Harga dan Spesifikasi OPPO A1 Terbaru

Oppo A1 merupakan smartphone kelas menengah yang diluncurkan oleh pabrikan asal Cina tersebut. Pada bulan April 2018 Oppo A1 resmi masuk ke Indonesia, demi menantang smartphone kelas menengah produsen lainnya.

Smartphone Oppo A1 sendiri membawa spesifikasi 4 Gb RAM serta 64 Gb memori internal, yang mana hanya dibandrol sekitar Rp.3 jutaan. Mengusung desain desain minimalis serta perfoma yang gahar Oppo diyakini mampu bersaing jajaran pasang smartphone murah Indonesia.

Fitur dan Spesifikasi Oppo A1

Rilis April 2018
Warna Blue, Red dan White
Harga Rp.3.300.000,- Pada saat awal peluncurannya
Platform
OS Android Nougat 7.1.1 dengan usert interface ColorOS 3.2
RAM 4 Gb
GPU Mali–G71 MP1
CPU Octa Core dengan kecepatan 2.5 Ghz Cortex A53
Chipset Mediatek MT6763 Helio P23 Dengan fabrikasi 16 mm
Storage
Internal 64 Gb
Card slot MicroSD sampai 128 Gb
Display
Layar 5.7 Inch dengan rasio hingga 76.2 %
Resolusi 720 x 1440 Piksel, dengan kerapatan hingga 282 ppi
Tipe S-IPS LCD  yang memiliki 16 juta warna
Lapisan Corning Gorilla Glass 3
Kamera
Depan 8 Mp, Apeture f/2.2

Loading...

Videos : 1080p pada 30 Fps

Fitur : Touch Focus, Geo Tagging, HDR, Face Detection, Panorama

Belakang 13 Mp, Apetur f/2.2, 1/3.0”

Fitur : LED Flash, HDR, Panorama, Phase Detection Autofocus

Video : 1080p pada 30 Fps

Konektivitas
SIM Dual sim ( dual standby ) berjenis nano SIM
Jaringan GSM/HSPA/4G LTE
USB microUSB 2.0, USB On The Go
Fitur
Sensor Sensor accelerometer, sensor proximity, compas
Audio Jack 3.5 mm
Baterai Li Ion 3180 mAh

Ulasan Lengkap Spesifikasi Oppo A1

Full View Display 18 : 9

Oppo A1 menggunakan layar S-IPS LCD  yang memiliki 16 juta warna, serta dukungan corning gorilla glass 3 sebagai lapisan layarnya. Layar S-IPS ini mampu menghasilkan resolusi HD 720 x 1440 Piksel, dengan kerapatan hingga 282 ppi, yang mana gambar yang dihasilkan Oppo A1 sangat jernih dan nyaman dimata.

Walaupun ukuran layar yang terbilang kecil untuk jaman sekarang, 5.7 Inch dengan rasio hingga 76.2 % namun, Oppo A1 sudah mengandalkan desain layar full view display, yang mana walaupun hanya berukuran 5.7 Inch namun rasio layar kebodi mencapai 18 : 9.

Sehingga layar Oppo A1 sangat luas, berkat bezel disekeliling yang berukuran sangat tipis juga.

Performa Oppo A1

Mengandalkan chipset Mediatek MT6763 Helio P23 Dengan fabrikasi 16 mm, serta CPU Octa Core dengan kecepatan 2.5 Ghz Cortex A53 dan RAM sebesar 4 Gb, dirasa mampu untuk melakukan tugas multitasking atau membuka beberapa aplikasi secara bersaan.

Untuk sektor pengolah grafis atau GPU Oppo A1 menggunakan Mali–G71 MP1 yang mana dapat menunjang layar Oppo A1 dalam menghasilkan gambar yang jernih serta nyaman dimata, baik penggunaan gaming maupun untuk menonton film.

Kamera

Untuk sektor kamera sendiri Oppo A1 masih menggunakan lensa tunggal untuk kamera belakang, dengan resolusi 13 Mp, Apeture f/2.2, 1/3.0”. Walaupun 13 Mp tergolong kecil untuk tahun ini, namun jangan salah karena Oppo A1 dapat menghasilkan foto yang dapat diperbesar hingga setara kamera beresolusi 50 Mp.

Hal ini memungkinkan karena Oppo A1 dibenamkan software interpolasi, yang mana tekhnik interpolasi ini adalah tekhnik untuk meningkatkan resolusi, dengan cara memanipulasi atau meniru piksel.

Dengan bantuan teknologi interpolasi, kamera dari smartphone ini dapat mengenali warna disekitar, dan kemudian mengisi kekosongan pixel yang berada didekatnya. Selain berbekal software interpolasi kamera Oppo A1 juga dilengkapi fitur LED Flash, HDR, Panorama, dan juga Phase Detection Autofocus. Untuk perekaman sendiri, dapat menghasilkan kualitas video 1080p pada 30 Fps.

Untuk sektor kamera depan hanya 8 Mp, Apeture f/2.2, mungkin pihak Oppo sendiri masih setengah hati dalam merancang Oppo A1. Walaupun begitu kamera depan Oppo A1 mampu menghasilkan video dengan kualitas 1080p pada 30 Fps, serta memiliki fitur Geo Tagging, Touch Focus, Face Detection, HDR, dan dan juga Panorama.

Li Ion 3.180 mAh

Oppo A1 menggunakan baterai Li Ion dengan kapasitas 3.180 mAh berjenis non removeable. Untuk kapasitas 3.180 mAh sendiri dirasa cukup awet, mengingat prosesor yang digunakan adalah Mediatek MT6763 Helio P23 Dengan fabrikasi 16 mm. Untuk prosesor buatan mediatek sendiri memang memiliki daya konsumsi baterai yang lebih efisien ketimbang kompetitor produsen chipset lainnya.

Walaupun konsumsi daya Oppo A1 dengan baterai berkapasitas 3.180 mAh tergolong awet, namun sangat disayangkan tidak adanya fitur fast charging. Untuk range harga segitu, produsen smartphone lainya sudah memberikan fitur fast charging, namun Oppo masih tidak mau membenamkan tekhologi tersebut pada smartphone Oppo A1

Fitur Keamanan

Fitur keamanan smartphone menjadi salah satu yang wajib ada, yang mana dengan fiur ini kita dapat menjaga data – data pribadi kita agar tidak mudah disalah gunakan orang lain, apabila smartphone kesayangan kita hilang. Banyak produsen smartphone menambahkan sensor fingerprint sebagai fitur keamanan smartphone mereka.

Namun sekali lagi sangat disayangkan Oppo A1 tidak memiliki sensor fingerprint, setelah tidak ada fast charging sekarang untuk keamanan pun tidak mendukung sensor fingerprint.

Namun anda tidak perlu khawatir, walaupun tidak ada sensor fingerprint pada Oppo A1 namun pihak Oppo sendiri menggantinya dengan fitur face unlock. Yang mana fitur ini akan mendeteksi wajah yang telah didaftarkan, sehingga smartphone anda akan tetap aman walaupun tidak memiliki sensor fingerprint.

Kesimpulan dan Harga

Dengan harga Rp. 3 jutaan anda sudah dapat memiliki smartphone dengan spesifikasi Mediatek MT6763 Helio P23 RAM 4 Gb dan memori internal 64 Gb yang dapat dieksapansi menggunakan microSD hingga 128 Gb.

Yang menjadi keunggulan Oppo A1 selain dari performa adalah sektor kamera belakangnya, yang mana walaupun hanya memiliki resolusi sebesar 13 Mp, namun hasil kualitas fotonya tidak kalah dengan kamera dengan resolusi 50 Mp.

Berkat penggunaan software interpolasi yang dapat memanipulasi atau meniru piksel, sehingga anda tidak perlu khawatir hasilnya akan buram karena hanya memiliki 13Mp. Untuk warna nya sendiri Oppo A1 tersedia tiga pilihan warna yakni dark blue, cherry red dan juga putih.

Kelebihan

  • Mediatek MT6763 Helio P23 Dengan fabrikasi 16 mm, serta CPU Octa Core dengan kecepatan 2.5 Ghz
  • Resolusi HD 720 x 1440 Piksel, dengan kerapatan hingga 282 ppi
  • Baterai 3.180 mAh
  • Full View Display 18 : 9
  • Kamera belakang 13 Mp dengan software interpolasi
  • Pelingdung layar Corning Gorilla Glass 3
  • Slot memori eksternal dengan kapasitas hingga 128 Gb

Kekurangan

  • Tidak ada sensor fingerprint
  • Layar masih S-IPS
  • Kamera depan 8 Mp
  • Tidak ada fitur fingerprint
  • Tidak ada fitur fast charging
  • Bahan plastik
  • Desain warna kurang menarik