Harian Nusantara

Pengertian Kop Surat dan Contoh

surat 49 View

Kop surat atau kepala surat merupakan salah satu elemen terpenting dalam sebuah surat resmi. Bagian yang satu ini wajib ada pada sebuah surat resmi. Karena tanpa adanya kop surat pada sebuah surat resmi, maka surat tersebut tidak valid dan memenuhi standar kriteria dalam penulisan surat resmi. Membuat kop surat bisa di bilang mudah karena hanya berisi mengenai data dan informasi dari pengirim surat.

Yang menjadikan penulisan kop surat penting dan wajib di sertakan adalah karena surat tersebut bersifat resmi dan terkadang ada lembaga atau instansi yang tidak akan menerima sebuah surat bilamana surat tersebut tidak di lengkapi dengan kop surat. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap perihal kop surat beserta dengan contoh-contohnya. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Kop Surat

Sebelum membahas lebih detail dan mendalam mengenai kop surat, terlebih dahulu akan kita bedah apa arti atau pengertian dari kop surat. Secara sederhana, kop surat adalah identitas yang otentik dalam sebuah surat resmi. Kop surat terletak di area paling atas dari sebuah surat resmi.

Kop surat memiliku beberapa fungsi yang diantaranya adalah sebagai identitas dari pengirim surat dan juga sebagai penanda formalitas dari surat resmi tersebut. Dengan adanya kop surat, maka penerima surat bisa dengan mudah mengetahui bahwa itu merupakan surat resmi dari sebuah lembaga atau instansi yang identitasnya tertulis dalam kop surat tersebut.

Loading...

Jenis-Jenis Kop Surat

Sebenarnya, kop surat tidak hanya di tunjukan untuk sebuah surat resmi. Hal ini di karenakan kop surat terdiri atas dua jenis yaitu kop surat untuk surat resmi dan kop surat untuk surat tidak resmi. Kop surat untuk surat resmi biasanya terletak diarea atas bagian tengah dengan dilengkapi berbagai identitas serta logo dari lembaga atau instansi yang bersangkutan.

Sedangkan kop surat untuk surat yang tidak resmi tidak memiliki aturan yang khusus dalam penulisan. Letak dari kop surat untuk surat tidak resmi juga bisa dibagian mana saja dalam surat tersebut. Untuk penulisan kop surat untuk surat yang tidak resmi tidak di haruskan mencantumkan logo. Hanya perlu nama atau identitas personal dari orang yang mengirim surat tersebut.

Untuk penulisan kop surat yang baik dan benar seharusnya perlu mencantumkan beberapa hal pokok seperti nama instansi atau lembaga atau juga nama orang, logo perusahaan bila memang ada dan juga alamat yang bersangkutan baik alamat offline atau kantor serta juga alamat online semisal email atau website.

Tata Cara Membuat Kop Surat

Umumnya, kop surat akan dengan mudah dibuat dengan menggunakan software microsoft word. Namun ada juga dan bisa membuat kop surat dengan menggunakan software microsoft excel. Karena itu, kami akan menjelaskan keduanya pada artikel di bawah ini.

1. Cara Membuat Kop Surat di Word

Pertama kami akan menjelaskan bagaimaba cara membuat kop surat dengan menggunakan bantuan software microsoft word. Berikut ini adalah step by step dalam menulis kop surat dengan menggunakan software microsoft word. Simak penjelasan yang ada di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka software microsoft word tersebut dengan cara double klik pada ikon word di desktop ataupun dengan mencarinya melalui tombol search dan tulis keyword microsoft word.
  2. Setelah kamu membuka software microsoft word, tahapan selanjutnya adalah kamu mulai membuat kop surat tersebut.
  3. Klik pada bagian header yang ada di barisan menu atas dari software word tersebut.
  4. Langkah berikutnya adalah kamu tulis nama perusahaan atau instansi atau lembaga atau perseorangan, tulis juga alamat dan hal-hal yang berkaitan dengan kop surat.
  5. Kamu blok semua tulisan tersebut dengan cara klik alt+A dan kemudian kamu klik tombol kombinasi Alt+J untuk membuat paragraf yang rata tengah.
  6. Jika sudah langkah berikutnya adalah kamu klik insert dan klik lagi ikon picture. Kamu cari dan pilih gambar dari logo lembaga yang bersangkutan.
  7. Langkah terakhir adalah kamu buat garis pemisah antara kop surat dengan isi pada surat yang telah kamu buat tersebut.

Nah itulah step by step cara membuat kop surat dengan menggunakan software microsoft word.

2. Cara Membuat Kop Surat di Excel

Yang berikutnya adalah kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat kop surat dengan menggunakan software microsoft excel. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan dalam membuat kop surat dengan menggunakan software microsoft excel. Simak ulasan dari artikel yang ada di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka software microsoft excel tersebut dengan cara double klik pada ikon excel di desktop ataupun dengan mencarinya melalui tombol search dan tulis keyword microsoft excel.
  2. Langkah selanjutnya adalah pilih salah satu worksheet yang tampil pada halaman dokumen baru di dalam software microsoft excel tersebut.
  3. Setelah itu kamu tuliskan pada worksheet tersebut nama dari perusahaan atau lembaga yang bersangkutan beserta dengan hal-hal yang berkaitan dengan penulisan kop surat.
  4. Agar tulisan menjadi rapi, kamu bisa gunakan menu Merge.
  5. Terlebih dahulu kamu pastikan di dalam worksheet tersebut terdapat sel yang kosong guna untuk meletakan gambar logo dari lembaga yang bersangkutan.
  6. Tahapan selanjutnya adalah kamu klik menu insert dan juga klik menu picture. Kemudian kamu cari dan pilih gambar logo perusahaan dan kamu pasang pada sel yang telah kamu sediakan tadi.
  7. Setelah itu kamu buat atau gambar garis di bawah semua tulisan tentang lembaga atau instansi yang bersangkutan tersebut.
  8. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengekspor file excel tersebut menjadi file word dengan cara blok semua dokumen dan kamu copy pastekan di file microsoft word.

Nah itulah langkah demi langkah yang harus kamu lakukan dalam membuat file kop surat dengan menggunakan software microsoft excel.

Contoh Kop Surat

Setelah kamu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kop surat beserta dengan cara membuat kop surat menggunakan software microsoft word dan juga menggunakan software microsoft excel, berikutnya akan kami sajikan beberapa contoh kop surat yang berasal dari berbagai macam jenis lembaga dan instansi. Berikut ini adalah beberapa contoh penulisan kop surat dari berbagai macam lembaga atau instansi. Simak beberapa contoh yang ada di bawah ini.

1. Contoh Kop Surat Sekolah Swasta

Contoh kop surat pertama adalah berasal dari lembaga sekolah swasta. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat sekolah swasta.

Contoh 1.

Yayasan Pendidikan Kebudayaan Humanity

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) HUMANITY

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.smp-humanity.sch.id/, email: smp.humanity@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

Contoh 2.

Yayasan Pendidikan Kebudayaan Sore

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SORE

Jl. Abadi Nusa Harapan Jaya No. 03, Desa Alfaron, Kecamatan Bumbunea, Kabutapen Untalan, Provinsi Sumerla Kode Pos 097947

website: http://www.smp-sore.sch.id/, email: smp.sore@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

2. Contoh Kop Surat Sekolah Negeri

Contoh berikutnya yang akan kami berikan kepada kamu adalah contoh kop surat sekolah negeri. Sekolah negeri sudah pasti akan mengeluarkan surat resmi untuk berbagai keperluan semisal pemberitahuan kepada wali murid dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh kop surat untuk sekolah negeri yang dapat dijadikan referensi saat menulis :

Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI HUMANITY

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.smpn-humanity.sch.id/, email: smpn.humanity@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

3. Contoh Kop Surat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Contoh berikutnya yang akan kami berikan untuk kamu adalah kop surat yang berasal dari lsm atau lembaga swadya masyarakat. Lembaga swadaya masyarakat berperan untuk melayani kepentingan rakyat. Berikut ini adalah contoh kop surat untuk lembaga swadaya masyarakat atau lsm yang bisa dibaca dan dicontoh penulisannya :

Komunitas Masyrakat Fans Real Madrid

Kota Purwokero

Jl. Jendral Soedirman No. 12, Kelurahan Mersi, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas Kode Pos 124745

website: http://www.kmfrd.id/, email: kmfrd@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

4. Contoh Kop Surat Perusahaan

Contoh berikutnya yang akan kami berikan kepada kamu adalah kop surat yang dibuat oleh perusahaan. Terkadang perusahaan memerlukan sebuah surat untuk berbagai kebutuhan semisal menjalin relasi bisnis dengan perusahaan lain atau mengajukan perpanjang masa izin dari perusahaan tersebut dan berbagai keperluan semacamnya. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk sebuah perusahaan.

  1. MAKAR NAMA KAMI

Badan Hukum: 22/HG/6LB/2019/999

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.makarnamakami.id/, email: makarnamakami@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

5. Contoh Kop Surat Universitas

Contoh berikutnya yang akan kami berikan untuk kamu adalah penulisan kop surat untuk lembaga universitas. Universitas merupakan perguruan tinggi yang bisa di bilang sebagai lembaga resmi. Dalam beberapa keadaan universitas kerap membuat surat resmi semisal untuk memberitahukan kepada orang tua dari mahasiswa yang bersangkutan bilamana ada kegiatan-kegiatan yang akan di lakukan oleh kampus atau universitas tersebut. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk universitas yang bisa dijadikan sebagai referensi saat menulis :

KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI

Universitas Negeri Mataram Kidul

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.unmatkil.id/, email: unmatkil@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

6. Contoh Kop Surat Profesional

Contoh kop surat berikutnya adalah kop surat profesional. Ada banyak kop surat profesional, namun pada artikel kali ini kami akan memberikan contoh kop surat konvensional yang di buat oleh wakil atau agensi dari sebuah perusahaan untuk kepentingan tertentu. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat professional untuk referensi sebagai penulisan :

DEWI ANGELA LARASATI

Marketing Analyst, PT. NAGA BISIK JAYA

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.dewimarketing.id/, email: dewiangela@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

7. Contoh Kop Surat Koperasi

Contoh berikutnya yang akan kami sajikan pada artikel kali ini adalah kop surat untuk koperasi. Koperasi bisa berupa macam-macam semisal koperasi barang, koperasi simpan pinjam dan lain sebagainya. Dalam membuat surat edaran tentu saja koperasi yang bersangkutan harus menyertakan nama atau identitas dari koperasi pada bagian kop surat. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk sebuah koperasi saat menulis referensi :

Koperasi Mainan Aneka Raya

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.kmar.id/, email: kmar@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

8. Contoh Kop Surat Organisasi Mahasiswa Intra Kampus

Contoh berikutnya yang akan kami berikan kepada kamu adalah kop sirat untuk organisasi mahasiswa intra kampus semisal seperti unit kegiatan mahasiswa. Ketika unit kegiatan mahasiswa membuat sebuah acara, biasanya memerlukan surat resmi untuk berbagai keperluan. Surat tersebut tentu perlu menyertakan nama identitas dari kampus atau universitas yang bersangkutan. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk organisasi mahasiswa intra kampus.

UNIT KEGIATAN MAHASISWA

Seni Dan Budaya

Universitas Negeri Mataram Kidul

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.unmatkil.id/, email: unmatkil@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

9. Contoh Kop Surat Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus

Contoh berikutnya yang akan kami berikan untuk kamu adalah kop surat untuk organisasi mahasiswa ekstra kampus. Lain hal dengan intra kampus yang harus menyertakan nama kampus, organisasi mahasiswa ekstra kampus tidak perlu menyertakan identitas kampus yang bersangkutan. Namun jika tetap mencantumkan juga di bolehkan. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk organisasi mahasiswa ekstra kampus.

Persatuan Mahasiswa Melawan Tirani

Universitas Negeri Mataram Kidul

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.unmatkil.id/, email: unmatkil@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

10. Contoh Kop Surat Komunitas/Organisasi Berbadan Hukum

Contoh berikutnya yang akan kami berikan untuk kamu adalah kop surat untuk organisasi atau komunitas yang memiliki legalitas dan badan hukum tersendiri. Contoh organisasi berbadan hukum itu semisal ormas dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk komunitas atau organisasi yang memiliki legalitas dan berbadan hukum resmi sebagai referensi dalam penulisan :

Yayasan Pelestarian Budaya Tradisional

Tari Lengger

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.ypbt.id/, email: ypbt@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

11. Contoh Kop Surat Komunitas/Organisasi Non-Badan Hukum

Contoh berikutnya yang akan kami berikan untuk kamu adalah contoh kop surat untuk organisasi atau komunitas yang tidak berbadan hukum atau non-badan hukum. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk organisasi atau komunitas yang tidak berbadan hukum.

Komunitas Pecinta Reptil Mentaram

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.kprm.id/, email: kprm@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

12. Contoh Kop Surat Untuk Melamar Pekerjaan

Contoh berikutnya adalah kop surat untuk melamar pekerjaan. Membuat lamaran pekerjaan memang tidaklah sulit dan tidak harus menyertakan kop surat. Namun, akan menjadi lebih bagus dan berkesan bila di sertakan juga kop surat pada lamaran pekerjaan tersebut. Berikut ini adalah contoh kop surat untuk melamar pekerjaan yang digunakan untuk referensi saat menulis :

Surat Lamaran Pekerjaan

Desi Silviani Layla Rianti

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.desiku.id/, email: desiku@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

13. Contoh Kop Surat Pribadi Untuk Pribadi

Contoh berikutnya adalah kop surat untuk pribadi. Seperti yang sudah di jelaskan diatas, surat pribadi juga bisa diberikan kop surat. Penulisan kop surat pada surat pribadi tidak harus di letakan pada area atas surat. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk surat pribadi.

Rocky Santoso

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

email: rockykeren@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

14. Contoh Kop Surat Lembaga Pemerintahan

Contoh berikutnya yang akan kami berikan pada artikel ini adalah kop surat untuk sebuah lembaga resmi pemerintahan. Sudah pasti lembaga semacam pemerintahan ketika mengeluarkan surat edaran perlu mencantumkan identitasnya pada kop surat. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk lembaga resmi pemerintahan.

Kementrian Pertahanan Militer

Staff Pelatihan

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.kpm.id/, email: kpm@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

 

15. Contoh Kop Surat Organisasi Pemerintahan Siswa/Mahasiswa

Contoh kop surat berikutnya yang akan kami berikan untuk kamu adalah kop surat untuk organisasi pemerintahan siswa atau mahasiswa. Organisasi pemerintahan siswa atau mahasiswa adalah semisal seperti bem atau badan eksekutif mahasiswa dan semacamnya. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk organisasi pemerintahan siswa atau mahasiswa.

Universitas Negeri Mataram Kidul

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Fakultas Ilmu Politik Ilmu Sosial (FISIP)

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.unmatkil.id/, email: unmatkil@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

16. Contoh Kop Surat Untuk Bisnis

Contoh berikutnya yang akan kami berikan kepada kamu adalah penulisan kop surat untuk bisnis. Dalam menjalankan bisnis terkadang di perlukan surat untuk berbagai keperluan semisal untuk menambah cabang usaha dengan meminta izin pada lembaga yang bersangkutan ataupun surat penawaran barang yang di lakukan oleh perusahaan tersebut dengan relasi bisnis yang di inginkan. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk sebuah bisnis.

Perusahaan Tekstil Merah Muda

  1. Merah Muda Busana

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.ptmerahmudabusana.id/, email: ptmerahmudabusana@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

17. Contoh Kop Surat Untuk Undangan Formal

Contoh berikutnya yang akan kami berikan untuk kamu adalah kop surat untuk undangan formal. Undangan formal biasanya di buat oleh sebuah lembaga yang resmi semisal seperti sekolah, kampus dan semacamnya. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk undangan formal yang digunakan sebagai acuan saat menulis :

Persatuan Mahasiswa Melawan Tirani

Universitas Negeri Mataram Kidul

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.unmatkil.id/, email: unmatkil@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

Perihal : Undangan

Lampiran : Tidak Ada

18. Contoh Kop Surat Untuk Undangan Non-Formal

Contoh berikutnya adalah kop surat untuk undangan non formal. Biasanya surat undangan non formal ini di buat oleh perorangan yang memiliki keterikatan bersama semisal alumni dari sebuah sekolah dan semacamnya. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk undangan non formal yang digunakan untuk menulis surat :

Undangan Buka Bersama

Alumni SMK N 12 Goa Jahan Angkatan 2010

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.smkn12goa.id/, email: smkn12goa@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

19. Contoh Kop Surat Pondok Pesantren

Contoh berikutnya adalah kop surat untuk lembaga seperti pondok pesantren. Lembaga pesantren merupakan ruang pendidikan agama islam yang memiliki tujuan untuk membentuk akhlak yang baik bagi para santrinya. Pondok pesantren kerap melaksanakan berbagai macam acara semisal pengajian dan lain sebagainya. Acara tersebut di perlukan surat untuk mengundang orang-orang agar menghadiri acara tersebut. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk pondok pesantren.

Pondok Pesantren Rihlah Salafi

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.pprihlahsalafi.id/, email: pprihlahsalafi@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

20. Contoh Kop Surat Untuk Mencari Sponsor

Contoh berikutnya yang akan kami berikan untuk kamu adalah penulisan kop surat untuk mencari sebuah sponsor. Ketika ada lembaga atau organisasi atau komunitas ingin mengadakan sebuah acara, maka tentu saja membutuhkan dana. Dan dana tersebut bisa di dapat dari berbagai sumber salah satunya berasal dari sponsor. Untuk melobi merk agar mau mendanai acara tersebut tentu harus menggunakan proposal dan surat resmi. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk mencari sebuah sponsor.

Komunitas Bawah Tanah Mentaram

Anviversary KBTM 12 Tahun

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.kbtm.id/, email: kbtm@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

21. Contoh Kop Surat Untuk Pengumuman

Contoh berikutnya yang akan kami berikan untuk kamu adalah penulisan kop surat untuk pengumuman. Ketika ada organisasi atau komunitas mengadakan acara, maka perlu melalukan pengumuman agar acara tersebut dapat di saksikan oleh banyak orang. Pengumuman bisa di lakukan melalui pamflet dan lain sebagainya dan juga bisa menggunakan surat resmi. Berikut ini adalah contoh kop surat untuk pengumuman yang bisa dijadikan referensi :

UNIT KEGIATAN MAHASISWA

Seni Dan Budaya

Universitas Negeri Mataram Kidul

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.unmatkil.id/, email: unmatkil@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

22. Contoh Kop Surat Masjid

Contoh berikutnya adalah kop surat untuk masjid. Masjid juga jika mengadakan sebuah acara tentu memerlukan surat. Dan surat tersebut juga harus di sertakan dengan identitas dari masjid tersebut. Berikut ini adalah contoh penulisan kop surat untuk masjid yang dapat digunakan sebagai refensi :

 

Masjid Rahman Rahim

Jl. Luar Dalam No. 12, Desa Batu Koral, Rt. 11, Rw. 12, Kecamatan Melingkar, Kabupaten Goa Jahan, Provinsi Mentaram Kode Pos 124859

website: http://www.masjidrahmanrahim.id/, email: masjidrahmanrahim@gmail.com, no. telp/fax: (0986) 972957391

Copyright 2016 - 2019