WhatsApp Akan Hang Setelah Buka Pesan Ini?

91

Hati-Hati,-Ternyata-Kebiasaan-Anda-Bisa-Diintip-Seseorang-Lewat-WhatsApp!

Hariannusantara.comPernah mendapatkan pesan berantai di WhatsApp? Jika iya, maka pengguna harus lebih berhati-hati. Beberapa waktu yang lalu, sempat heboh laporan yang menyebutkan jika banyak pengguna WhatsApp yang mengeluhkan jiksa smartphone miliknya mengalami hang setelah membuka sebuah pesan berantai di WA yang diterimanya.

Pesan yang dimaksud berisi titik hitam besar dengan tulisan ‘Don’t touch here‘. Awalnya banyak pengguna yang mengira jika pesan tersebut merupakan hoax, namun tak sedikit yang penasaran dan membuktikan keaslian pesan tersebut.

Dilansir Androidterritory via Brilio.net, Minggu (13/5/2018), pesan berantai tersebut sebenarnya mempresntasikan karakter dalam format kode pemrograan ASCIL. Dengan begitu, dalam pesan tersebut sebenarnya tersimpan ribuan karakter yang terdiri dari simbol, angka, dan juga huruf. Namun ternyata, semua kode tersebut bisa membebani kinerja dari WhatsApp.

ASCIL sendiri merupakan singkatan dari American Standart Code for Information Interchange. Aplikasi WhatsApp sendiri biasanya akan mengatasi pesan panjang dengan memberi embel-mbel ‘read more’. Tujuannya adalah agar smartphone pengguna hanya menampilkan sedikit karakter dalam waktu singkat.

Sedangkan pesan berantai yang dikirim ke aplikasi tersebut membuat WhatsApp ‘dipaksa’ untuk menayangkan ribuan karakter secepat mungkin, sehingga kinerja aplikasi menjadi terganggu dan kemudian akan mengalami crash.

Akan tetapi pengguna yang sudah terlanjur menekan tombol tersebut tak perlu terlalu khawatir, sebab hang yang terjadi tak akan berjalan lama. Saat aplikasi WhatsApp tertutup dengan sendirinya, pengguna hanya perlu menunggu sebentar kemudian bisa membukanya kembali. Uniknya, efek pesan berantai tersebut tak akan berlaku bagi pengguna instant messenger di iOS dan yang mengakses WhatsApp melalui komputer.

Loading...