Tips Alami Yang Efektif Hilangkan Komedo Di Wajah

1121

tips-alami-yang-efektif-hilangkan-komedo-di-wajah-5Hariannusantara.comKomedo merupakan salah satu momok bagi perempuan yang sering datang. Pasalnya dengan adnaya komedo maka bagian wajah tak akan terlihat indah karena muncul bintik putih dna terkadang hitam sehingga akan mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Selain putih dan hitam komedo juga berwarna kekuningan. Biasanya sasaran utama munculnya komedo yaitu pada wajah,yakni area bawah bibir, area hidung dan sekitar mata.

Komedo dapat berkembang menjadi jerawat, yang dikenal sebagai papul atau pustule. Komedo secara umum biasanya muncul dan berkembang pada saat dan setelah masa pubertas, ketika kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih.

Terkadang komedi yang membandel membuat seseorang mencari cara instan seperti menggunakan bahan kimia untuk mengelupas komedi atau bahkan melakukan pemencetan pada komedo. Padahal tindakan tersebut kadnagkala justru membuat bagian wajah yang dipendet atau dikelupas justru membuat kulit iritasi sehingga mengingglkan bekas yang menghitam.

Oleh karena itu ada beberapa tips alami yang dijamin aman untuk menghilangkan komedo.

Buah pepaya

Buah yang memiliki rasa manis tersebut selain enak untuk dikonsumsi juga memiliki khasiat yang baik untuk perawatan kecantikan. Salah satunya adalah untuk mengusir komedo membandel yangs ering singgah di wajah. Kandungan papain pada pepaya dapay membantu pengangkatan sel kulit mati serta proteolitik yang berfungsi unyuk mencegah dan menghilangkan jerawat serta komedo di wajah.

Adapun cara penggunaannya adalah dengan membuat pepaya sebagai masker. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melembutkan pepaya yang telah matang hingga menjadi bubur kemudian oleskan di sekitar wajah yang terdapat komedo. Biarkan beberapa saat kemudian bilas dnegan air bersih. cara efektif ini daat dilakukan pada pagi haru saat bangun pagi dna menjelang tidur.

Baking Soda

tips-alami-yang-efektif-hilangkan-komedo-di-wajahSalah satu bahan pembuat kue yang satu ini memang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat karena memiliki fungsi lain yakni dlaam bidnag kecantikan. Baking soda berfungsi membersihkan kulit dari kotoran dan kuman yang hinggap di wajah.

Adapun cara penggunaan baking soda untuk mengusir komedo di wajah adalah dnegan mencampur dua sendok teh baking soda dengan air matang untuk membuat pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada daerah kulit yang terdapat komedo disertai pijatan yang lembut. Biarkan kering selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan penggunaan baking soda ini 1-2 kali seminggu.

Jus Lemon

tips-alami-yang-efektif-hilangkan-komedo-di-wajah-4Selain baking soda, lemon jug sangat terkenal berfungsi untuk membantu merawat kulit wajah. Pasalnya lemon memiliki fungsi menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Paslanya lemon memiliki kandungan asam alpha-hydroxy yang berfungsi untuk mencegah jerawat serra komedo. Bahkan dengan penggunaan lemon pori – pori pada wajah dapat mengencang sehingga komed tak akan muncul.

Cara penggunaan lemon untuk menghilangkan komedo adalah dengan menyiapkan jus lemon, campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu beberapa 10 menit lalu bilas memakai air bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda-noda flek hitam pada wajah anda. Anda juga bisa membuat scrub, dengan campuran air lemon, air garam, madu dan yoghurt. Campurkan bahan tersebut lalu gosokkan lembut di area yang terkena komedo.

Kunyit

Jenis rempah – rempah ini memang selama ini dikenal sebagai salah satu bahan untuk mmebuat obat tradsional serta bahan baku tradisional untuk membuat masakan khas Indonesia. Namun ternyata kandungan kunyit yang berupa rotein, serat, niasin, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium dan seng dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan dapat mengobati komedo.

Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit dnegan dua sendok makan air jeruk lemon atau mint. Kemuadian oleskan pada daerah yang terdapat komedo. Biarkan hingga kering selama beberapa menit dan cuci bersih dengan air hangat. Anda juga bisa membuat pasta dengan mencampur bubuk kunyit dan susu. Oleskan pada area komedo dan setelah 10 menit cuci dengan air bersih.

Uap air panas

Cara yang stau ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Pasalnya tak memerlukan bahan apapun kecuali air. Cara satu ini juga terbukti efektif untuk menghilangkan komedo.

Caranya adaag menambahkan sedikit garam pada rebusan air tersebut, kemudian tunggu sampai mendidih, lalu uapi wajah atau area yang berkomedo selama 5-10 menit lamanya. Untuk lebih maksimal, tutup kepala anda dengan handuk, lalu duduk dan hadapkan wajah anda di depan air panas yang ditaruh di baskom. Metode ini juga bagus untuk memperlancar peredaran darah dan meredakan batuk flu.

Mentimun

tips-alami-yang-efektif-hilangkan-komedo-di-wajah-2Jenis sayuran satu ini memnag memiliki banyak fungsi untuk mengatasi permaslahan kulit. Kandungan vitamin A, C dan E yang bersifat sebagai pendingin alami dan dapat menghilangkan bengkak seta komedo.

Caranya adalah dengan memotong mentimun tipis tipis kemudian rendam dalam air bersih selama 1 jam. Suplemen, vitamin A, kalium dan klorofil dalam mentimun akan terserap ke dalam air. Saring air mentimun lalu gunakan untuk mencuci wajah. Lakukan hal ini setiap hari. Anda juga bisa membuat masker dengan mentimun. Iris tipis berukuran lebar mentimun lalu terapkan di area komedo selama 15 menit. Setelah itu cuci dengan air hangat.

Baca Juga

5 Tips Untuk Jomblo Agar Malam Minggumu Tak Membosankan

Tips Merawat Wajah Agar Tampil Cantik Alami

Langkah Membuat Warna Lipstik Awet Sepanjang Hari