Dua Tunggal Indonesia Kandas, Ganda Putra Indonesia Tetap Bertahan di ‘All England’

246
Dua-Tunggal-Indonesia-Kandas-Ganda-Putra-Indonesia-Tetap-Bertahan-di-All-England
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Hariannusantara.com Ajang bergengsi tahunan ‘All England’ sedang berlangsung di Barclaycard Arena, Birmingham, Inggris. Pada ajang super series paling bergengsi ini, Indonesia banyak menurunkan pemain-pemain muda pelatnas. Namun sayangnya, pada babak pertama sudah ada wakil Indonesia yang tumbang seperti pemain tunggal Ihsan Maulana dan Lyanny Alessandra Mainaky. Lyanny harus tersingkir dari babak pertama setelah mengakui keunggulan Delphine Lansac., sedangkan Ihsan tumbang ditangan rekan satu pelatnasnya, Anthony Ginting.

Berbeda dengan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, yang terus melenggang ke babak selanjutnya setelah menuntaskan perlawanan pasangan ganda antar Negara yaitu Hendra Setiawan/Tan Boon Heong. Kevin/Markus berhasil memenangkan pertandingan dalam 2 gim langsung dengan skor 21-12, 21-17.

“Kami bermain cukup oke, sudah langsung dapet feel-nya. Kami sudah lebih siap dari start awal,” kata Kevin, dikutip Badminton Indonesia.

“Kami juga lebih sabar dan tidak gampang mati sendiri,” tambah Marcus.

Ketika ditanya, keduanya mengaku tidak banyak mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan pola permainan lawan sehingga mereka terus menekan hingga akhir babak ke 2. Pasangan gado-gado itu mengaku bahwa mereka tidak bisa keluar dari dominasi pasangan ganda Indonesia tersebut. Pada babak berikutnya pasangan Indonesia ini harus berhadapan dengan Peter Briggs/Tom Wolfenden pada hari Kamis (9/3/2017). Kevin/Markus akan lebih fokus lagi dan meningkatan permainan mereka mengingat pasangan Peter/Tom adalah pasangan tuan rumah.

“Kami bermain buruk hari ini, tidak bisa keluar dari awal game,” ungkap Tan.

“Masalah peluang masih fifty-fifty. Semua lawan masih bisa menang atau kalah. Yang penting besok kami harus lebih fokus lagi,” ujar Kevin.

Selain itu, duet Indonesia Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro yang menyusul jejak rekan satu pelatnasnya untuk melenggang ke babak selanjutnya. Mereka berhasil memenangkan pertandingan setelah menekuk pasangaan asal Hongkong, Law Cheuk Him/Lee Chun Hei Reginald, dengan skor 21-13, 16-21, 21-10. Dengan demikian, Indonesia masih bisa tersenyum karena masih ada wakilnya yang terus melaju di ajang bergengsi tahunan All England.