Harian Nusantara

Back to Nature, Kunjungi Salah Satu dari 5 Wisata Hutan Pinus di Indonesia Ini!

Wisata & Kuliner 128 View

Hutan-Pinus-Dlingo,-D.I-Yogyakarta

Hariannusantara.comWisata hutan pinus nampaknya sedang banyak digemari oleh para wisatawan di Indonesia. Pengelola yang sebagian besar merupakan hasil kolaborasi antara perhutani dengan masyarakat sekitar juga mulai berbondong-bondong memperbaiki dan menciptakan berbagai pernak pernik menarik untuk menarik perhatian pengunjung. Selain bisa menikmati udara sejuk, pengunjung diharapkan juga akan terpuaskan dengan beberapa spot foto yang menarik. Karena memang tengah naik daun, pengembangan wisata hutan pinus hadir di beberapa daerah.

Di mana saja Anda bisa menikmati wisata hutan pinus tersebut? Ini 5 diantaranya:

  1. Hutan Pinus Dlingo, D.I Yogyakarta

Hutan-Pinus-Dlingo,-D.I-Yogyakarta

Hutan Pinus Dlingo merupakan salah satu lokasi wisata hutan pinus yang bayak diburu oleh para wisatawan. Anda bisa merasakan hawa sejuk dan segar saat berkunjung ke hutan pinus yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini. Pengunjung yang datang akan disambut oleh pemandangan pohon pinus yang menjulang tinggi serta berjajar rapi. Lokasi tak berbayar ini kerap dijadikan tempat foto pre-wedding oleh para pasangan calon pengantin. Saat masuk ke Hutan Pinus Dlingo, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir tanpa harus membayar tiket masuk.

  1. Hutan Pinus Pasir Langlang, Purwakarta

Hutan-Pinus-Pasir-Langlang,-Purwakarta

Wisata hutan pinus selanjutnya ada di daerah selatan Purwakarta, tepatnya di Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Seperti hutan pinus kebanyakan, setelah tiba di lokasi wisata tersebut, Anda disambut dengan deretan pohon pinus dan udara yang sejuk. Para wisatawan yang masuk ke daerah wisata akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000 per orang. Selain udara sejuk, Hutan Pinus Pasir Langlang juga memiliki area camping yang dibanderol biaya sebesar Rp 10.000. Jika Anda ingin merasakan sensasi camping dengan paket lengkap (sewa pemandu, tenda, satu set alat musik, matras, serta sleeping bag) akan dikenakan biaya sebesar Rp 330.000. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sekitar hutan pinus tersebut dari atas hammock. Anda bisa berfoto di hammock tersebut dengan cukup membayar sebesar Rp 15.000.

  1. Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor

Hutan-Pinus-Gunung-Pancar,-Bogor

Hutan Pinus Gunung Pancar terletak di Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Tiket yang harus dibayar oleh pengunjung untuk bisa masuk ke hutan pinus yang ada di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar ini sebesar Rp 5.000 per orang pada hari kerja dan Rp 7.500 per orang pada hari libur nasional atau akhir pekan. Suasana sejuk serta deretan pohon pinus menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang hadir. Selain itu, tempat ini memiliki cafe di tengah hutan pinus yang begitu tenang serta nyaman. Hutan Pinus Gunung Pancar juga memiliki tempat camping. Terdapat beberapa paket untuk camping tersebut, antara lain paket camping sekolah, camping perusahaan, paket camping rombongan dan paket camping individu.

  1. Hutan Pinus “Top Selfie”, Magelang

Hutan-Pinus-“Top-Selfie”,-Magelang

Hutan Pinus “Top Selfie” terletak di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di hutan pinus yang hanya berjarak 5 kilometer dari Ketep Pass ini, pengunjung akan melihat hutan pinus yang seakan-akan terbagi menjadi dua karena di tengah-tengah hutan pinus ini terdapat jalan beton menuju Desa Kragilan. Di sana pengunjung bisa menikmati berbagai spot selfie yang begitu menarik, seperti rumah panggung, ayunan dan juga hammock. Kragilan Top Selfie juga disebut-sebut hampir sama dengan hutan yang ada di Pulau Nami, Korea. Asiknya, pengunjung yang masuk ke daerah wisata ini tak ada biaya masuk dan hanya dikenai biaya parkir.

  1. Hutan Pinus Samparona, Sulawesi Tenggara

Hutan-Pinus-Samparona,-Sulawesi-Tenggara

Hutan Pinus Samparona terletak di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorowolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Tepatnya 15 kilometer dari Kota Baubau. Wisatawan akan disuguhi rndangnya pohon pinus yang menjulang tinggi. Pengelola lokasi tersebut juga telah menyediakan beberapa spot foto, misalnya jalur yang dihiasi dengan gantungan payung yang berjajar rapi. Selain itu juga ada rumah pohon serta lokasi foto panggung yang berbentuk love. Selain dapat berfoto sepuasnya, wisatawan juga bisa menikmati beberapa area permainan, seperti sepeda melayang, flying fox, arena panahan, tembak sasaran serta pointball. Tempat wisata ini hanya membandrol tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Baca juga:
– Menjelajahi Indahnya Hutan Pinus Wonoasri Yang Menyuguhkan Pesona Lereng Lawu Selatan
– 5 Tempat Prewedding Sekaligus Wisata Di Bogor Ini Wajib Kamu Coba!

Itulah kelima lokasi Hutan Pinus yang ada di Indonesia. Anda yang ingin berwisata alam bisa mengunjungi salah satu dari hutan pinus yang sudah disebutkan tersebut. Selamat berlibur!

Loading...
Copyright 2016 - 2018