Tips Menghemat Kuota Data Smartphone Anda

132

Tips-Menghemat-Kuota-Data-Smartphone-Anda

Hariannusantara.comKehabisan paket data di saat yang tidak tepat tentu merupakan sesuatu yang sangat menyebalkan. Banyak pengguna mengatakan bahwa smartphone tanpa paket data ibarat hidup yang kurang sempurna. Kebutuhan akan paket data sekarang ini memang sangat diperlukan, bahkan paket data yang hampir habis bisa menjadi momok yang menyebalkan bagi para pengguna.

Salah satu yang menjadi penyebab adalah borosnya pengguna terhadap paket data. Agar tidak terlalu boros, maka paket data harus dihemat agar tidak cepat habis. Berikut ini tips-tips agar pengguna bisa menghemat kuota data pada smartphone.

Menggunakan browser yang dapat mengkompres data – Sekarang ini banyak platform android berlomba-lomba untuk mengembangkan komperesi. Browser yang memiliki tingkat kompresi yang bagus akan lebih menghemat kuota data. Pengguna dapat memilih rekomendasi browser seperti Opera Max dan UC Browser. Selain dapat me-redice penggunaan data, kedua browser tersebut juga dapat mempercepat unduhan.

Gunakan Wi-Fi jika tersedia – Bagi pengguna yang sering melakukan aktifitas di lingkungan kampus maupun kantor, pastinya menemukan jaringan wifi yang disediakan. Cobalah untuk melakukan login ke Wi-Fi yang tersedia tersebut guna mengurangi penggunaan data seluler.

Menonton video berkualitas rendah – Bagi yang sering streaming video di platform YouTube, pengguna dapat memilih opsi ‘Quality’. Pilih resolusi standar yakni 240 piksel agar kuota data  tidak terlalu boros, karena semakin besar kualitas video maka semakin boros juga penggunaan data. Selain itu, Instagram juga mereupakan aplikasi penyedot kuota yang boros, jangan menonton video di Instagram jika memang tidak diperlukan.

Atur batas penggunaan data – Fitur pengatur batas penggunaan data memungkinkan pengguna untuk tidak berboros. Fitur ini bisa diaktifkan pada panel setting lalu pilih set mobile data limit. Atur berapa ukuran data yang ingin dibatasi.