Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Abe Akan Tingkatkan Kerjasama Di Bidang Maritim Indonesia-Jepang

255
Presiden-Jokowi-Lakukan-Penyambutan-Perdana-Menteri-Abe-di-Istana-Bogor
Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Hariannusantara.com Kunjungan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe pada hari Minggu (16/1/2017) merupakan suatu kehormatan untuk Indonesia. Pasalnya banyak sekali kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak yang dibahas pada pertemuan yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor. Salah satunya adalah kerjasama di bidang maritim.

Indonesia dan Jepang merupakan Negara Maritim, maka dari itu pada pertemuan tersebut PM Abe mengaku lebih fokus membahas kerjasama maritim antara Indonesia dan Jepang. PM Abe juga menjelaskan bahwa Jepang secara aktif akan mendorong kerjasama maritim di bidang keamanan laut dan pengembangan pulau-pulau terpencil di Indonesia. Tidak hanya itu, PM Jepang dan Presiden Negara Kesatuan Indonesia juga membahas kesepakatan bilateral mengenai sektor keamanan dan pertahanan melalui forum 2 plus 2.

“Sebagai sesama negara maritim, bagi Jepang dan Indonesia, maka kerja sama kemaritiman adalah prioritas paling utama dalam kerja sama antara kedua negara. Jepang akan secara aktif mendorong kerja sama dalam pengamanan laut dan mendorong pengembangan pulau terpencil Indonesia,” kata PM Abe, Minggu (15/1/2017).

“Kami sepakat memperdalam kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan, dengan membahas kerangka kerja sama di bidang keamanan dan pertahanan, seperti pertemuan tingkat menteri 2 plus 2,” jelas Abe.

Kerjasama tersebut disepakati mengingat Indonesia dan Jepang telah membentuk forum maritime pada Desember lalu. Selain itu, pada saat ini Indonesia juga sedang memperkuat kawasan terdepan. Contohnya pulau Natuna yang sedang membangun cold storage untuk sector perikanan. Dan juga pembangunan pangkalan militer di pulau terdepan Indonesia.

Baca juga:

Sambut Kedatangan Perdana Menteri Jepang, Jokowi Bahas Kerjasama Ekonomi

Dahlan Iskan Resmi Ditahan Atas Kasus Penjualan Aset

Disebut Dosen Di Acara Debat, Anies Baswedan: “Dosen Harus Dihargai”