Harian Nusantara

Fungsi Mcb miniatur circuit breaker

review produk 103 View

Fungsi Mcb miniatur circuit breaker

Keberadaan Mcb sangat lah penting pada instalasi listrik. Mcb ini dapat melindungi rangkaian listrik yang ada dirumah selain itu juga bisa digunakan untuk pengaman mesin di pabrik ataupun digunakan sebagai pembatas arus yang ada di rumah ataupun gedung.

Apa Yang Dimaksud MCB atau Miniatur Circuit Breaker?

Ini merupakan sebuah alat atau komponent instalasi listrik yang memiliki peran penting digunakan untuk mengatur beban listrik yang digunakan di rumah dan umumnya alat ini dipasang di box MCB ataupun pada KWH Listrik.

Fungsi dan manfaat mcb miniatur circuit breaker

Fungsi dari Mcb adalah untuk melindungi listrik dari beban berlebih dan hubungan arus singkat atau korsleting. Jika fungsi ini tidak dilakukan dengan baik maka akan terjadi percikan api dari hubungan singkat yang menimbulkan kebakaran. Selain itu pada dasarnya fungsi Mcb ada 3 yaitu :

Loading...

Pemutus arus

Mcb ini berfungsi untuk memutuskan arus listrik uang menuju kearah beban. Pemutusan ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara manual dan otomatis.

Untuk penggunaan manual kita hanya perlu merubah toggle switch pada mcb akan memutuskan arus listrik ataupun menghubungkannya.

Adapun cara memutus arus secara otomatis akan terjadi apabila terdeteksi ada arus berlebih akibat dari penggunaan arus listrik berlebih atau bisa juga terjadi karena adanya hubungan singkat.

Proteksi overload atau beban berlebih

MCB berfungsi untuk mengontrol dan memproteksi arus listrik ketika terjadi kelebihan beban atau overload. Contoh dalam hal ini adalah Mcb memiliki batas arus listrik sebanyak 6A, sedangkan 7A arus listrik mengalir melewati Mcb tersebut. Maka  yang terjadi adalah Mcb tersebut akan trip dengan delay waktu yang lumayan lama. Proses ini terjadi ketika MCB mendekteksi adanya arus listrik yang berlebih melewati MCB.

Strip bimetal ini adalah bagian dari Mcb yang bertugas untuk mendeteksi adanya arus lebih. Sebuah arus yang melewati strip bimetal ini akan memuai ataupun melengkung. Makin besar arus listrik yang melewati strip bimetal ini maka bimetalpun akan menjadi semakin panas dan memuai. Sehingga secara otomatis switch mekanis pada MCB akan memutuskan arus listrik.

Jangka waktu yang dibutuhkan dalam proses pemutusan aliran listrik ini tergantung dari bersan arus listrik yang mengalir. Jika arus listrik yang melewatinya semakin membesar maka akan semakin cepat proses pemutusan arus listriknya. Fungsi strip bimetal yang terjadi ini juga dikenal dengan sebutan thermal trip. Ketika arus listrik audah putus, maka kondisi bimetalpun akan mendingin. Dan akan kembali normal.

Proteksi hubung singkat

MCB akan menjalankan fungsi ini ketika ada konsleting listrik atau saat terjadi hubungan arus pendek pada listrik yang digunakan.

Apabila terjadi arus listrik akan menimbulkan arus listrik yang besar yangbmengalir didalam instalasi rumah.

Magnetic trip yang berupa selenoid adalah bagian pada MCB yang mendeteksi kejadian ini. Karena arus listrik yang dialirkan ke mcb ini terlalu besar membuat gaya tarik magnet pada solenoid akan memutukan switch secara otomatis. Sistem ini bekerja sangat cepat karena untuk melindungi instalasi listrik dirumah.

Cara Kerja MCB

MCB ketika dalam kondisi normal bisa difungsikan sebagai saklar manual untuk menghunungkan atau memutuskan arus listrik, tetapi ketika terjadi kelebihan beban listrik atau ada hubungan arus pendek maka MCB akan berfungsi sebagai alat memutuskan arus listrik secara otomatis. Kita juga bisa melihat secara langsung perpindahan tombol dari ON ke OFF. Pengoperasian otomatis ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara magnetic tripping dan thermal tripping.

Pada saat kondisi mati, fungsi dari Mcb ini seperti sakelar biasa dengan yaitu menyambung dan memutus arus listrik manual.

Prinsip kerja Mcb ini dibagi menjadi dua yaitu thermal tripping dan magnetic tripping.

Harga MCB Terbaru 2020

Mcb di Tokopedia

  • Harga Rp 21.000
  • Eelic MCB  C4 MCB Miniatur
  • Circuit breaker 4A maksimum 4500 watt

MCB di Bukalapak

  • Harga Rp 102.000
  • MCB chint 3 phase 10 A/16A/20A/25A/32A/40A
  • Merk electrical companion

Mcb di lazada

  • Harga Rp 52.500
  • Weitech MCB ins com c 32 N ciecuit breaker
  • Pemutus sirkuit 3p 16A 20 A 32A 40A Ampere 3 phase

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019