Bahan-Bahan Alami Untuk Turunkan Panas Bayi

Perubahan lingkungan dan perubahan cuaca yang tiba-tiba bisa menyebabkan bayi mudah terkena sakit. Demam merupakan salah satu hal yang sering terjadi pada bayi dengan tubuh yang panas dan menggigil. Jika bayi Anda mengalami demam, Anda tidak boleh langsung menggunakan obat di apotik untuk menurunkan panas bayi. Karena jika salah obat yang tidak berdasarkan saran dan konsultasi dari dokter bisa memperparah kondisi kesehatan bayi.

Karena itu, ada cara yang paling aman digunakan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami, berikut ini adalah bahan alami untuk menurunkan panas bayi.

Bahan-Bahan Alami Untuk menurunkan panas pada Bayi karena demam

Bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu bahan alami yang sudah terbukti ampuh dalam hal menurunkan suhu tubuh. Meskipun bau bawang merah akan sangat menyengat untuk anak, proses pengobatan ini lebih cepat daripada kompres air biasa. Cara membuat ramuan dari bawang merah cukup mudah yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu bawang merah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu kupas kulit bawang merah dan Anda lanjutkan dengan menumbuk sampai halus. Untuk menghaluskannya, Anda juga bisa juga menggunakan parutan agar bawang bisa lebih halus.

Loading...

Bawang merah yang sudah dihaluskan tadi bisa langsung dioleskan pada anak maupun digunakan dengan dicampurkan dengan kayu putih atau sejenisnya. Namun, dengan menggunakan hanya bawang merah saja sudah cukup. Agar lebih cepat menyerap panas, Anda bisa mengoleskan ramuan ini pada bagian pelipis bayi, telapak tangan dan kaki, serta leher, perut, dan punggung. Lakukan cara ini berkali-kali sampai panas bayi turun. Agar bayi tidak terganggu dengan bau bawang merah yang menyengat, lebih baik diaplikasikan pada saat bayi tidur.

Kunyit

Kunyit sudah banyak dikenal sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat termasuk juga untuk menurunkan panas. Hal ini mungkin tidak banyak diketahui orang awam namun sudah terbukti kunyit dapat menurunkan panas dengan cepat. Cara untuk membuat ramuan penurun panas bayi dari kunyit yaitu dengan mengambil kunyit secukupnya lalu cuci sampai bersih. Setelah itu Anda harus menghaluskan kunyit dengan cara diparut atau diuleg. Hasil parutan kunyit ini juga dapat dicampurkan dengan setengah gelas air panas.

Setelah dicampurkan dengan merata, lalu diamkan ramuan ini sampai air dingin. Jika air sudah dingin, lanjut dengan menyaring ramuan dan ambil sarinya saja. Ramuan kunyit sudah jadi dan bisa segera dikonsumsi oleh anak Anda. Meski rasanya tidak enak untuk anak Anda, menurunkan panas bayi dengan menggunakan ramuan dari kunyit lebih aman daripada menggunakan obat-obatan dari apotik. Berikan obat tradisional dari bahan alami ini secara rutin pada bayi 2 kali sehari sampai demam panasnya turun.

Itulah yang dapat moms lakukan ketika bayi mengalami panas, Bahan-Bahan Alami Untuk Turunkan Panas Bayi ini tipsnya di ambil dari sumber babyologist.com.