Bersaing Ketat, Debat Pilkada DKI Jakarta Bahas Tema Seru

158

urutan-nomor-urut-pilkada-dki-2017-agus-sylvi-ahok-djarot-anies-sandiagaHariannusantara.com – Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) DKI Jakarta selalu menyita perhatian masyarakat Jakarta maupun luar Jakarta. Pada tahun ini, Pilkada DKI Jakarta diramaikan oleh 3 pasangan Cagub Cawagub yakni Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Ahok-Djarot, dan Agus Harimurti-Sylviana Murni.

Pasangan Agus-Sylvi diusung oleh Demokrat, PAN, PPP dan PKB mendapatkan nomor urut satu dalam pilkada kali ini. Sedangkan pasangan dengan nomor urut 2 yakni Ahok-Djarot diusung oleh PDIP, Nasdem, dan Hanura. Dan yang terakhir, Anies dan Sandiaga diusung oleh partai Gerindra dan PKS.

Kamis (13/1/2017), ketiga pasangan Cagub Cawagub akan mengikuti debat terbuka untuk pertama kalinya. Komisioner KPU DKI Jakarta menjelaskan sedikit rundown acara yang akan dilalui ketiga pasangan Cagub Cawagub tersebut.

“Secara teknis jadi 13 Januari kita akan melaksanakan debat mulai pukul 20.00 sampai 22.00 WIB. Saat debat, semua pasangan calon harus hadir dan akan dipandu oleh seorang moderator yang ditunjuk oleh KPU dan bekerja atas nama KPU,” ungkap Komisioner KPU DKI, Dahlia Umar, pekan lalu.

Debat yang akan berlangsung di hotel Bidakara jakarta ini dibagi menjadi 6 sesi. Selain itu KPU dan Dewan Panelis telah menentukan tema yang harus dibahas oleh ketiga pasangan Cagub Cawagub ini.

Tema yang diusung pada debat terbuka putaran pertama ini yakni pembangunan sosial ekonomi untuk jakarta. Dahlia Umar juga memaparkan bahwa ekonomi, pendidikan, keamanan, transportasi, dan linkungan merupakan topik utama dalam debat putaran pertama.

Debat terbuka putaran pertama ini akan sangat seru pasalnya ketiga pasangan memiliki kekuatan yang hampir sama. Maka dari itu untuk menjaga kemanan acara tersebut, tiap pasangan hanya diperboleh membawa maksimal 100 orang pendukung.

Acara debat selesai disiarkan langsung oleh 3 statiun televisi dan siaran tunda oleh 7 stasiun televisi. Sedangkan untuk debat terbuka putaran kedua dan ketiga dijadwalkan pada tanggal 27 Januari dan 10 Februari mendatang.

Baca juga:

Urutan Nomor Urut Pilkada DKI 2017, Agus-Sylvi, Ahok-Djarot, Anies-Sandiaga

Prabowo Berikan Komentarnya Mengenai Isu Sara Dalam Pilkada 2017

Agus Yudhoyono Tanggapi Sikap Ruhut Yang Tak Mendukungnya Dalam Pilkada DKI 2017