Penyebab Gula Darah Tinggi yang Harus Kamu Ketahui

315
Penyebab Gula Darah Tinggi
Penyebab Gula Darah Tinggi

Hariannusantara.com – Penyakit gula darah atau lebih sering dikenal dengan diabetes merupakan penyakit ketiga mematikan.

Diabetes merupakan cikal bakal dari penyakit jantung dan stroke yang berujung pada kematian, diabetes bisa menyerang siapa saja. Nah, maka dari itu menjaga kadar gula darah normal sangat lah penting, bukan hanya kewajiban para penderita diabetes namun siapapun yang ingin menjaga kesehatannya. Yuk mulai sekarang mengenali penyebab dari penyakit mematikan ini, agar kita semua lebih waspada dan menajaga kesehatan sejak dini agar tidak terjangkit diabetes. Yuk cek ulasan berikut :

  1. Pola makan yang tak sehat

Pola makan yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab penyakit gula darah, di jaman serba modern seperti saat sekarang banyak orang yang mengabaikan pola makan mereka. Misalnya mengkonsumsi makanan yang berlebihan, mengandung kadar lemak dan kalori yang berlebih.

Apabila hal tersebut di lakukan secara terus menerus dan tidak di imbangi  sekresi insulin dalam jumlah yang cukup memadai akan menjadi penyebab penyakit gula darah karena bisa membuat kadar gula dalam darah meningkat dan pastinya sumber utama penyebab penyakit gula darah. Misalnya saja mengkonsumsi junk food, fast food, suka ngemil, mengkonsumsi the manis berlebihan dan soft drink.

  1. Melewatkan sarapan

Penyebab selanjutnya ialah melewatkan sarapan, hal tersebut tidak sembarangan loh dan di lakukan beberapa penelitian. Karena jika melewatkan sarapan maka insulin dan kadar gula darah tinggi setelah makan siang beberapa jam kemudian, daripada ketika mereka sarapan.

  1. Obesitas

Obesitas atau kegemukan badan yang berlebihan, orang yang memiliki berat badan lebih dari 90 kg maka akan beresiko untuk terjangkit penyakit gula darah tinggi.

  1. Pemanis buatan

Mengkonsumsi pemanis buatan salah satu pendorong untuk terjangkit penyakit gula darah, karena menurut penelitian mengkonsumsi pemanis buatan dalam jangka panjang akan mempermudah seseorang untuk terserang penyakit gula darah tinggi.

  1. Faktor gen

Selain penyebab-penyebab diatas, faktor genetis juga dapat menyebabkan penyakit gula darah. Gen penyakit gula darah akan di bawa oleh anak jika orang tuanya mengidap penyakit terseb ut. Pewarisan penyakit ini memungkinkan untuk terjadi pada generasi berikutnya misalnya saja cucunya atau yang lain.

  1. Merokok

Bahaya merokok sudah sangat jelas sekali bagi kesehatan tubuh, salah satunya ialah dapat menyebabkan penyakit diabetes. Semakin banyak nikotin yang terpapar dalam tubuh maka akan semakin meningkat ukuran kontrol gula darah.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur juga salah satu penyebab dari penyakit gula darah, kurangnya intensitas tidur merupakan salah satu stress kronispada tubuh dan setiap anda stress maka kadar gula darah anda akan menambah.

  1. Bahan-bahan kimia & obat-obatan

bahan-bahan kimia dapat merusakkan sel-sel pada pankreas sehingga dapat menyebabkan radang pada pankreas, hal ini menyebabkan funsi pankreas untuk metabolisme dalam tubuh menurun, termasuk insulin. Kerusakan sel – sel pada pankreas merupakan akar dari penyebab penyakit gula darah.