Terungkap! Jurnalis Arab, Jamal Khashoggi Dibunuh Dan Dimutilasi

Putra Mahkota Saudi Pancing Khashoggi Pulang dan Ditahan

Putra Mahkota Saudi Pancing Khashoggi Pulang dan Ditahan

Hariannusantara.comKasus hilangnya salah satu jurnalis asal Arab, Jamal Khashoggi, di Konsulat Arab yang berada di Istanbul, Turki, sampai saat ini masih menjadi misteri. Semenjak dinyatakan hilang dua pekan lalu, sampai saat ini belum ada kabar pasti tentang keberadaan Khashoggi. Bahkan muncul dugaan bahwa Khashoggi yang memasuki gedung Konsulat untuk mengurus pernikahannya itu diduga dimutilasi setelah dibunuh oleh oknum yang tak diketahui identitasnya.

Hal itu diungkapkan oleh seorang pejabat Turki kepada CNN dan Al Jazeera, Selasa (16/10/2018). Pejabat Turki, yang tidak disebutkan namanya itu, mengatakan Khashoggi dibunuh di dalam konsulat pada 2 Oktober 2018, setelah tiba di konsulat untuk mengurus surat pernikahan. Pejabat tersebut mengatakan kepada Al Jazeera bahwa, pembunuhan Khashoggi berlangsung selama tujuh menit, dan ahli forensik Arab Saudi, Saleh al-Tubaiqi, memotong-motong tubuh Khashoggi. Ia juga meminta rekan-rekannya untuk mendengarkan musik ketika dia melakukan mutilasi.

Sebelumnya, otoritas Turki menyatakan 15 warga Arab Saudi terbang ke Istanbul untuk membunuh Khashoggi, pada 2 Oktober 2018.  Salah satu pemindaian paspor di imigrasi menunjukkan dimiliki oleh Salah Muhammad al-Tubaiqi, terdaftar sebagai kepala kedokteran forensik di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi. Diduga sebuah misi untuk menculik dan menginterogasi Khashoggi di Istanbul ditugaskan oleh seorang perwira tinggi bersama lembaga intelijen Arab Saudi, kata tiga orang sumber yang akrab dengan kasus tersebut kepada CNN.

Baca juga:
– Trump Pastikan Sanksi Berat Jika Dugaan Khashoggi Dibunuh Benar Terjadi
– Presiden Turki Pastikan Bakal Usut Kasus Hilangnya Khashoggi

Loading...

Salah seorang sumber menyebutkan bahwa para petugas yang terlibat dekat dengan lingkaran Putra Mahkota Muhammad bin Salman.  Pihak kepolisian Turki telah melakukan penggeledahan konsulat Arab Saudi selama sembilan jam, pada Senin malam. Otoritas Turki juga mengatakan ada rekaman video dan audio yang membuktikan bahwa Khashoggi dibunuh di dalam konsulat. Sementara kerajaan Arab Saudi telah membantah terlibat dalam pembunuh tersebut.