Harian Nusantara

Gambar Struktur Bunga

Gambar 32 View

Bunga memiliki fungsi reproduksi tanaman. Sebagai bagian reproduksi dari karakteristik tanaman berbunga . Dalam hal struktur botani, bunga adalah jenis cabang khusus yang memfasilitasi penyerbukan silang (kombinasi serbuk sari dan benang sari dari tanaman bunga yang berbeda) atau memungkinkan hibridisasi sendiri (kombinasi serbuk sari dan stigma dari bunga yang sama). Bunga menghasilkan buah dan biji. Banyak bunga telah berevolusi untuk menarik perhatian hewan, dengan tujuan agar hewan membantu penyerbukan atau proses reproduksi.

Struktur bunga yang ideal meliputi: tangkai bunga, daun pelindung, helai kelopak, kelopak bunga (kelopak), benang sari, dan stigma.

Selain fungsi organ reproduksi tanaman berbunga, bunga juga ditanam dan dieksploitasi oleh manusia untuk tanaman hias, perawatan kecantikan dan bahkan digunakan untuk bahan makanan dan obat – obatan .

Bunga terdiri dari empat jenis struktur yang melekat pada bagian atas tangkai. Masing-masing struktur ini diatur dalam sebuah cincin di dasar bunga . Empat cincin utama dari akar (pangkal) bunga atau bagian terendah dan secara bertahap dihitung ke atas adalah:

Kelopak bunga : cincin terluar, terdiri dari komponen yang disebut sepal ; mereka biasanya berwarna hijau dan menutupi sisa bunga saat di kuncup. Namun, sepal ini mungkin tidak ada atau mencolok seperti kelopak bunga di beberapa spesies.

Bunga : Cincin berikutnya di puncak, yang terdiri dari komponen yang disebut kelopak , biasanya tipis, lunak dan mencolok untuk menarik binatang agar membantunya melakukan penyerbukan.

Bagian kedua : terdiri dari komponen yang disebut benang sari. Benang sari bunga terdiri dari dua bagian: tangkai kecil yang disebut benang kedua , di ujung benang kedua adalah antera , di mana serbuk sari diproduksi oleh pembelahan sel mitosis untuk akhirnya menyebar.

Stigma : cincin dalam bunga yang paling dalam, terdiri dari satu atau beberapa unit komponen yang disebut karpel . Ovul atau karpel bergabung menjadi struktur kosong, yang disebut ovarium , di dalamnya menghasilkan ovula. Ovula kantong-kantong besar dan mengubah spora, akan menghasilkan spora yang lebih tinggi melalui meiosis berkembang menjadi gametofit betina. Bagian ini membuat sel telur. Stigma bunga juga dideskripsikan menggunakan istilah alternatif yaitu struktur yang dilihat seseorang di cincin terdalam (termasuk putik, stigma, dan stigma).) disebut putik. Putik dapat terdiri dari satu sel telur atau beberapa karpel. Bagian atas putik disebut stigma, tempat serbuk sari diterima. Tangkai yang mendukung disebut stigma , yang menjadi jalan bagi tabung serbuk sari untuk tumbuh dari butiran serbuk sari yang melekat pada stigma.

Setelah mengetahui penjelasan struktur bunga, berikut ini ada beberapa Gambar Struktur Bunga yang bisa Anda baca agar lebih memahami struktur apa saja yang terdapat pada bunga.

Kumpulan Gambar Struktur Bunga

Loading...
Copyright 2016 - 2019