Mengenali Bahan Pakaian dengan Baik

366
Ilustrasi Bahan Pakaian sumber rinso.co.id
Ilustrasi Bahan Pakaian sumber rinso.co.id

Hariannusantara.com – Sebelum membeli baju, ada baiknya untuk mengenali bahan-bahan apa saja yang bagus. Jangan sembarangan dalam membeli baju, misalnya saja modelnya bagus namun bahan yang di gunakan tidak bagus.

Bahkan ada baju yang di jual murah namun bahan-bahannya sangat tidak nyaman bila di pakai. Apalagi bagi para ladies ladies yang gemar berbelanja online,  sebaiknya di kenali bahan-bahan dahulu agar tidak tertipu. Setiap pakaian pun memiliki bahan –bahan yang berbeda menyesuaikan kegunaannya msialnya saja pakaian bayi harus menggunakan bahan bahan yang halus agar si bayi pun juga nyaman. Yuk mulai mengenali bahan bahannya :

  1. Kain katun (cotton)

Kain katun biasannya banyak di gunakan untuk bahan seragam karena bahannya yang menyerap keringat, kain katun terbuat 100% dari kapas. Terdapat jenis kain yang mirip dengan kain katun yaitu kain PE, cara membedakannya yaitu dengan  kain katun dibakar maka baunya seperti kertas atau kayu dibakar dan akan menjadi abu. Keunggulan dari kain katun ialah Tidak kisut apabila dicuci,  Tidak luntur untuk bahan berwarna,  Mudah disablon, Menyerap keringat dan Tidak berbulu. Kain katun pun dibedakan menjadi dua macam yaitu combed dan carded. Katun combed memiliki serat yang lebih halus dan dingin sedangkan katun carded memiliki serat yang lebih kasar dan kaku.

  1. Chiffon

Kain ini memliki bahan yang yang terkadang agak panas, namun chiffon memberikan tampilan sensasi menawan bagi si pemakainya. Chiffon terbuat dari sutra katun rayon atau serat sintetis.

  1. Akrilit

Akrilit biasanya di gunakan untuk membuat kemeja, dan di kombinasikan dengan rompi berbahan light weight wools.

  1. Denim

Semua pasti sudah kenal dengan bahan yang satu ini, denim merupakan jeans. Semakin gelap warnanya, semakin mudah mencari padanannya. Selain itu juga denim yang berwarna gelap akan terlihat lebih rapi dan formal daripada yang terang dan belel. Bahan jeans ini di gunakan mulai dari atasan, bawaha, tas, sepatu dan masih banyak lainnya.

  1. Aston

Bahan ini agal licin, serta biasanya di gunakan untuk bahan pembuatan jas.