Harian Nusantara

Pidato ‘Game of Thrones’ Jokowi Sukses Pikat 6 Pejabat Internasional

Nasional 326 View

Pidato-‘Game-of-Thrones’-Jokowi-Sukses-Pikat-6-Pejabat-Internasional

Hariannusantara.comAda hal unik yang terjadi saat pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia yang diselenggarakan di Bali, Jumat (12/10/2018) lalu. Seperti yang diketahui, Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato menarik karena mengangkat tema ‘Game of Thrones‘ sebagai analogi keadaan ekonomi dunia saat ini. Terkait hal tersebut, banyak tokoh dunia yang memuji pidato yang disampaikan Presiden Jokowi tersebut.

Menurut pidato yang dilakukan Presiden Jokowi, persaingan negara-negara dunia untuk mencapai kemakmuran ekonomi negaranya sama dengan pertarungan yang dilakukan Great Houses yang memperebutkan The Iron Thrones.

“Namun yang mereka lupa, saat Great House bertarung satu sama lain, mereka tidak sadar adanya ancaman besar dari utara, adanya Evil Winter yang ingin merusak dan menyelimuti seluruh dunia dengan kehancuran,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Evil Winter yang dimaksudkan yaitu permasalahan besar yang mengancam semua negara yang keberadaannya kurang mendapatkan perhatian. Permasalahan tersebut, misalnya sampah plastik, pemanasan global, perubahan iklim, dan sebagainya.

Loading...

“Dengan adanya kekhawatiran ancaman Evil Winter tersebut, akhirnya mereka sadar tidak penting siapa yang duduki The Iron Throne, yang penting adalah kekuatan bersama untuk mengalahkan Evil Winter,” ucap Jokowi.

Atas pidato yang disampaikan oleh Presiden Jokowi tersebut, sejumlah pejabat internasional pun memberikan pujiannya, berikut enam diantaranya:

  1. Anthony De Lannoy (Direktur Eksekutif IMF)

Anthony De Lannoy menyampaikan pujiannya terhadap pidato Presiden Jokowi melalui akun Twitternya @A_De_Lannoy. ia menyebutkan jika pidato yang disampaikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sangat menginspirasi.

  1. Judit Pach (Duta Besar Hongaria)

Melalui akun Twitternya, @DubesHongaria, Judit menyampaikan jika dirinya setuju dengan yang disampaikan oleh Jokowi dalam pidatonya. Terlebih perihal kerja sama serta kolaborasi yang lebih penting daripada apa pun.

  1. Rob Swartbol (Duta Besar Belanda)

Rob Swartbol selaku Dubes Belanda untuk Indonesia ini juga turut menyampaikan kalimat pujian untuk Presiden Jokowi melalui akun Twitternya, @robswartbol. Menurutnya, pidato Jokowi dalam melawan perang dagang dunia disampaikan dengan sangat baik.

  1. Mertin Mühleisen (Direktur IMF)

Mertin Mühleisen selaku Direktur IMF juga turut menyampaikan pidato Jokowi sangat luar biasa. Terlebih itu disampaikan di depan komunitas global. Pernyataan tersebut disampaikannya melalui akun Twitter @muhleisen.

  1. Frank Heemskerk (Direktur Eksekutif Bank Dunia)

Pujian untuk pidato JokoWidodo juga disampaikan olej Frank Heemskerk Direktur Eksekutif Bank Dunia. Heemserk menyebut jika Jokowi menggunakan humor pintar serta kalimat provokatif untuk menggambarkan keadaan dunia yang dipenuhi persaingan ekonomi.

  1. Rasmus A. Kristensen (Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN)

Melalui akun Twitter @DubesDenmark, Rasmus tak ketinggalan juga menyampaikan kalimat pujiannya untuk pidato Presiden Jokowi. Dalam kicauannya tersebut, ia juga turut menggambarkan suasana peserta acara yang memberikan standing ovation setelah Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dengan analogi Game of Thrones tersebut.

 

Similar Posts:

Copyright 2016 - 2019