Mengenal Lebih Jauh ‘Dago’, Destinasi Wisata Favorit Di Kota Bandung

167

Mengenal-Lebih-Jauh-‘Dago’,-Destinasi-Wisata-Favorit-Di-Kota-BandungHariannusantara.comSalah satu kota yang menjadi destinasi favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia untuk menghabiskan akhir pekan adalah Kota Bandung. Bahkan banyak ungkapan yang menggambarkan tentang Kota Bandung salah satunya adalah ‘Belum ke Bandung kalau belum mengunjungi Dago’. Kawasan inilah yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung.

Kawasan Jalan Ir. H Djuanda atau lebih dikenal dengan nama Dago merupakan salah satu destinasi yang dikunjungi wisatawan ke Bandung. Bagi orang Bandung sekalipun, Dago merupakan salah satu ikon wisata yang paling terkenal sebagai tempat untuk sekedar menghabiskan waktu bersama teman atau nongkrong.

Daerah ini sekarang sudah menjelma menjadi kawasan elit di Kota Bandung yang banyak berjejer pusat perbelanjaan, factory outlet, serta wisata kuliner. Namun sebelumnya kawasan ini merupakan kawasan hutan yang cukup sepi dan terkenal dengan binatang buasnya serta menyimpan sejarah yang cukup panjang. Konon katanya di daerah sekitar terminal Dago dulunya merupakan daerah hutan liar.

Asal mula nama Dago sendiri berasal dari bahasa Sunda ‘Dago’ yang berarti ‘menunggu’. Kala itu penduduk di Bandung Utara yang ingin ke kota tidak berani pergi sendiri, mereka satu sama lain menunggu hingga akhirnya berkelompok untuk pergi ke kota dan dari situlah muncul nama Dago hingga dikenal sampai saat ini.