Harian Nusantara

Menengok Meriahnya Festival Lawang Kota Tua Malang

Wisata & Kuliner 67 View

Menengok-Meriahnya-Festival-Lawang-Kota-Tua-Malang

Hariannusantara.comKamis (27/9/2018) lalu, pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur mulai menggelar Festival Lawang Kota Tua. Acara yang berlangsung selama tiga hari hingga Sabtu (29/9/2018) tersebut diselenggarakan di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Festival ini bertujuan untuk mengembalikan kejayaan Lawang sebagai kota yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Singasari yang berpusat di tanah Tumapel. Tanah Tumapel sendiri merupakan daerah yang sekarang dikenal sebagai Malang.

Jika ditilik dari letak georafisnya, Lawang terletak di Kabupaten Malang yang ada di sisi paling utara, berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan. Sesuai dengan nama yang disandangnya, Lawang (pintu) merupakan pintu masuk menuju Malang Raya dari arah Surabaya.

“Lawang ini memang kota tua. Di sini sudah banyak peninggalan-peninggalan di zaman penjajahan yang masih terawat. Tapi bukan itu yang kita menamakan kota tua. Sejak zaman Kerajaan Singasari, Lawang ini sudah ada. Ada Pameling, ada Kalisura dan sebagainya itu adalah bukti-bukti di mana di dalam sejarah itu sudah ada,” kata Bupati Malang, Rendra Kresna.

Saat ini, Lawang sudah menjadi salah satu daerah di Malang yang memiliki aktivitas 24 jam. Jadi tidak sulit bagi siapapun untuk menemukan kuliner di Malang meskipun sudah tengah malam.  Festival Lawang Kota Tua sendiri ternyata baru pertama kali diselenggarakan. Meski begitu, diharapkan hajatan ini bisa dilakukan setiap tahun dan akan menjadi langkah awal membangun Lawang sebagai Kota Tua.

“Pertama untuk menjadikan Lawang ini sebagai salah satu destinasi wisata. Kedua untuk memberikan rasa bangga sebagai rakyat Lawang untuk berkontribusi atas maju dan berkembangnya kepariwisataan nasional,” jelasnya.

Baca juga:
– Festival Hari Yoga Internasional 2018 Digelar Di Candi Prambanan Juni Mendatang
– Bingung Liburan Kemana? Ada Festival Minangkabau Di Ancol Awal Mei Ini!

Tarmudzi selaku Ketua Panitia Festival Lawang Kota Tua, mengatakan jika acara tesebut dimeriahkan oleh 250 stand. 60 stand merupakan kuliner Lawang sebagai kota tua dan sisanya merupakan stand yang menyediakan kuliner yang sedang hits jaman sekarang.

Loading...
Copyright 2016 - 2018