salah satu kota dengan berbagai destinasi wisata yang patut dikunjungi. Sebagai pusat kesenian dan budaya jawa, Yogyakarta tentunya kaya akan berbagai adat dan tradisi yang masih sangat kental.

Selain itu sistem pemerintahanyang masih menjunjung tinggi adat keraton, masih memungkinkan Yogyakarta memiiki bangunan kerajaan. Tak terbatas pada kerajaan saja, bangunan bersejarah juga banyak terdaat di Yogyakarta. Sebut saja Musem Vandenburg yang merupakan bangunan peninggalan Belanda. Jauh sebelum masa penjajahan, bangunan bersejarah lain seperti Candi juga banyak terdapat di Yogyakarta.

Yogyakarta juga memiliki tempat untuk melakukan wisata belanja dengan berjalan kaki menikmati suasana kota yang masih syarat akan tradisi seperti jalan Malioboro yang menyajikan berbagai pernak pernik khas Yogyakarta dengan harga yang ramah di kantong.

Namun ternyata selain tempat tempat yang sudah sering dikunjungi seperti keraton, alun – alun utara dan selatan, musem dan candi, Yogyakarta juga memiliki beragam lokasi wisata alam yang akan sayang untuk dilewatkan. Dan pastinya bagi penggemar wisata yang bertema alam dan menantang, lokasi – lokasi tersebut bisa menjadi referensi. Apalagi bagi wisatawan eksis yang ingin mengabadikan keindahan alam. Berikut list lokasi yang dapat memanjakan mata para wisatawan.

Kereta Gantung di Pantai Timang

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-coba-7Sudah menjadi rahasia umum jika gunung kidul memiliki berbagai lokasi wisata pantai yang sangat indah. Salah satunya adalah pantai Timang yang terletak 35 km sebelah selatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 5581. Selain menyajikan pemandangan biru pantai dan ombak yang indah, Pantai Timang juga memiliki tebing dan batu karang yang sangat menakjubkan.

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-coba-8 Selain itu pantai timang juga menyajikan sebuah wahana ekstrem namunsangat menantang untuk dicoba, yakni kereta gantung sederhana yang terbuat dari kayu yang menyeberang ke pulau Wwau panjang dengan sensasi dihantam ombak saat menyeberang di atas kereta gantung. Untuk menahan kereta gantung ini bukan kabel baja yang digunakan, namun tali tambang yang harga sewanya dibanderol dengan harga Rp 200.000.

Tentunya lokasi wisata ini akan sangat menarik bagi para penyuka wisata beradrenalin tinggi

Taman Wisata Alam Kalibiru

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-coba-10Untuk wisatwan yang haus akan eksotisme alam dapat berkunjung ke temat ini. Pasalnya lokasi wisata ini menyuguhkan ketenangan yang tiada tara dengan keindahan alam serta udara yang segar. Lokasi Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta, pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Sejak didirikan pada tahun 2009, tempat ini langsung jadi destinasi favorit para wisatawan.

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-coba-5Bukan hanya tempat biasa, Taman Wisata Kalibiru ini juga menghadirkan flying fox untuk menambah kenikmatan memanjakan mata. Flying fox yang disediakan akan membawa wisatawan menuju punca pohon yang dapat menunjukkan keindahan panorama Waduk Semo. Bahkan jika sedang beruntung karena kondis cuaca cerah, wisatawan juga dapat melihat deburan ombak pantai selatan.

Gurun pasir Gumuk

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-coba-3Berbeda dengan taman Alam Kalibiru yang menyajikan hamparan hijau alam yang indah, gurun pasir gumuk akan membuat wisatawan serasa berada di Afrika. Di lokasi ini wisatawan dapat bersantai menkmati sunset dengan ditemani semilir angin di tengah-tengah hampaan padang pasir yang luas.

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-coba-4Selain dapat menikmati semilir angin dna memandang sunset di tengah hamparan pasir, wisatawan juga dapat berkeliling di padang pasir “Afrika” nya Yogyakarta dengan menunggai kuda ataupun menyewa ATV dengan harga sewa Rp 50.000 hingga R 150.000

Curug Luweng Sampang

Lokasi wisata Curug Luweng Sampang berada di Jl. Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-coba-2Banyak wisatawan yang menyebut Curug Luweng Sampang sangat mirip dnegan Antelope Canyon di Amerika Serikat. Bebatan yang menjadi dinding Curug terukir ndah dari proses alami alian air. Lokasi wisata yang masih perawan pastinya akan sangat indah untuk dimnikmati. Apalagi aliran air dari pegunungan yanga da di Curug ini akan sangat menyegarkan dan membuat wisatawan tak sabar untuk berenang.

Dunia Ajaib Bawah Air

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-cobaLokasi wisatayan terletak di Jl. Sultan Agung, Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengahini jika dilihat sekilas memang terbentk seperti kolam renang biasa,namun wisatawan akan dibuat takjub dan terkesma saat masuk kedalam air. Pasalnya dalam kolam ini Selain pasir, bebatuan, dan aneka jenis ikan, di dasar kolam air tawar ini Anda akan menemukan benda-benda aneh namun sangat unik karena berada di bawah air.

Bagi yang eksis lokasi wisata ini wajib untuk dicoba karena keindahan yang luar biasa akan ditemui di bawah air dalam kolam ini.

Namun untuk menikmati keindahan dalam kolam wisatawan harus menyewa peralatan snorkling. Untuk lebih melengkapi kenikmatan berenang bersama ikan dan berpose didalam air dengan benda benda unik didalam air wisatawan dapat menyewa kamera bawah air dengan harga sewa Rp 100.000 atau meminta orang lain memotret saat menyelam di kolam yang sudah ada sejak jaman Belanda  ini.

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-coba-9Jika ingin membuat konsep foto semakin bagus, wisatawan juga diperbolehkan membawa properti dan kostum sendiri. Harga mausk wisata ini juga sangat murah yakni Rp 5000 saja. Sedangkan untuk menyewa peralatan snorkling seharga Rp 10.000.

Bukit Bintang

wisata-alam-anti-mainstream-yogyakarta-yang-tak-melulu-tentang-candi-mau-coba-11Bagi Wisatawan yang menyukai hal-hal berbau romantis, wajib hukumnya untuk mengunjungi bukit bintang yang terletak di perbukitan Pathuk, Gunung Kidul, Yogyakarta.  Lokasi wisata yang terletak di perbukitan ini menyuguhkan suasana eksotik dan romantis dengan pemandangan lampu seluruh Kota Yogyakarta seolah melihat bintang di langit.

Baca juga

Lokasi Wisata Menyegarkan Mata Di Vietnam yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata Thailand Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Daftar Wisata Malam di Yogya yang Penuh Warna