Berenang Bersama Ubur – Ubur di Pulau Kakaban

410
Berenang di Pulau Kakaban
Berenang di Pulau Kakaban

Hariannusantara.com – Danau kakaban merupakan danau yang terletak di tengah kepulauan kakaban, tepatnya terletak di di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur. Nah, tak ada salahnya bila kalian ke kalimantan timujr dan mampir ke pulau kakaban.  Pulau kakaban dalam bahasa daerah yaitu “memeluk” jadi artinya pulau kakaban ialah “pulau yang memeluk danau”

Untuk menuju pulau kakaban kalian dapat memulai perjalanan dari tanjung bati dengan menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan. Saat kalian menginjakkan kaki di pulau kakaban maka kalian akan di turunkan di dermaga yang terbuat dari kayu dan di sambut dengan tulisan “selamat datang di pulau kakaban” .

Ada satu spot yang unik sekali di pulau kakaban ini yaitu danau kakaban yang mempuyai luas 5 km persegi dengan dinding batu karang yang terjal setinggi 50 meter. Dan hal menarik yang tak boleh kalian klewatkan yitu snorkling atau diving di danau, untuk merasakan snorkling di dasar danau kalian akan di kenakan biaya sekitar 20ribu.

Para wisata akan di sajikan pemandangan yang menarik dan mengagumkan dengan adanya ubur ubur, kalian dapat berenang dengan menyaksikan ubur ubur yang aman serta tidak menyengat. Ada empat jenis ubur ubur yang bisa kalin jumpai disini antara lain Mastigias Papua, Casiopea, Aurelia. Untuk melihat ubur ubur yang lebih banyak lagi, kalian dapat berenang ke tengah lagi, asyik bukan bila berenang serta selfie dengan ubur ubur ? namunada beberapa peraturan yang kalian harus taati yaitu tidak boleh menggunakan fin atau membawa ubur ubur.

Danau kakaban ialah air yang terperangkap di pulai kakaban, dengan ditambahi air dalam tanah dan dan air hujan sejak jutaan tahun lalu. Sering berjalannya waktu maka air di danau ini lebih tawar di bandingkan air yang di laut.