Harian Nusantara

Waspada! Cryptojacking Hantui Ponsel Pintar

Informasi 67 View

Waspada!-Cryptojacking-Hantui-Ponsel-Pintar

Hariannusantara.com – Peringatan untuk pengguna Android. Apabila ponsel pintar mulai lelet disertai daya baterai yang cepat habis, maka smartphone Anda mengalami gejala cryptojacking. Ini adalah serangan siber dengan teknik menambang kripto yang memanfaatkan sumber daya orang lain secara diam-diam. Jenis serangan siber ini perlahan mulai bergeser dari ransomware ke cryptojacking. Pelaku penyebar cryptojacking, atau biasa disebut cryptojackers, menggunakan metode ini untuk menyerang Android dengan tujuan meraup untung.

Mengutip situs Business Insider, Senin (3/8/2018), menambang mata uang digital atau cryptocurrencies pada dasarnya hanya melakukan transaksi secara digital. Namun, perbedaannya ada pada penyelesaian masalah menggunakan perangkat keras atau hardware sebagai imbalannya. Para hacker atau penjahat dunia maya ini telah menemukan cara paling murah untuk menambang, yaitu membajak Android.

Satu smartphone saja tidak memiliki kekuatan untuk proses penambangan. Beda halnya jika menggunakan banyak smartphone dan digunakan secara bersamaan. Dengan ide ini maka cryptojackers semakin merajalela, bahkan hingga saat ini. Untuk proses, hacker memancing korban untuk download aplikasi yang tampaknya tidak berbahaya, namun sebenarnya akan menjadi malware tambang pada perangkat korban.

Baca juga:
– Deretan Smartphone Harga 1 Jutaan Terbaru 2018
– Luna, Smartphone Foxconn Serasa iPhone X

Alasan Android lebih rentan terkena cryptojacking, karena iOS melatih lebih ketat aplikasi yang diizinkan dan berada di App Store. Pada Juni lalu, Apple menambahkan pedoman pelarangan penggunaan perangkat untuk tambang kripto. Kabarnya Google juga mulai melarang penggunaan perangkat untuk aktivitas tambang. Para ahli keamanan siber mengingatkan untuk hanya install aplikasi yang berasal dari official platform yaitu Google Playstore maupun App Store dari Apple.

Loading...
Copyright 2016 - 2018