Harian Nusantara

Contoh Penulisan Essay

surat 495 View

Contoh Essay – Saat ini dunia penulisan sudah berkemabang dengan pesat. Salah satu metode penulisan yang sering digunakan adalah Essay. Essay merupakan karya tulis yang bersifat subjektif sesuai dengan pemikiran penulis. Contoh dari essay sangat beragam dan memiliki karakteristik tersendiri. Untuk itu, inilah contoh essay dan penjelasannya

Sejarah Essay

Sebelumnya perlu diketahui bahwa teks essay sudah sejak lama dikenal. Dalam catatan sejarah, essay pertama kali dikenal sekitar tahun 1500 dipelopori oleh Montaigne dari Perancis. Di Indiensia essay pertama kali diperkenalkan oleh HB Jassin.

Pengertian Essay

Essay merupakan sebuah tulisan opini dengan sifat subjektif maupun argumentatif, Sudut pandang dalam essay tetap harus mudah dipahami dan logis. Argumentasi yang disampaikan dalam essay harus dilengkapi dengan fakta sehingga essay tidak menjadi imajinasi belaka yang fiktif.

Tujuan Penulisan Essay

Meyakinkan Pembaca

Tujuan utama penulisan essay adalah untuk meyakinkan pembaca agar memperccayai pendapat penulis mengenai kejadian tertentu. Pendapat dalam essay harus didukung dengan data-data yang realistis.

Loading...

Menerima Pendapat Penulis

Selanjutya, tujuan penulisan essay adalah agar dapat membuat masyarakat menerima sudut pandang dari penulis terkait suatu permasalahan. Untuk itu, selalu lengkapi essay dengan fakta dan data.

Struktur Essay

Essay memiliki suatu struktur penulisan yang baik sama halnya dengan karya tulis yang lain. Struktur penulisan essay dalam bahasa Indonesia terdiri dari tiga struktur utama, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Penting untuk kamu memperhatikan struktur penulisan essay. Berikut ini adalah struktur penulisan essay yang benar yang bisa dijadikan referensi :

1. Pendahuluan

Sebagai tahap awal, struktur penulisan yang pertama adalah pendahuluan. Dalam pendahuluan, penulis bisa menungkapkan tema atau topik yang akan dibahas dalam keseluruhan essay yang dibuat. Unsur tersebut terdiri dari latar belakang dan diikuti dengan opini dari penulis mengenai suatu topik yang sedang dibahas. Pendahuluan pada dasarnya merupakan bagian awal yang dibaca oleh pembaca agar bisa memahami topik yang akan dibahas dengan tujuan agar topik yang dikaji akan lebih mudah untuk dipahami.

2. Isi / Pembahasan

Berikutnya setelah membaca bagian pendahuluan, pembaca akan masuk ke bagian isi dari sebuah topik yang sedang dikaji. Dalam bagian ini terdapat inti essay yang berisi mengenai penjelasan mengenai topik yang sebelumnya sedikit disinggung dalam bagian pendahuluan. Pada bagian ini terdapat sejumlah fakta dan dukungan data yang akurat disertai dengan analisis dari penulis essay tersebut. Pada bagian ini penulis bisa menuangkan pendapat mengenai suatu topik permasalahan tertentu dengan harapan opini tersebut bisa tersampaikan kepada pembaca dengan baik. Penyampaian pendapat oleh penulis haruslah tersusun secara sistematis berdasarkan urutan tyang benar.

3. Kesimpulan / Penutup

Bagian terakhir dari sebuah essai adalah bagian penutup. Pada bagian penutup terdapat kesimpulan yang sebelumnya sudah terselesaikan oleh opini yang didukung dengan penggunaan data yang akurat serta fakta yang realistis. Pada bagian ini berisi mengenai kesimpulan dari penulis essay mengenai topik yang telah dibahas sebelumnya hingga pada akhirnya terselesaikan. Pada bagian kesimpulan akan menjadi penutup dan akhir dari essay yang ditulis.

Selain berisi megenai kesimpulan dari topik permasalahan, nagian ini dapat pula diberikan saran dari penulis untuk pembaca mengenai topik permasalahan tersebut dengan tujuan akan menjadi sebuah solusi. Pada bagian ini sebaiknya tidak perlu dibuat panjang lebar kembali, cukup dibuat dengan ringkas dan mudah dipahami sesua dengan topil permasalahan tersebut.

Jenis-jenis Essay

Sebelum kamu menulis essay, sebaikmya kamu terlebih dahulu mengetahui mengenai berbagai jenis essay. Kamu sebagai penulis bisa memilih berbagai jenis essay tersebut untuk kemudian disesuaikan dengan karakteristik setiap penulis. Selain itu, pemilihan jenis essay tersebut juga bisa menyesuaikan mengenai topik apa yang akan diperbincangkan. Untuk itu sangat penting bagi penulis mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis essay agar menjadi petunjuk dan pedoman yang benar dalam menghasilkan essay yang baik. Untuk itu, inilah berbagai jenis essay yang dapat kamu gunakan.

1. Essay Deskriptuf

Sesuai dengan namanya, essay deskriptif adalah essay yang mendeskripsikan sesuatu benda maupun suatu tokoh tertentu yang menjadi sudut pandang baru untuk penulis. Contoh objek yang bisa dugunakan pada jenis essay ini adalah gedung, binatang, kendaraan, dan lain sebagainya. Untuk itu, penulis harus bisa mendeskripsikan objek yang menarik perhatian dari penulis dan membuat pembaca ikut memahami sudut pandang tersebut.

2. Essay Argumentatif

Selanjutnya ada jenis essay yang secara spesifik bertujuan untuk meyakinkan pembaca. Dalam essat argumentatif, penulis berusaha membuat sebuah karya ilmiah melalui serangkaina argumen yang tertulis dengan jelas dengan harapan pembaca dapat menerima pendapat dan solusi yang diperhatikan oleh penulis mengenai suatu permasalahn tertentu.

3. Tajuk

Selanjutnya ada sebuah jenis essay yang saat ini jarang didengar istilahnya namun pada dasarnya sering ditemukan dalam dunia penulisan sehari-hari. Tajuk biasanya termuat dalam surat kabar maupun media masa. Tajuk membahas mengenai isu terkini yang berkembang pesat dalam masyarakat. Biasnya tahk membahas mengenai kepemerintahan dan isu politik terbaru. Tajuk sering ditemui pada baguan opini ataupun kolom komentar umum untuk pembaca.

4. Essay Cerita

Cukup berbeda dengan jenis essay sebelumnya, essay cerita merupakan bagian dari essay dengan tujuan menceritakan mengenai objek tertentu. Tujuan khusus dari essay cerita adalah agar pembaca bisa membanyangkan dengan jelas apa yang penulis sedang pikirkan.

5. Cukilan Watak

Berikutnya ada sebuah essay yang cukup menarik karena penulis dapat menceritakan cuplikan watak sesorang mengenai isu yang dibahas. Dakam essay tidak diperkenankan menceritakan secara detail kisah seseorang. Namun, penulis diperbolehkan untuk mengungkapan sekilas watak tokoh yang dimaksud dalam cerita yang ditulis tersebut.

6. Essay Paparan

Selanjutnya, jenis essay paparan memiliki tujuan untuk memaparkan secara jelas dan rinci mengenai sebuah topik permasalahan pada pembaca. Tujuan dari penilisan essay jenis ini adalah sebagai media edukasi yang memberikan informasi secara rinci dan jelas kepada pembaca.

7. Essay Pribadi

Essay pribadi sesuai dengan namanya yaitu menceritakan mengenai diri penulis itu sendiri. Penulis harus bisa menceritakan pendapatnya mengenai topik permasalahan yang menurut penulis tersebut menarik untuk dibahas lebih lanjut.

8. Essay reflektif

Cukup berbeda dengan jenis essay sebelumnya, essay reflektif adalah salah satu jenis essay yang ditulis dengan tujuan untuk merenungkan isu yang dianggap penting seperti isu politik dan pemerintahan. Banyak sekali penulis yang tertarik menulis essay jenis ini dengan tujuan sebagai reaksi mengenai suatu permasalahan yang ada.

9. Essay Kritik

Essay kritik merupakan jenis essay yang memberikan argumentasi mengenai karya seni tertentu dengan tujuan agar mendapatkan solusi terbaru terhadap suatu kekurangan. Argumentasi tersebut diberikan dalam bentuk kritik kepada bagian yang dirasa perlu dan menarik perhatian penulis.

10. Artikel Penelitian

Untuk jenis essay yang satu ini sering ditemui terutama untuk kamu yang sedang mencari banyak referensi mengenai suatu penelitian tertentu. Artikel ini menghadirkan sebuah hasil yang didapatkan dari suatu penelitian tertentu. Tujuan dari pembuatan artikel penelitian adalah agar menambah wawasan dan pengetahun terbaru di bidang yang sedang dipelajari. Selain itu, artikel penelitian juga bertujuan untuk mengevaluasi dan mengecek kembali penelitian yang dilakukan sebelumnya melalui kondisi terbaru.

11. Essay Lukisan

Berbeda dengan jenis essai yang lainnya, essay lukisan merupakan sebuah karangan yang melukiskan mengenai suatu hal yang menarik bagi penulis. Tujuan penulisan dari essay ini adalah agar pembaca dapat memahami suatu hal yang sebelumnya ingin diutarakan oleh penulis.

Cara Menulis Essay Akademik

Saat ini, setiap orang seharusnya sudah emngerti mengenai cara penulisan essay. Semenjak di bangku sekolah, essay sudah diperkenalkan sedemikian rupa dengan harapan semakin banyak yang mengerti dan mau mencoba membuat sebuah karya tulis tersebut. Untuk lebih memperdalam mengenai pemaham essay, inilah beberapa cara yang dapat dilakukan penulis dalam membuat essay akademik.

1. Ketahui Tujuan Penulis

Sebelum melakukan suatu hal dalam hidup, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai tujuan kegiatan tersebut. Sama halnya dengan menulis essay, kamu harus terlebih dahulu mengetahuo tujuan penulisan essay. Dalam dunia akademik, essay argumentatif merupakan jenis essay yang paling sering digunakan dan dipelajari. Salah satu alasannya adalah karena essay argumentatif memberikan sudut pandang baru dari setiap penulisnya mengenai permasalahan tertentu berdasarkan sebuah penelitian terkait.

2. Buat Kerangka Tulisan

Dalam membuat sebuah tulisan yang sistematis, tentunya kamu perlu membuat kerangka tulisan yang baik dengan tujuan untuk memetakan gagasan dengan tepat. Gagasan tersebut akan membantu kamu dalam mengambangkan kalimat lebih luas dengan berdasarkan kalimat inti. Langkah selanjutnya agar bisa mempermudah pengembangan gagasan dan memperbanyak referensi terkait suatu gagasan, penulis haruslah memperbanyak bahan literasi yang tepat.

3. Kembangkan Essay Sesuai Struktur

Salah satu ciri dari essay yang baik yaitu yang memiliki struktur jelas dan onformatif. Tujuannya adalah gagasan yang akan disampaikan mudah dimengerti dengan baik. Dalam essay akademik, minimal strukturnya terbagi menjadi dua yaitu tesis dan argumentasi. Selain tesis dan argumentasi, penulis bisa memberikan hasil pemikiran di akhir essay yang merupakan rangkuman secara keseluruhan mengenai topik yang telah dibahas sebelumnya.

4. Pastikan Setiap Paragaf Memiliki Kalimat Topik

Dalam memulai sebuah paragraf, sebaiknya penulis mengawalinya dengan topik yang saling terkait. Dengan adanya topik tersebut fokus dari argumentasi akan terjalin dengan jelas. Setelah adanya kalimat topik, penulis bisa mengembangkan melalui kalimat pendukung yang luas agar argumentasi tersebut dapat lebih menyebar luas.

5. Pilih Kosakata yang Formal dan Objektif

Sebagai sebuah karya tulis, tentunya pemilihan kosakata sangatlah penting terutama untuk essay akademik. Penggunaan kosakata dalam essay akademik harus menerapkan gata bahasa formal dan tetap objektif. Kamu harus bisa menghindari penggunaan kata yang tidak baku atau hanya karangan pendapat pribadi.

6. Gunakan Bukti dan Contoh Yang Efektif

Untuk memperluas sudut pandang yang dibangun menjadi lebih berkembang, kamu haruslah memperkuat argumentasi dengan cara menambahkan data dan fakta yang nyata agar pembaca semakin yakin. Kamu juga bisa menambahkan referensi dari peneliti terdahulu maupun teori yang sudah berkembang sebelumnya.

Dalam hal mengutip pendapat dari seorang tokoh, tentu ada etika yang harus kamu perhatikan. Kamu bisa menggunakan gaya referensi yang benar dan konsisten. Kamu sebagai seorang penulis dapat membangun argumentasi yang meyakinkan melalui metode analogi dalam kehidupan nyata atau penguraian kasus.

7. Gunakan Kata Transisi untuk Menghubungkan Gagasan

Dalam dunia penulisan, penggunakan kata transisi mampu membuat gagasan-gagasan yang telah di rangkai tadi menjadi salig berkaitan satu sama lain dengan menyeluruh. Kata transisi menjadikan alur gagasan lebih terstruktur dengan jelas.

Membuat sebuah essay akademik yang baik dan benar memang membutuhkan pembiasan dan proses belajar yang rutin. Kemampuan menulis akademik bisa menjadi fundamental yang tepat yang membantu penulis untuk berpikir lebih kritis dan terstruktur dengan benar.

Contoh Essay

1. Contoh Essay Deskriptif

Perkenalkan, nama saya Abdul Jafar, lahir di Kota Temanggung pada tanggal 15 Desember 1995. Saya terlahir di sebuah keluarga dengan satu orang kakak dan satu orang adik, semuanya adalah anak lelaku. Tinggi badan saya sekitar 170 centimeter dengan berat badan 60 kilogram. Sedikit cerita singkat, banyak yang beranggapan bahwa saya adalah sosok yang di luar nalar, namun di situlah letak kelebihan saya. Walaupun saya bukanlah orang yang pintar maupun berbakat, namun saya selalu berusaha agar menjadi teman yang berguna untuk semuanya.

Saat ini saya berkuliah di jurusan ekonomi. Berkuliah di jurusan ekonomi sampai saat ini memberikan pengalaman berharga dan mengajarkan mengenai cara mendapatkan sesuatu yang tidak mudah. Saya terbiasa dalam melakukan observasi dalam kehidupan sehari-hari lalu merangkumnya dan kemudian mengolahnya agar menjadi suatu fakta yang nyata dan berguna untuk orang banyak.

Sebelumnya, saya pernah melakukan kegiatan magang di Badan Perencanaan dan Pembangunan di Provinsi Jawa Tengah. Saya banyak mengetahui banyak hal ketika magang di tempat tersebut. Saya bisa mendapatkan informasi lebih detail mengenai apa saja yang terjadi di kota-kota yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Selain magang, saya juga pernah mencoba untuk tergabung dalam suatu organisasi. Kebetulan kampus yang saya pilih memberikan banyak pilihan organisasi yang sangat beragam. Untuk itu saya memilih bergabung di Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi. Selama saya bergabung di organisasi tersebut, saya medapatkan banyak pengalaman berharga. Saya juga memiliki kesempatan yang lebih luas dalam mengenali teman seangkatan, kakak tingkat, adik tingkat, dan bahkan dosen-dosen yang hebat. Selama setahun penuh saya bergabung di organisasi tersebut dengan nyaman. Harapan saya setelah lulus dari bangku perkuliahan adalah berperan aktif di dalam pemerintahan. Dengan kempuan analisis yang saya miliki dan naluri yang sudah terasah, saya siap bergabung bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

2. Contoh Essay Tajuk Cerita

Saat ini kasus korupsi di Indonesia sudah sangat familiar didengar oleh seluruh lapisan masyarakat. Sudah bukan hal baru mengenai banyak pejabat yang terlibat dalam kasus korupsi tersebut. Tentu sebagai rakyat Indonesia sudah sepantasnya kita resah dan berharap keadilan segera terwujud.

Hal yang cukup mengherankan adalah, para koruptor yang sudah tertangkap seringkali dengan mudah mendapat ampunan. Tentu banyak orang yang tidak menyetujui keputusan tersebut, namun hukum memang sudah berkata lain. Sudah saatnya kita mengawal laju perundang-undangan agar hukum kembali bisa ditegakan. Korupsi tidak untuk dimaklumi, namun korupsi haruslah diberantas sampai ke akar.

3. Contoh Essay Reflektif

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi ternyata memiliki kualitas pendidikan yang buruk. Berdasarkan data dari UNESCO mengenai peringkat Indeks Pembangunan Manusia menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat diatas 100 dari total 174 negara yang terdata tersebut.

Meskipun pentingnya pendidikan mulai disadari oleh sebagian besar masyarakat, namun standar pendidikan di Indonesia masih belum efisien. Indonesia tidaklah diam dalam menangani kasus pendidikan ini, terbukti dari peran pemerinyah yang terus memperbarui kurikulum pendidikan agar lebih baik. Namun, hingga saat ini kurikulum tersebut belum efisien diterapkan.

Salah satu solusi yang bisa kita ambil adalah dengan mengubah sistem sosial mengenai pendidikan. Salah satu sistem yang berkaitan dengan dunia pendidikan adalah sistem ekonomi. Dengan penerapan sistem ekonmi yang tepat, tentu setiap orang akan lebih mudah dalam mendapatkan pendidikan yang layak.

4. Contoh Essay Argumentatif

Saat ini perkembangan narkoba sudah tidak terkendali. Walaupun tidak terlihat dengan jelas, namun pengguna narkoba terus bergerak dalam diam. Pengguna narkoba sendiri terus meningkat dari tahun sebelumnya.

Meskipun begitu, sudah saatnya kita mencoba lebih terbuka dengan narkoba. Kita perlu melakukan edukasi yang matang sehingga tidak ada lagi orang yang menyalahgunakan narkoba. Selain itu, kita juga harus lebih bereaksi terhadap orang di sekitar kita. Kita harus menjaga dan mengingatkan mengenai dampak dari narkoba tersebut. Kita juga harus mencoba lebih mendengar apa yang mereka rasakan dan mengapa memilih narkoba sebagai pelarian.

Untuk itu, kita jangan hanya berdiam diri dan menyalahkan keadaan. Sudah saatnya kita melakukan upaya pencegahan bagi orang-orang di sekitar kita. Jangan karena hal tersebut kita hanya berserah diri dan menyalahkan keadaan semata.

5. Contoh Essay Paparan

Bagian Pembukuan:

Dewasa ini, perkembangan jaman lebih mengarah kepad budaya barat. Pancasila sebagai jati diri dari bangsa Indonesia mulai terasa luntur. Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan yang bersatu menjadi sebuah negara yang utuh. Jika terjadi perbedaan, hal tersebut bukanlah sebuah permasalahan melainkan itulah indahnya kehidupan di Indonesia.

Bagian Isi:

Yang menarik dari itu semua adalah generasi muda Indonesia tidak mengenali makna dari Pancasila. Penyebab dari permasalahan ini diyakini berasal dari globalisasi yang kian kuat. Pendidikan karakter pancasila kurang menarik perhatian bagi sebagian besar generasi muda saat ini.

Dengan melihat permasalahan tersebut, perlu disadari bahwa pendidikan karakter pancasila sangatlah diperlukan. Generasi muda adalah penerus dari bangsa Indonesia. Sudah sedari dini pendidikan karakter mulai diajarkan. Pendidikan merupakan media utama dalam menyampaikan pendidikan karakter dengan benar.

Bagian Penutup:

Era globalisasi memang memberikan kondisi positif dan negatif. Untuk itu sudah sewajarnya kita mencegah dampak negatif ikut masuk kedalam karakter generasi muda penerus bangsa. Pendidikan karakter pancasila harus menjadi poin utama dalam menanamkan nilai berbangsa dan bernegara kepada generasi penerus bangsa.

6. Contoh Essay Ilmiah

Ketika bencana melanda salah satu dampak yang dikhawatirkan adalah krisis yang melanda. Indonesia merupakan negara yang sangat rawan terhadap bencana, terutama bencana alam. Hal tersebut disebabkan karena letak geografis dari kepulauan yang ada di Indonesia dilewati oleh lempeng tektonik yang memanjang di bagian selatan Indonesia. Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak gunung aktif yang bisa meletus sewaktu-waktu. Potensi sumber daya alam yang ada di Indonesia memang sangat beragam, namun potensi tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu menjadi sebuah bencana alam yang sangat mengerikan. Untuk itu, sudah sewajarnya kita melakukan kegiatan penganggulanagan yang efektif.

Pemerintah dalam hal penganggulangan bencana juga tidak begitu saja berdiam diri dan berpasrah. Pemerintah hingga saat ini sudah merencanakan sedemikian rupa sebuah kegiatan bertajuk safe comunity yang memberikan upaya pencegahan dengan konsep selalu siaga dari tenaga kesehatan setiap saat dibutuhkan di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, program Rumah Tanggap Bencana juga diharapkan akan berperan efektif ketika bencana datang melanda. Dengan program tersebut, diharapkan ketika bencana datang, masyarakat jauh lebih siap dan bisa mengurangi angka krisis bencana.

Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yang dipadukan dengan teknik pengumpulan data secara primer. Teknik pengambilan data tersebut membuat proses pengambilan data dilakukan dengan interasksi langsung kepada narasumber yang potensial. Kemudian data diolah dan dianalisis agar didapat hasil yang efektif untuk mengatasi permalahan yang ada.

7. Contoh Essay Pribadi

Saat ini banyak yang berpendapat bahwa usai 18 tahun ke atas merupakan usia dewasa yang matang. Pada usia tersebut seharusnya kita sudah tidak bergantung lagi kepada orang tua dan memiliki kebebasan dalam menjalani kehidupan dengan status dewasa. Memang usia 18 tahun merupakan usia peralihan dari remaja menuju dewasa. Untuk itu pada usia tersebut sebaiknya dimaksimalkan dengan proses mencari potensi diri dan mengembangkan potensi tersebut agar lebih produktif. Memang proses pertumbuhan setiap orang berbeda, namun sebaiknya setiap orang sudah bisa merencanakan kehidupan ke depan dan tidak sembarang dalam menjalani hidup.

Setiap manusia terlahir sebagai makhuk sosial yang saling membutuhkan antara sesama manusia. Namun, manusia juga merupakan makhluk individual yang harus mempersiapkan kebutuhan hidupnya secara mandiri. Dengan proses bertambahnya umur tersebut, tentu porsi dari kemampuan individual dari setiap manusia akan bertambah secara signifikan. Untuk itu, jangan hanya berdiam diri karena usia tidak menunggumu dalam berproses. Manusia itu sendiri yang harus terus tumbuh dan berkembang dalam menjalani hidup di dunia ini.

Sebagai manusia, kamu tidak perlu takut dengan proses tumbuh dan berkembang tersebut. Cepat maupun lambat semua hal tersebut akan terjadi pada semua manusia. Untuk itu, sebaikanya setiap manusia harus bisa berproses dengan cepat serta lebih peka terhadap perkembangan dunia agar bisa menangkap peluang yang ada di sekitar.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019