Ini Jurus Dirut Baru Untuk Bawa Pertamina Lebih Baik

305
Ini-Jurus-Dirut-Baru-Untuk-Bawa-Pertamina-Lebih-Baik
Elia Massa Manik

Hariannusantara.com Pada awal tahun lalu, Direktur Utama PT Pertamina (persero) dicopot dari jabatannya. Setelah itu, mulai bermunculan spekulasi mengenai siapa yang bakal menduduki jabatan sebagai Direktur Utama perusahaan migas Nasional tersebut. Pada hari Kamis (15/3/2017), Direktur Utama PT Pertamina resmi dilantik.

Yaitu Elia Massa Manik yang merupakan Direktur Utama PT Pertamina yang baru saja dilantik. Usai ditunjuk secara resmi menjadi Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Elia akan melakukan sejumlah pembenahan di dalam tubuh BUMN migas tersebut. Ia menitik beratkan pada pembenahan pada sumber daya manusia (SDM) dan kekompakan dalam jajaran direksi.

Menjadi perusahaan Migas terbaik kedua di Dunia pada tahun 2023 merupakaan PR besar bagi Elia. Untuk menjalankan amanah tersebut Elia telah mempunyai cara tersendiri. Menurut Elia, untuk menjadikan Pertamina lebih baik lagi supaya bisa mencapai target tersebut maka diperlukannya sistem kerja yang baik dan didukung oleh SDM yang professional.

“Komitmen saya, tentu amanah ini akan saya jalankan sungguh-sungguh dengan kemampuan profesional yang saya punya. Pusat perhatian kita, bagaimana menata SDM. Tidak hanya sistem, tapi menumbuhkan kompetisi SDM yang lebih holistik,” ujar Elia di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (15/3/2017).

“Sehingga kita lebih bersaing dengan kemampuan manajerial yang lebih baik. Karena dalam dirinya yang bergerak cepat, kita persiapkan manusia-manusia Pertamina,” ‎lanjutnya.

Untuk membuat Pertamina mampu bersaing di kancah Internasional maka diperlukannya pembenahan SDM yang kompeten dan dapat menunjang perkembangan Pertamina kedepannya, Elia juga melakukan mebenahan di level direksi. Jika dari sisi SDM Elia menekankan pada pembentukan karakteristik yang unggul pada individu, di sisi kepemimpinan ‎Elia menekankan pada kerjasama yang solid antar divisi. Dengan kuatnya kerja sama antar divisi maka akan dapat menunjang kemajuan dari perusahaan.

‎”Tentu saya juga bicara dengan direksi, kita harus solid karena kita dituntut akselerasi dengan tanggung jawab. Ini bisa dilakukan kalau kita jadi tim solid,” tandasnya.