Harian Nusantara

Dari Puasa Hingga Sedekah, Ini Amalan Terbaik di Bulan Muharram

Informasi 361 View

Dari Puasa Hingga Sedekah, Ini Amalan Terbaik di Bulan Muharram

Hariannusantara.com –Tepat pada Selasa (11/9/2018) masyarakat Indonesia menyambut datangnya bulan Muharram 1440 Hijriah. Pada tanggal 1 Muharram diperingati sebagai tahun baru islam  yang juga kerasp disebut 1 Suro oleh masyarakat Jawa. Banyak amalan yang bagus dilaksanakan pada bulan Muharram, termasuk saat tahun baru Islam. Terhitung ada sejumlah amalan bulan Muharram yang bagus dilaksanakan.  Bulan Muharram sendiri merupakan bulan yang amat dimuliakan dalam Islam. Apa saja amalan yang dilakukan pada tanggal 1 Muharram?

Berpuasa

Di dalam riwayat Rayyan bin Syabib, Imam Ali Ridha as mengatakan, “Sesiapa berpuasa pada hari ini dan berdoa kepada Allah, maka dia akan mendapati doanya seperti diterimanya doa Nabi Zakariya as.” Anjuran berpuasa dan juga berdoa pada tanggal 1 Muharram ini sangat disarankan supaya doa dan puasa yang dijalankan tersebut akan diterima seperti doa Nabi Zakaria as yang diterima oleh Allah SWT.

Shalat dua rakaat dan berdoa

Loading...

Dinukil dari Imam Ali Ridha as jika Rasulullah SAW pada hari pertama bulan Muharram melaksanakan shalat dua rakaat dan juga membacakan doa.

Tidak berbuat zalim

Pada bulan Muharram khususnya di tanggal 1 Muharram, sangat tidak disarankan untuk berbuat dzalim baik itu dalam kadar yang kecil ataupun kadar yang besar. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Takutlah kalian terhadap kedhaliman, karena sesungguhnya kedhaliman itu merupakan kegelapan-kegelapan pada hari kiamat.” (HR. Muslim dan lainnya)

Memperbanyak amal shalih

Mengingat sangat banyak pahala yang diberikan Allah SWT melebihi bulan lainnya, maka pada tanggal 1 Muharramhendaknya lebih memperbanyak amalan ketaatan pada Allah SWT seperti shadaqah, membaca Al Quran, berdizikir dan lain sebagainya.

Perbanyak sedekah

Menurut kalangan mazhab Malik, sangat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah dalam bulan Muharram yang dimulai pada tanggal 1 Muharram. Sementara pada mazhab lainnya menganggap tidak ditemukan landasan dalil yang dengan khusus menyebutkan hal tersebut dan kuat derajat haditsnya.

Baca juga:
– Ramalan Zodiak Minggu Ini Virgo (23 Agustus – 22 September)
– Ramalan Zodiak minggu ini Taurus (20 April- 20 Mei)

Selain itu, dengan datangnya bulan Muharram ini sebaiknya kita sebagai muslim juga pandai untuk berinstropeksi diri.  Semakin bertambahnya usia seiring dengan pergantian hari dan bulan, maka perlu disadari jika kita semakin mendekati dengan kematian dan juga alam akhirat. Ini yang membuat intropeksi diri sangat penting untuk dilakukan khususnya pada 1 Muharram, sehingga bisa dijadikan alat bermuhasabah dan juga intropeksi diri masing masing.

Similar Posts:

Copyright 2016 - 2019