Singkirkan Snapdragon, Chipset Besutan Xiaomi Bakal Sokong Mi5C

492

Singkirkan-Snapdragon-Chipset-Besutan-Xiaomi-Bakal-Sokong-Mi5c

Hariannusantara.com Rumor mengenai smartphone Mi5C yang akan diluncurkan oleh Xiaomi sebenarnya sudah beredar semenjak tahun lalu. Dikutip dari laporan Gizmochina, Selasa (7/2/2017), perusahaan asal Tiongkok tersebut tak akan menggunakan chipset Snapdragon, MediaTek, Exynos atau Kirin.

Menurut laporan tersebut, pihak perusahaan akan menyematkan chipset hasil besutannya sendiri paa perangkat Mi 5C nanti. Chipset hasil kolaborasi antara Xiaomi dengan Beijing Electronics Co.Ltd dan Leadcore Technology Ltd, anak usaha dari Datang Telecom tersebut diberi nama Pinecone.

Kolaborasi tersebut sebenarnya sudah terjalin semenjak tahun 2014 yang lalu, bahkan kerjasama ini telah membentuk sebuah perusahaan manufaktur chip yang bernama Beijing Pinecone Electronis Co. Ltd. Saham sebesar 51 persen dipegang oleh Xiaomi, sedangkan 49 persennya dipegang oleh Leadcore. Pinecone sendiri sebenarnya bukanlah produk pertama hasil kolaborasi tersebut. Sebelumnya, perusahaan chip asal Tiongkok ini telah membuat chip Leadcore L1860C yang dibekalkan pada Xiaomi Redmi 2A.

Masih berdasarkan sumber yang sama, disebutkan jika chipset yang akan disematkan pada Mi 5C ini akan memiliki sebuah CPU dengan inti octa-core Cortex-A53. Disebutkan jika chipset ini setara dengan chip Snapdragon 808 hasil besutan Qualcomm.

Berdasarkan informasi yang beredar di Tiongkok hingga saat ini, akan ada dua model prosesor Xiaomi Pinecone yang masuk ke pasar tahun 2017 ini. Model tersebut yaitu V670 dan V970. Pinecone V670 yang menggunakan empat Cortex A-53 large cores dan empat Cortex A-53 small cores akan disematkan pada Mi 5C. GPU-nya terdiri dari Mali-T860 GPU MP4 dengan clock speed 800Mhz. V670 ini juga dibesut dengan proses manufaktur 28nm.

Sementara varian kedua, yaitu Pinecone V970 baru akan hadir pada kuartal keempat tahun 2017 ini. Model ni akan hadir dengan empat inti Cortex A-73 dan empat inti Cortex A-53 octa-core. V970 juga dibekali GPU Mali G71 MP12 dengan clock speed 900Mhz.

Menurut sumber anonim, chip ini setara dengan Snapdragon 835 yang diproduksi dengan menggunakan proses manufaktur 10nm. Rumor yang berkembang mengatakan jika chipset ini akan ada di Mi Note 3 dan Xiaomi Mi 6.