Harian Nusantara

Pemkot Malang Bakal tetapkan 3 Pohon Ini Sebagai Warisan Budaya

Wisata & Kuliner 46 View

Pemkot-Malang-Bakal-tetapkan-3-Pohon-Ini-Sebagai-Warisan-Budaya

Hariannusantara.comPohon berusia tua dikabarkan akan dijadikan sebagai bagian dari warisan budaya (heritage) oleh Pemerintah Kota Malang. Ada tiga jenis pohon tua yang rencananya akan ditetapkan sebagai heritage, yakni pohon trembesi (Samanea saman), pohon beringin (Ficus benjamina) dan pohon kenari (Canarium). Menurut penuturan Sutiaji selaku plt Walikota Malang, pendataan terhadap tiga jenis pohon yang berusia tua tersebut masih dilakukan oleh pihaknya.

“Kemarin sudah didata bahwa di sini punya pohon heritage,” ungkap Sutiaji.

Kota Malang diketahui juga memiliki pohon kenari yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Itu juga menjadi salah satu pertimbangan lain, selain karena usianya yang sudah tua. Di kota dingin ini, terdapat setidaknya 145 pohon kenari yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Pohon-pohon tersebut tersebar di daerah jalan Diponegoro.

“Kalau kenari kita sudah. Jumlahnya melebihi dari kota-kota yang lain. Trembesi kita sudah lebih dari 100 tahun usianya. Begitu juga dengan beringin,” katanya.

Sedangkan untuk pohon trembesi yang sudah berusia tua, tersebar di sepanjang Alun-alun Tugu, Kota Malang, misalnya di depan Hotel Tugu dan juga gedung DPRD Kota Malang. Sedangkan pohon yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ada di Alun-alun Merdeka Kota Malang.

“(Pohon-pohon di kota) Malang punya keunikan dibanding kota selain Malang,” ungkap Sutiaji.

Baca juga:
– Tempat Berikut Jadi Alternatif Wisata Raja Ampat Versi Murah, Di Malang Juga Ada Lho!
– Kampung Warna Warni ‘Jodipan Malang’ Wisata Alternatif Di Libur Akhir Pekan

Menurut rencana, Sutiaji akan mendata pohon tersebut untuk kemudian ditetapkansebagai warisan budaya. Harapan ke depan, pohon yang sudah ditetapkan sebagai heritage tersebut bakal menambah minat wisatawan untuk berkunjung  ke Kota Malang.

Loading...
Copyright 2016 - 2018