Harian Nusantara

5 Kuliner Wajib Coba Pasca Asian Games 2018 Di Palembang

Wisata & Kuliner 31 View

5-Kuliner-Wajib-Coba-Pasca-Asian-Games-2018-Di-Palembang-Pempek

Hariannusantara.comPerhelatan Asian Games 2018 tak hanya berpusat di Jakarta. Salah satu daerah yang menjadi lokasi berlangsungnya pesta olahraga Asia tersebut yaitu Palembang. Meski sudah usai, namun euforia masyarakat masih terasa hingga saat ini.

Bagi yang belum bisa move on nonton Asian games di palembang, berikut 5 kuliner khas Palembang yang wajib Anda cicipi saat berada di kota ini:

  1. Pempek

Salah satu makanan khas Palembang yang sudah sangat dikenal yaitu Pempek. Masyarakat Palembang menganggap pempek sebagai makanan wajib, bahkan bisa menyantapnya saat sarapan. Terdapat aneka jenis pempek, seperti kapal selam, lenjer, kulit, dan juga adaan. Pempek sendiri bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti digoreng, dipanggang hingga direbus. Jika di Jakarta pempek dihadirkan dengan ketimun dan kadang ditambah dengan mie, berbeda jika Anda menyantapnya di Palembang. Di kota asalnya, pempek disajikan dengan cara direbus tanpa ketimun.

  1. Martabak HAR

Martabak Haji Abdul Razak atau yang lebih dikenal dengan Martabak HAR 777 ini juga merupakan makanan khas yang menjadi andalan Palembang. Martabak ini terbuat dari adonan yang dicampur dengan telur bebek. Agak berbeda dengan martabak lainnya. Setelah matang, martabak yang sebelumnya sudah dipotong kemudian dicocolkan ke kuah kari.

  1. Mi Celor

Makanan khas Palembang selanjutnya yaitu Mi Celor. Hidangan yang berisi mie kuning yang bentuknya seperti spagheti ini juga dilengkapi dengan irisan telur, tauge serta kuah kaldu udang. Mi Celor juga menjadi hidangan wajib bagi masyarakat Palembang, terlebih saat liburan tiba.

  1. Pindang Patin

Pindang Patin merupakan hidangan ikan patin yang dilengkapi dengan kuah segar, irisan nanas, daun kemangi, cabai serta daun bawang. Di Palembang, Anda bisa menemukan makanan khas melayu ini di beberapa tempat. Masing-masing memiliki kelebihan dan jika ditanya soal rasa, itu tergantung dengan selera penikmatnya. Dua diantara banyak rumah makan yang menjual Pindang Ikan ini yaitu Rumah Makan Sri Melayu yang ada di jalan Demang Lebar Daun dan Rumah Makan Pindang Musi Rawas yang berlokasi di Jalan Angkatan 45 No.18.

  1. Tekwan

Selain Pempek, Palembang juga memiliki Tekwan sebagai makanan ikonik. Makanan yang berbahan dasar daging ikan dan sagu ini wajib banget dijajal oleh wisatawan yang berkunjung ke Palembang. Tekwan biasanya disajikan dengan kuah udang yang juga dilengkapi dengan timun, jamur, dan bihun.

Baca juga:
– Incip Legitnya Kue Lompong, Kuliner Khas Kutoarjo
– Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo Yang Lezatnya Bikin Ketagihan

Menjadi kenikmatan tersendiri ketika menyantap makanan-makanan tersebut di tempat aslinya. Namun bagi yang tidak sempat ke Palembang, beberapa warung atau restoran di Jakarta juga banyak yang menjual kuliner khas Palembang, khususnya untuk pempek.

Loading...
Copyright 2016 - 2018