Harian Nusantara

PSSI Himbau Suporter Bola Hentikan Pertikaian Berkepanjangan

Olah Raga 62 View

PSSI-Himbau-Suporter-Bola-Hentikan-Pertikaian-Berkepanjangan

Hariannusantara.comDunia Sepak Bola Indonesia kembali berduka. Pertandingan antara Persib dan Persija yang berlangsung pada hari Minggu (23/9/2018) lalu telah menelan 1 korban tewas. Haringga Sirila, salah seorang suporter Persija Jakarta dinyatakan telah meningga dunia akibat dikeroyok sebelum laga Persib vs Persija berlangsung. Kejadian tersebut terjadi di halaman parkir Stadion Bandung Lautan Api (GBLA).

Fary Djemi Francis selaku Ketua Departemen Sport Intelegent PSSI turut berduka cita atas insiden tersebut. Ucapan tersebut ditujukan kepada keluarga dari korban. Kejadian negatif ini tentunya dilakukan oleh oknum suporter yang brutal dan tidak bertanggungjawab.

“Dalam kesempatan ini, saya juga menyayangkan sekaligus mengecam keras aksi brutal yang dilalukan oknum suporter, “tegas Fary, dikutip dari Kompas.com, Senin (24/9/2018).

Fary melanjutkan, kekerasan tersebut merupakan perilaku yang tak terpuji dan tak manusiawi serta jauh dari nilai-nilai budaya yang dipegang Bangsa Indonesia. Ketua Komisi V DPR RI ini juga menuntut pihak kepolisian untuk menjatuhkan hukuman setimpal kepada para pelaku pengeroyokan tersebut.

Kejadian ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Bahkan selain suporter dari dua klub tersebut, masyarakat sekitar pun ada yang pernah menjadi korban. Oleh karena itu, Fary menghimbau kepada para suporter yang sering terlibat pertikaian untuk menahan diri dan mengakhiri konflik yang terjadi. Menurutnya, kedua belah pihak harus sama-sama memiliki tekad untuk mau berdamai agar korban tak lagi berjatuhan.

Fary juga mengatakan jika sepak bola seharusnya bisa menjadi alat pemersatu Bangsa bukan sebagai pemecah belah. Iajuga menambahkan jika atmosfer sepakbola di Indonesia sebenarnya adalah yang terbaik se Asia Tenggra bahkan Asia.

“Jangan sampai animo masyarakat yang tinggi terhadap sepak bola ternoda oleh para oknum yang jauh dari nilai-nilai fairplay dan mengarah ke aksi kriminal,” kata Fary.

Baca juga:
– Mengenal Sosok Haringga Sirila, Jakmania Yang Tewas Dikeroyok Suporter Persib Bandung
– PSSI Resmi Jatuhkan Sanksi Untuk Persib Bandung

“Mari kita tingkatkan kualitas sepakbola kita. Baik dari segi prestasi, maupun kedewasaan dalam menonton di stadion. Potret sepakbola kita saat ini kian hari semakin diminati warga dunia. Hal ini nampak dari sejumlah pemain bintang yang bersedia merumput di Liga Indonesia. Citra ini lah yang harus kita jaga,” tambahnya.

Loading...
Tags
Copyright 2016 - 2018