Cara Jitu Bedakan Aplikasi Asli atau Palsu Pada Smartphone

218
hariannusantara.com
Smarphone LeEco

Hariannusantaara.com – Para pengguna smartphone saat ini harus lebih berhati-hati saat memilih aplikasi yang ditawarkan di Play Store maupun App Store. Pasalnya banyak aplikasi palsu yang berisi malware dan justru akan merusak performa ponsel Anda. Data yang diperoleh dari New York Post dan CNET hampir lebih dari ratusan aplikasi palsu yang beredar belum lama ini. Aplikasi palsu ini biasanya sering muncul dalam iklan yang menggangu para pengguna smartphone.

Salah satu kerugian dari beredarnya aplikasi palsu adalah dapat mengambil informasi Anda seperti kartu kreedit dan lainnya. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips yang harus Anda lakukan diantaranya:

  1. Memeriksa ulasan di Play Store atau App Store
    Aplikasi yang asli tentunya memiliki ribuan ulasan dari para penggunanya, sedangkan untuk aplikasi palsu hampir dapat dipastikan tidak ditemukan ulasan apapun.
  2. Periksa tanggal publish aplikasi
    Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksa tanggal publikasi dari aplikasi tersebut. Pada aplikasi asli tidaklah menyebutkan tanggal dirilisnya aplikasi tersebut, hanya menyebutkan kapan terakhir aplikasi tersebut diupgrade.
  3. Lihat pengembang aplikasi
    Aplikasi asli biasanya menggunakan perusahaan pengembang yang ternama seperti Overstock yang menggunakan pengembang Overstock.com. Scammer biasanya menggunakan nama yang hampir mirip dengan aplikasi aslinya, unutk itu Anda harus berhati-hati dan lebih teliti saat hendak memilih aplikasi untuk smartphone yang Anda gunakan.

Baca juga:

Tips Memilih Smartphone

Daftar Smartphone Kamera Selfie Terbaik Dengan Harga 3 juta-an

Meizu M5, Smartphone Baru yang Dibanderol Harga Rp 1,3 Juta-an