Pesona Indonesia: Kuliner Indonesia Mejeng Di World Street Food Congress 2017

176

Pesona-Indonesia-Kuliner-Indonesia-Mejeng-Di-World-Street-Food-Congress-2017Hariannusantara.comIndonesia merupakan negara yang sangat beragam selain dari segi kultur, budaya, dan agama, negara kepulauan ini juga kaya akan kuliner yang tentunya menggugah selera. Keunikan serta kulaitas bahan makanan Indonesia ini membuat Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner Kementerian Pariwisata Republik Indonesia kemarin menghadiri festival World Street Food Congress yang diadakan di Manila, Filiphina.

Dari acara ini terkuak jika bahan makanan Indonesia memiliki cita rasa yang tiada duanya bahkan di kalangan chef terkemuka di dunia. Ini dijelaskan sendiri oleh Vita Datau Messakh, Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Belanja dan Kuliner, dimana ia mendapatkan masukan dari berbagai pihak dalam hal benchmarking untuk mengembangkan wisata kuliner jalanan berstandar global di Indonesia.

“Kami melihat bahwa kekayaan kuliner Indonesia mulai diakui oleh tokoh kuliner dunia karena memang kualitasnya sangat bagus dan karakternya yang unik. Namun sayangnya kehebatan kuliner Indonesia masih kurang dikenal secara luas oleh masyarakat dunia. Oleh karena itu, penitng untuk kita semua bersatu padu melestarikan dan mempromosikan kuliner Indonesia ke dunia agar menjadi lebih terpandang,” jelas Vita.

Dari festival tersebut juga terbukti jika para chef dunia mengaku terinspirasi dari makanan yang ada di Indonesia seperti Sate Madura misalnya. Selain itu ada juga pengakuan Peter Ilyod yang merupakan pemilik restauran khas Asia Tenggara di London, ia mengaku harus mendatangkan kecap manis dari Indonesia untuk membuat hidangan pencuci mulut. Kekayaan kuliner Indonesia memang memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan masyarakat dunia terlebih dengan dinobatkan rendang sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.