Harian Nusantara

Fungsi Alat Incubator dan Cara Menggunakannya 

review produk 76 View

Fungsi Alat Incubator dan Cara Menggunakannya – Pernah mendengar instilah incubator? Alat ini sangat terkenal pada dunia ilmiah dan medis. Biasanya incubator berbentuk kotak yang rapat. Alat incubator sendiri memiliki beberapa macam jenis, salah satu jenis yang sering ditemui adalah alat incubator laboratorium.

Jika kamu masih belum memahami menganai alat incubaror ini, mungkin kamu harus mengenalnya lebih dekat lagi. Kamu bisa mencari tahu mengenai fungsi dan cara menggunakan alat ini secara benar. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi dan cara menggunakan alat incubator yang sering digunakan pada laboratorium.

Apa Itu Alat Incubator?

Alat incubator merupakan sebauh alat yang berfungsi untuk menginkubiasi makhluk hidup. Pada alat ini, akan dibuat sebuah kondisi dengan beberapa situasi yang bisa diciptakan sesuai kebutuhan. Kamu bisa mengatur suhu dari incubator, tingkat kelembapan, dan beberapa indikator lainnya sesuai tujuan yang dikehendaki. Salah satu tujuannya adalah agar mengetahui pola hidup dari suatu mikroorganisme dan menyimpulkannya apakah termasuk ke dalam mikroorganisme yang baik atau jahat. Selain itu, incubator pada dunia media juga berfungsi sebagai media untuk menghangatkan bayi yang baru saja terlahir, terutama untuk bayi yang lahir secara prematur.

Loading...

Fungsi dari alat incubator

Fungsi dari incubator sendiri sangat beragam. Pada dasarnya fungsi utama dari incubator adalah untuk membuat kondisi lingkungan pada objek yang diobservasi bisa teratur. Sebagai contoh, ketika ada bayi yang terlahir secara prematur dan membutuhkan kehangatan dari lingkungan yang stabil, kmau bisa menggunakan incubator.

Pada dunia peternakan, incubator merupakan sebuah alat yang bisa digunakan sebagai alternatif baru. Incubator bisa digunakan ketika ada telur yang hendak ditetaskan tanpa bantuan induk dari hewan tersebut. Selain itu, incubator juga cocok untuk menghangatkan hewan yang baru terlahir atau menetas dengan tujuan agar suhu tubuhnya menjadi stabil.

Untuk di laboratorium, incubator juga cukup sering digunakan. Salah satu penggunaan incubator di laboratorium adalah ketika peneliti sedang meneliti perkembangan mikroorganisme seperti bakteri dan virus. Pada tahap ini, para ilmuwan akan membuat beberapa skenario kondisi lingkungan yang berdasarkan pada hipotesis. Nantinya akan diukur sejumlah hal penting yang bisa disimpulkan, apakah mikroorganisme itu tersebut termasuk baik atau jahat.

Tentunya berbeda kegunaan, berbeda juga alat incubator yang digunakan. Jika kamu ingin meneliti microorganisme, kamu tidak bisa menggunakan alat incubator untuk telur ayam. Hal tersebut karena setiap jenis incubator juga memiliki kelengkapan fitur yang berbeda-beda.

Cara Menggunakan Alat Incubator

Sebelum memulai penggunaan alat incubator, sebaiknya baca dulu buku petunjuk penggunaannya dengan seksama. Pastikan kamu memahami dengan betul cara kerjanya. Meskipun sebelumnya kamu sudah menggunakan jenis incubator yang sama, kamu tetap harus mempelajarinya. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa mengerti apabila ada fitur baru yang berbeda, terutama untuk generasi terbaru yang semakin canggih.

Tahapan selanjutnya, periksa terlebih dahulu kelengkapan alat incubator. Pastikan tidak ada item yang salah atau rusak. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah adanya kecelakan kerja yang fatal.

Selanjutnya, nyalakan alat incubator ini. Pastikan kamu menggunakan tegangan listrik yang stabil. Siapkan juga sampel maupun objek yang akan dimasukkan ke dalam alat incubator ini. Periksa apakah alat incubator sudah menyala dengan sempurna.

Tentukan timer dengan waktu yang kamu inginkan. Pastikan waktu tersebut sesuai dengan prosedur kerja. Pilih juga suhu yang akan digunakan agar incubator siap digunakan dengan suhu yang sesuai.

Pada tahap akhir, matikan alat incubator ketika selesai digunakan. Kamu harus mematikannya dengan benar. Gunakan tombol power untuk mematikan alat incubator ini dan pastikan alat ini mati dengan sempurna.

 

Harga Alat Incubator

Untuk kalian yang ingin tahu harga Alat Incubator, dari referensi toko online dan market place yang ada di Indonesia, harga Alat Incubator adalah sekitar Jutaan sampai puluhan juta tergantung dari spesifikasi dan merk incubator.

Demikianlah artikel singkat dan padat mengenai fungsi dan cara menggunakan alat incubator. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami lebih lanjut mengenai alat incubator ini. Pastikan kamu menggunakan alat ini dengan bijak dan sesuai kegunaannya. Baca terlebih dahulu setiap keterangan yang ada sehingga kamu tidak mengalami kendala yang berarti ketika menggunakan alat ini.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019