Ini Penyebab Puting Terasa Nyeri Pasca Menstruasi

Ini Penyebab Puting Terasa Nyeri Pasca Menstruasi

Ini Penyebab Puting Terasa Nyeri Pasca Menstruasi

Hariannusantara.comMenstruasi memang menjadi siklus bulanan yang pasti dialami oleh setiap wanita. Datangnya masa mentruasi sendiri biasanya juga dibarengi dengan beberapa hal seperti punggung terasa berat hingga nyeri di bagian puting. Lantas apa sebenarnya penyebab puting terasa nyeri saat menstruasi atau pasca menstruasi?

1. Alergi

Alergi biasanya ditandai dengan munculnya ruam pada kulit, yang diiringi dengan gatal-gatal. Namun beberapa produk perawatan tubuh dapat memicu reaksi alergi juga. Reaksi alergi ini dapat menyebab puting iritasi, hingga menimbulkan rasa nyeri. Beberapa produk yang bisa meyebabkan alergi dan nyeri puting antara lain deterjen, sabun mandi, parfum dan lotion.

2. Infeksi

Loading...

Puting juga bisa terasa nyeri karena infeksi. Infeksi disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari gesekan dengan pakaian, digaruk saat gatal, atau bahkan karena menyusui.

3. Rangsangan seksual

Rangsangan seksual yang berlebihan tak bikin sentuhan di area puting menjadi nikmat. Sebaliknya, justru rasa nyeri yang didapat. Hal ini terjadi karena kondisi puting yang ekstra sensitif, menyebabkannya lebih mudah merasa sakit.

4. Gesekan

Gesekan antara puting dengan bra dapat terjadi ketika ukuran bra tidak sesuai dengan ukuran payudara. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, yang akhirnya membuat puting nyeri.

Baca juga:
– H&M Produksi Bra Khusus Untuk Penderita Kanker Payudara
– Buah Alpukat Punya Manfaat Ajaib Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Setelah mengetahui beberapa penyebab puting terasa nyeri tersebut sebaiknya Anda tak perlu lagi merasa cemas. Pasalnya memang nyeri pada bagian puting payudara ini disebabkan karena beberapa faktor. Meski biasanya nyeri bagian puting identik dengan kanker, namun bagi wanita pasca menstruasi tak perlu cemas akan hal ini.