Bingung Liburan Kemana? Ada Festival Minangkabau Di Ancol Awal Mei Ini!

121
Bingung-Liburan-Kemana-Ada-Festival-Minangkabau-Di-Ancol-Awal-Mei-Ini!
Festival Minangkabau

Hariannusantara.comPada 10-13 Mei mendatang Taman Impian Jaya Ancol bakal menyelenggarakan festival kebudayaan yang diadaptasi dar daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Acara yang akan digelar di Pantai Lagoon ini bertajuk ‘Ancol Kampoeng Minangkabau 2018’.

Dikutip dari KompasTravel, Rabu (3/5/2018), Teuku Sahir Syahali selaku Direktur Rekreasi PT Taman Impian Jaya Ancol mengatakan bahwa hadirnya budaya Minangkabau di Ancol bertujuan untuk memperkenalkan salah satu budaya besar yang ada di Nusantara. Tradisi minang sendiri masih belum terlalu diketahui oleh masyarakat Jakarta pada khususnya.

“Kami harapkan hadirnya Kampoeng Minangkabau dapat menjadi salah satu wadah untuk memamerkan dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia khususnya Minang kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya,” ujar Sahir.

Pengunjung bakal disuguhi kebudayaan dan berbagai kesenian khas Minangkabau seperti Tambua Tansa, Makan Bajamba dan Arakan. Selain itu ada pula Permainan Tradisional KIM, Festival 1000 Randai, Rabab Tradisional, tarian tradisional dan Salawat Dulang. Acara tersebut juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari para musisi daerah Minang seperti Kintani (Penyanyi dari Padang), Youtuber Minang (YTM) dan Dayukoto (Rapper Minang).

Pada gelaran yang akan diselenggarakan selama empat hari berturut-turut tersebut, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Minangkabau yang terkenal pedas karena menggunakan beragam jenis rempah dan juga bumbu khas. Diantara makanan yang akan hadir yaitu sate daguang-nguang, itiak lado hijau, nasi kapua dan tentu saja rendang.

Selain makanan berat, ada pula berbagai jenis jajanan khas Minangkabau yang juga bisa pengujung temukan disana seperti bika amak, lontong kapua, martabak hayuda dan es tebak. Pengunjung juga jangan sampai kelewatan untuk mencicipi Teh Talua (Teh Telor), salah satu kuliner yang cukup menarik untuk dicoba. Minuma khas Minangkabau ini terbuat dari kuning telur yang ditambahkan gula kemudian dikocok secara bersamaan hingga mengembang, kemudian ditambahkan air teh yang berwarna pekat. Di samping berbagai jenis pertunjukan kesenian serta makanan, festival ini juga akan menampilkan Parade Kocok Teh Talua.

Sebelum Ancol Kampoeng Minangkabau 2018, sudah terlebih dahulu diselenggarakan Ancol Ogoh-ogoh Festival yang mengadopsi kebudayaan Bali. Dua festival tersebut memang merupakan konten dari tema yang diusung Ancol dari awal tahun, yaitu Pesona Indonesiaku. Untuk menyambut HUT Jakarta dan juga perhelatan Asian Games 2018, beberapa festival lain seperti Festival Kebudayaan Betawi, Festival Kuliner Nusantara dan Asian Festival akan segera diadakan.

Loading...