Harian Nusantara

Fungsi Barometer dan Jenisnya

review produk 113 View

Fungsi Barometer dan Jenisnya

Barometer digunakan untuk mengukur cuaca di suatu wilayah. Barometer juga dapat memperkirakan kondisi cuaca yang dialami pada satu atau dua hari berikutnya.Pilot dan pelaut sangat bergantung pada benda ini, pasalnya barometer dapat memprediksi kondisi cuaca dengan tepat.

Apa itu Barometer?

Barometer yaitu sebuah alat yang dipakai untuk memgatur suatu tekanan udara.

Loading...

Fungsi dan Manfaat Barometer

Fungsi barometer sangat dibutuhkan oleh beberapa instansi yang sangat bergantung pada benda ini, yaitu :

  • Badan meteorologi

Instansi ini sangat membutuhkan peran dari barometer yaitu untuk prakiraan cuaca.

  • Penerbangan dan pelayaran

Kedua bidang ini juga membutuhkan peran dari barometer. Untuk penerbangan digunakan untuk memutuskan jadwal penerbangan.

  • Bidang meteorologi

Mempelajari tekanan pada barometer adalah merupakan salah saru cara yang dipelajari dalam meteorologi.

  • Industri informatika

Alat pengukur suhu ini sekarang dimanfaatkan oleh orang informatika untuk mengatur suhu menggunaakan aplikasi HP.

Terdapat 4 jenis barometer :

  1. Barometer air raksa

Dapat digunakan sebagai penanda adanya potensi badai.  Tanda-tanda apabila akan ada badai adalah saat tekanan atmosfer sedang turun, pada tabung kaca dibagian kolo merkuri juga turun. Nah, tanda kejadian seperti ini yang menandakkan bahwa akan ada badai. Ketika badaibsudah berlalu, kolom di merkuri akan berangsur naik sejalan dengan tekanan atmosfer juga semakin naik.

  1. Barometer air

Sering juga disebut dengan termometer Goethe. Terdiri atas wadah berupa kaca yang tertutup dimana setengah bagian kaca tersebut terisi oleh air dan terdapat sebuah cabang kecil atau cerat. Lalu cerat tersebut terhubung ke dalam wadah kaca yang bentuknya mirip sekali dengan teko. Sehingga air akan mengisi cerat dan wadah tersebut.

 

  1. Barometer Aneroid

Barometer aneroid ini terbuat dari perpaduan dua komponen yaitu berilium serta tembaga.  Wadah tersebut kemudian disegel dan selanjutnya udara dikosongkan. Pada barometer aneroid ini terdapat bagian yang sangat peka terhadap tekanan udara.

  1. Barograf

Barograf ini  kegunaan dan fungsinya hampir sama dengan barometer. Letak perbedaanya adalah barograf ini mampu merekam hasil pencatatan selama periode tertentu .Barograf terdiri dari logam yang berbentuk silinder. Serta logam yang terdapat pada bagian barograf tersebut berfungsi sebagai pena.

  1. Digital

Barometer digital lebih banyak dipakai saat ini. Karena hasilnya lebih akurat, cepat,efektif dan efisien.

Cara menggunakan Barometer

Cara penggunaan barometer harus tepat, karena berbeda-beda cara menggunakannya. Kita juga harus mengetahui beberapa hal mengenai barometer ini . Sebab kalo tidak, maka informasi yang diperoleh tidak akan akurat.

Untuk barometer air raksa peletakkannya haruslah berada di ketinggian. Ketinggian ini harus  lebih dari 300 meter. Barometer jenis ini jangan ditempatkan di tempat yang terlalu tinggi. Lalu sesudah itu kita harus lebih dulu mengkalibrasinya.

Setelah mengatur ketinggian, letakkan di ruangan yang kering,tertutup tidak ada pendingin udara maupun penghangat ruangan. Karena akan berpengaruh pada cara kerja barometer inii. Jika tekanan air raksa naik, maka barometer ini akan berbunyi .Segera lakukan pengecekan.

Sedangkan untuk barometer aneroid ini, cara pemakaiannya sangat berbeda. Bagi kamu uang tinggal di dataran rendah sangat cocok menggunakan barometer jenis ini, karena tidak perlu lagi mengatur ketinggian. Tetapi jenis barometer aneroid harus di atur dulu berdasarkan suhu yang ada di wilayah tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan obeng untuk memutar sekrup.

Untuk penggunaan barometer digital sangat mudah. Karena kita langsung dapat mengetahui informasi dengan cepat. Kelebihan pasa barometer digital ini adalah mempunyai suatu fitur untuk mengalibrasi secara otomatis yang berupa sensor. Barometer jenis ini yang paling banyak dipakai di pegunungan maupun penghuni apartemen.

Harga Barometer Terbaru

Sunroad barometer digital di shoppe

Brand : sunroad,  Model : FR 510, main material : ABC, color :orange, batery :rechargeable 5v 230 mAH, litium battery, include: altimeter + charging cable. Harga : Rp 439.766

Barometer digital di Buka lapak

  • Material: ABS
  • Altimeter : -700-9.000m/-2300-29.500 ft
  • Barometer : 300 mbar to 1100 mbar
  • Electronic compass : eight dirrection mode display
  • External magnetic : field corecction
  • Compas accuracy  : 3 degres
  •         : -10 +60
  • 5 second blue LED backlight
  •                     : Rp 155.000

Barometer aneroid di tokopedia

Harga : Rp 425.000

Barrometric pressure range:

  • 940-1070 mbar
  • 710-800 mm/Hg
  • Berat 500gr

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019