Terkait Pilkada, KPU Pastikan Masyarakat Dapat Pantau Real Account

290
Terkait-Pilkada-KPU-Pastikan-Masyarakat-Dapat-Pantau-Real-Account
(sumber gambar: KlikKabar.com)

Hariannusantara.comWaktu pemungutan untuk Pilkada akan digelar pada tanggal 15 Februari mendatang. Semua elemen masyarakat akan menantikan hasil rekapitulasi pemungutan suara. Maka dari itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengatakan bahwa sistem penghitungan riil (real count) dapat dipantau melalui situs resmi KPU.

“Jadi untuk real count, kami scan formulir C1 sama input datanya masuk ke www.kpu.go.id. Semua TPS akan di-input,” ujar Komisioner KPU DKI Betty Epsilon Idroos dikutip dari detikcom, Rabu (18/1/2017).

Akan tetapi real account buka lah hasil perhitungan resmi, ini merupakan gambaran dari perhitungan suara. Sedangkan untuk penghitungan suara secara resmi akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk rekapitulasi suara dilakukan mulai tanggal 16 Februari hingga 27 Februari 2017.

Real count hanya gambaran saja dari hasil resmi TPS (Tempat Pemungutan Suara) sampai tingkat provinsi. Penghitungan suara tetap secara berjenjang yang resmi,” terang Betty.

Penghitungan real account dilakukan dengan cara menscan formulir C1 serta menginput data yang ada di TPS. Sebagai contoh, dirinya menyebutkan jika perhitungan suara di setiap TPS selesai pada sore hari, maka bisa sampai pada tingkat kota pada malam harinya. Kemudian seluruh formulir C1 akan di-scan dan data dari tiap TPS akan di input.

“Tanggal 15 Februari, katakanlah selesai penghitungan pada sore hari, nanti dari KPPS naik ke tingkat kota pada malam itu juga. Kami akan scan C1. Semua TPS akan diinput,” lanjutnya.

Baca juga:

KPU: Masyarakat Bisa Ikut Bertanya Dalam Debat Pilkada

Bersaing Ketat, Debat Pilkada DKI Jakarta Bahas Tema Seru

Pilkada DKI : Resmi PDI Perjuangan Dukung Ahok-Djarot Maju Pilkada 2017