Liburan Sembari Mengenang Saksi Cinta Sangkuriang Di Pantai Tanjung Layar

Liburan Sembari Mengenang Saksi Cinta Sangkuriang Di Pantai Tanjung LayarqLiburan Sembari Mengenang Saksi Cinta Sangkuriang Di Pantai Tanjung Layar

Liburan Sembari Mengenang Saksi Cinta Sangkuriang Di Pantai Tanjung LayarqLiburan Sembari Mengenang Saksi Cinta Sangkuriang Di Pantai Tanjung Layar

Hariannusantara.comNama Pantai Anyer di Provinsi Banten pastinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Namun bagaimana dengan Pantai Tanjung Layar? Sama-sama berada di Provinsi Banten, Pantai Tanjung Layar mungkin belum sepopuler Pantai Anyer. Padahal, pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah memukau.  Lokasinya yang tidak jauh dengan Kota Jakarta, seakan menjadi angin baru bagi kamu yang rindu ‘mantai’ di surga-surga tersembunyi.

Akhir-akhir ini pesona Pantai Tanjung Layar semakin sering terlihat di berbagai media sosial, terutama akun Instagram yang berkutat dalam dunia traveling dalam negeri.  Berlokasi di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Pantai Tanjung Layar menyimpan pesona magis yang mengagumkan. Di pagi hingga sore hari, kamu bisa menemukan panorama indah dari pantai yang berhias karang lengkap dengan ombak khas Laut Selatan Jawa yang tinggi dan bergelora.

Saking tingginya, ombak laut yang menggulung tinggi tersebut bahkan mampu menghempas dinding batu karang sehingga menciptakan waterblow yang memukau setiap pengunjungnya.  Sedangkan saat senja menjelang, kamu bisa menyaksikan semburat merah keemasan sang mentari yang eksotis sekaligus romantis. Sangat cocok bagi kamu sang penyuka senja dan tentunya para pasangan. Berada sederetan dengan berbagai pantai indah lainnya, Pantai Tanjung Layar memiliki landmark tersendiri, yang bisa kamu gunakan sebagai penanda agar tidak kebingungan atau salah arah.

Baca juga:
– Saksi Mata Sebut Banyak Korban Meninggal Di Pantai Talise Palu Paca Tsunami
– Pantai Pandansari, Primadona Bantul dengan Pesona Super Lengkap

Loading...

Namun, di balik pesona Pantai Tanjung Layar yang memukau, ternyata pantai ini menyimpan mitos yaitu menjadi saksi kisah cinta tak sampai Sangkuriang, lho. Kabarnya, sepasang gunung batu karang yang berdiri menjulang di tengah Pantai Tanjung Layar merupakan perwujudan dari layar perahu Sangkuriang. Cerita ini diyakini dan diwariskan secara turun-temurun oleh para sesepuh Banten Selatan yang dikenal juga sebagai Tanah Pakidulan. Tertarik berkunjung ke Pantai Tanjung Layar?